Halo, Takaiters!

Kamu pasti pernah dengar Sabang kan? Yapt, kota mungil yang berada di ujung Barat Indonesia ini merupakan sebuah kota kecil yang berkedudukan di pulau Weh. Untuk bisa sampai ke pulau Weh ini kamu bisa menggunakan kapal feri dari pelabuhan Ulele Banda Aceh.

Ngomong-ngomong kamu tahu nggak? Kota kecil ini ternyata memiliki beberapa wisata yang keren untuk kamu kunjungi loh. Apa-apa sajakah itu? Yuk kita intip pada ulasan berikut ini!

Tugu Kilometer Nol

Tempat Wisata di Sabang
Foto : Merdeka.com/Imam Bukhori

Tugu Kilometer Nol terletak di area Hutan Wisata Sabang, tepatnya di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Untuk mencapai tempat ini kamu harus melewati jalan yang berliku-liku dengan pemandangan hutan lindung dan laut yang berpadu indah.

Tugu ini merupakan sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Bagian atas tugu terdapat lingkaran dengan bentuk menyempit seperti bor.  Pada puncak tugu terdapat patung burung garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan letak geografisnya.  Di pinggir jalan tugu tersebut terdapat tulisan “Kilometer Nol Indonesia”, yang merupakan tempat favorit para wisatawan untuk berfoto.

Benteng Jepang Anoi Itam

Tempat Wisata di Sabang
Foto : amazonaws.com

Benteng Anoi Itam  ini terletak di Pantai Anoi Itam, sekitar 12 Km dari pusat Kota Sabang.  Benteng ini diperkirakan dibangun antara tahun 1942-1945.  Dulunya benteng Anoi Itam digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis senjata bagi armada Jepang.

Sebenarnya banyak benteng-benteng yang terhubung melalui terowongan, namun saat ini telah ditutup oleh pemerintah kota dengan alasan untuk keamanan warga kota. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Pulau Weh, pantai di sini memiliki pasir yang berwarna hitam. Oleh karena itu diberi nama Pantai Anoi Itam (pasir hitam).

3. Pantai Kasih

Tempat Wisata di Sabang
Foto : acehfoto.wordpress.com

Pantai Kasih terletak tidak terlalu jauh dari Kota Sabang, jaraknya hanya sekitar 2 km, karena itu merupakan pantai yang paling mudah diakses.  Pasir pantainya berwarna putih bersih, namun tidak terlalu luas karena didominasi batu karang yang banyak.

Pilihan Editor



4. Pantai Iboih

Tempat Wisata di Sabang
Foto : pedomanwisata.com

Pantai iboih merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Boleh dikatakan pantai ini menyajikan spot yang paling indah dari Pulau Weh.  Penginapan dengan konsep resort banyak terdapat di pantai Iboih.

Ketika kamu menginap di pantai ini, maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Hampir semua kamar penginapan menghadap laut sehingga kamu akan mendapatkan pemandangan laut yang berwarna biru cerah dan terkadang membentuk gradasi biru yang menawan.

5. Pulau Rubiah

Tempat Wisata di Sabang
Foto : aceh.net

Berangkat dari Pantai Iboih membuat perjalanan ke Pulau Rubiah memiliki jarak dan waktu tempuh yang paling singkat, serta alat tranportasi yang mudah diakses. Kamu dapat menyewa boat atau naik perahu bottom glass boat yang banyak disewakan di sepanjang Pantai Iboih.

Pulau Rubiah adalah surga bagi para wisatawan yang gemar dengan diving atau snorkeling. Pulau yang tak berpenghuni ini menyediakan peralatan diving dan snorkeling untuk disewakan kepada para wisatawan.

Di pantai Rubiah kamu juga bisa menyelam atau sekedar melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan ikan-ikan dan terumbu karang di perairan Pulau Rubiah.  Laut yang tenang dan dangkal membuat kamu dengan mudah bisa melihat dan bercengkrama dengan ikan-ikan Nemo.

Tidak disediakan penginapan di Pulau ini sehingga ketika hari beranjak senja atau sore kamu harus kembali ke pantai Iboih.  Jaraknya yang dekat antara Pulau Rubiah dan pPntai Iboih membuat kamu tak perlu khawatir kemalaman di perjalanan.  Dalam waktu 15 menit kamu akan tiba kembali di Pantai Iboih.

Well Takaiters,  jika kamu ada kelonggaran waktu dan biaya maka berkunjunglah ke Sabang. Nikmati keindahan alamnya yang tak kalah dari Maldives.