Halo, Takaiters!

Hampir semua orang memiliki hobi. Penting bagi seseorang memiliki hobi atau kegemaran. Sayangnya, Kesibukan seringkali membuat seseorang tak punya waktu.

Melakukan hobi di sela-sela kesibukan adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terlebih jika hobi yang kita gandrungi dapat menghasilkan uang. Akan sangat menyenangkan ketika dibayar untuk melakukan hal yang disenangi.

Emang ada, yah, hobi yang bisa menghasilkan uang? Bukannya hobi biasanya malah menguras kantong? Eits … Jangan salah Takaiters! Banyak banget, lho, hobi yang bisa menghasilkan uang, apalagi kalau ditekuni dengan baik.

1. Main Game

hobi yang menghasilkan uang
Foto: pexels.com

Tenyata main game bukan hanya hobi yang menghabiskan waktu saja. Main game juga bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang. PewDiePie, SeaNanners, CaptainSparklez adalah contoh dari orang-orang yang bisa menghasilkan uang dari hobi main game.   

Penghasilan yang didapat dari main game tidak main-main, lho, uang yang didapat pemain game dapat berasal dari jual beli RMT, memenangkan kompetisi, menjadi komentator, menjadi unofficial guide, dan menjual id.

Jadi, jangan anggap sebelah mata para Gamers yang menghabiskan  waktu berjam-jam di depan Komputer, ya! Siapa tahu mereka sedang menghasilkan uang.

2. Fotografi

hobi yang menghasilkan uang
hobi yang menghasilkan uang

Jangan bilang hobi ini adalah hobi yang mahal. Saat ini banyak smartphone murah yang memiliki kapasitas kamera yang bagus. Kamu cukup berlatih teknik-teknik fotografi untuk mendapat gambar yang bagus.

Saat ini banyak sekali lomba-lomba fotografi. Kamu bisa mengikuti lomba-lomba tersebut. Hadiahnya menggiurkan, lho.

Kalau kamu sudah sangat pede dengan hasil jepretanmu, kamu bisa membuka jasa fotografi atau dokumentasi. Nah, untuk yang ini kamu harus berani modal kalau ingin mendapat kepercayaan dan hasil yang lebih dari pelangganmu.

3. Selfie

hobi yang menghasilkan uang
hobi yang menghasilkan uang

Merasa dirimu keren? Sering dipuji fotogenik? Tidak ada salah jika kamu hobi selfie atau suka difoto. Pasang foto-foto terbaikmu di Instagram. Siapa tahu ada agensi atau kenalan yang butuh model.

Seiring tumbuh pesatnya dunia online shop, bayak orang membutuhkan model untuk foto produknya. Kalau followers-mu banyak, kamu pun bisa menjadi influencer bahkan di-endorse oleh suatu brand. Menyenangkan, bukan?

4. Main Media Sosial

hobi yang menghasilkan uang
hobi yang menghasilkan uang

Siapa, sih, yang nggak suka sama media sosial. Hampir sebagian orang bisa menghabiskan waktunya berselancar di dunia maya. Walaupun belum nge-tren, ternyata bermain media sosial bisa menghasilkan uang.

Tahu buzzer? Jadi, tugas kamu hanya mempromosikan sesuatu di media sosial milikmu.  Selain buzzer, Kamu juga dapat dibayar oleh perusahaan untuk menjalakan media sosial milik mereka. Menyenangkan, bukan?

5. Menulis

hobi yang menghasilkan uang
hobi yang menghasilkan uang

Bukan hal yang baru jika menulis dianggap sebagai hobi yang menghasilkan uang. Agar kamu dapat dibayar untuk hobimu yang satu ini, kamu harus terus mengasah keterampilan menulismu. Saat ini banyak sekali media yang menerima tulisan. Asal tulisanmu bagus dan berkualitas, kamu pasti bisa menjadikan menulis sebagai hobi yang menghasilkan uang.

6. Melukis

hobi yang menghasilkan uang
hobi yang menghasilkan uang

Saat ini, peluang melukis sebagai hobi yang menghasilkan uang sangat besar. Apalagi saat ini lukisan sudah digunakan sebagai kado. Tarif untuk satu lukisan juga tidak murah, lho! Kamu bisa mempromosikan kemampuan melukismu melalui media sosial dan melalui teman-temanmu

7. Makan

hobi yang menghasilkan uang
hobi yang menghasilkan uang

Siapa bilang orang yang hobi makan hanya bisa menghabiskan uang? Kamu tidak percaya kalau hobi makan bisa menghasilkan uang? Jangan buang kesempatan hobi makanmu hanya karena kamu nggak punya modal. Saat ini ada istilah foodblogger, Yups! Kamu cukup me-review makanan atau tempat makan di blog kamu.

Ternyata mudah bukan menjadikan hobi menghasilkan uang. Jadi, tidak usah ragu dengan hobimu. Tekuni dan pasti kamu akan mendapatkan cara menghasilkan uang dari hal yang kamu sukai.