Hallo takaiters…

Sudah punya tujuan wisata untuk berlibur? Jika belum, Sulawesi Selatan cocok kamu kunjungi saat liburan nanti. Provinsi dengan Makasar sebagai ibu kotanya ini, menyimpan keindahan alam yang tidak kalah indah dengan daerah lain. Kamu bisa mengunjungi Kota Daeng ini bersama kerabat ataupun sahabat.

Selain memiliki pesona alam yang indah, kota yang dikenal dengan kota angin mammire ini juga tersohor dengan kulinernya yang lezat. Ingin tau mana saja destinasi wisata di Sulawesi Selatan yang menarik untuk dikunjungi? Yuk simak yang berikut ini.

1. Pantai Losari

Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Foto : anekatempatwisata.com

Pantai Losari selalu ramai pengunjung, letaknya yang berada di tengah kota makasar, menjadikan pantai ini selalu menjadi tujuan wisatawan lokal maupun turis. Pantai yang menjadi icon kota Makasar ini, sedikit berbeda dengan pantai lainnya.

Di sini kamu tidak akan menemukan pasir putih yang lembut, melainkan beton yang di buat bertingkat di bibir pantai. Namun jangan khawatir, walau tidak bisa menikmati kelembutan pasir putih, kamu masih bisa menikmati fasilitas dan beberapa jenis permainan yang tersaji di pantai losari ini, di antaranya banana boat, sepeda air, memancing, bahkan berlayar.

2. Taman laut Taka Bonerate

Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Foto : nusantarakaya.com

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan taman laut, tempat ini menjadi pilihan yang harus kamu kunjungi terutama bagi kamu yang hobi snorkeling. Kamu bisa menyelam dan berenang bersama ikan yang unik dan indah.

Pilihan Editor



Tak hanya ikan yang akan kemu temui di sini, penyu serta warna warni trumbu karang akan membuat kamu terpesona dengan keindahan ciptaanNya. Untuk bisa menikmati taman laut Taka Bonerate ini, kamu cukup membayar Rp.25.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp.60.000 untuk turis.

3. Taman Nasional Bantimurung

Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Foto : dolandolen.com

Tempat wisata di Sulawesi Selatan lainnya yang tak kalah menarik untuk di kunjungi adalah Taman Nasional Banti Murung. Taman ini memiliki luas sekitar 43.750 ha, jaraknya 45 km dari kota makasar tepatnya di kabupaten Maros. Di sini kamu akan di buat takjub oleh kupu-kupu yang berwarna warni.

Ada sekitar 250 jenis kupu kupu di sini, sehingga kupu kupu di jadikan Maskot taman Nasional Taka Bantimurung. Selain kupu kupu, di taman Nasional ini juga terdapat goa dan air terjun. Sehingga menambah keseruan liburan kamu bersama teman ataupun keluarga.

4. Museum Balla Lompoa

Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Foto : sumber.com

Museum ini terletak di jl. Sultan Hasanuddin no.48 Sungguminasa yang berbatasan langsung dengan kota makasar. Museum ini merupakan rekontruksi dari istana kerajaan Gowa. Museum yang didirikan pada tahun 1936 oleh pemerintahan raja Gowa yang ke 31 ini, memiliki arsitektur menyerupai bentuk khas rumah orang bugis.

Bangunan yang terbuat dari kayu ulin ini berdiri di atas lahan seluas satu hektar yang di batasi oleh pagar tembok yang tinggi. Museum ini menyipan benda benda sejarah, peninggalan kerajaan Gowa.

5. Pantai Tanjung Bira

Foto : gorgeousglobe.com

Pantai ini sangat terkenal sebaga tempat wisata di Sulawesi Selatan. Kamu bisa menikmati matahari terbit di pagi hari sambil bermain pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih. Dari pantai ini kamu juga bisa menyaksikan dua pulau yang tak berpenghuni di depannya yakni pulau liukang loe dan pulau kambing.

Bagi kamu yang ingin menginap, di pantai ini juga tersedia tempat parkir, penginapan, hotel, villa, bunga low, serta kapal fery yang akan mengantar wisatawan yang ingin ke pulau selayar.

6. Ke’te Kesu

Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Foto : stayhello.com

Ke’tu Kesu berarti pusat kegiatan yang merupakan tempat wisata di tana toraja yang menyimpan sejarah dan budaya. Pusat kegiatannya berupa deretan rumah adat menyerupai sampan yang disebut tongkaran. Dan juga terdapat lumbung padi serta bangunan megalith di sekitarnya

Sekitar 100 m dari perkampungan ini terdapat situs pekuburan batu yang di biarkan menggntung di tebing atau goa. Selain menyimpan situs sejarah, perkampungan ini juga terkenal dengan keahlian seni ukir yang di miliki oleh penduduknya.

7. Pulau Samalona

Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Foto : kakiperantau.blogspot.co.id

Dari kota Makasar, kamu bisa mencapai tempat ini sekitar 20-30 menit dengan menggunakan speed boat. Objek wisata di Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Di kawasan ini kamu bisa menyelam dan menikmati indahnya taman bawah laut. Beraneka jenis ikan tropis dan biota laut lainnya akan membuat kamu betah menyelam lebih lama.

Selain ke7 destinasi ini, masih banyak objek wisata lain yang bisa kamu kunjungi. Selain wisata bahari yang menyajikan panorama pantai bawah laut, kamu juga bisa menikmati wisata dataran tinggi pebukitan yang menjadi tujuan wisata di Sulawesi Selatan.