Hai, Takaiters!

Berangkat dari hubungan histori Belanda dan Indonesia yang lekat, tidak heran kalau di Belanda banyak terdapat restoran & toko Indonesia. Istilah toko kalau di Indonesia kan lebih melekat pada toko kelontong ya, tapi di sini lebih diartikan sebagai tokonya (orang Asia) yang menjual bahan-bahan makanan, barang dapur dan makanan jadi dengan menu Asia/Indonesia yang bisa dibawa pulang. Nah toko juga sering disebut ‘afhaal‘ yang berarti ‘mengambil/membawa’.

Banyak menu yang sudah disesuaikan dengan selera atau kebiasaan orang Belanda, tapi tak sedikit juga tempat makan yang memang mempertahankan rasa asal masakannya.

Nah mau tahu masakan Indonesia apa saja yang populer dan diterima oleh selera orang Belanda, yuk kita simak.

Rendang

Foto : Dede Harjanti/Takaitu

Kalau yang ini, jangankan orang Belanda ya, di Indonesia pun jadi favorit banyak orang. Daging sapi yang dimasak lama ini menjadi menu di banyak restoran dan toko/afhaal Indonesia. Daging rendang biasanya dipadukan dengan paket nasi rames (rijsttafel) atau kalau kamu hanya mau beli dagingnya, dihitung sesuai beratnya (per 100 gram misalnya).

Oh iya, orang Belanda suka makan roti isi untuk makan siang. Jadi jangan heran kalau mereka memesan di afhaal Indonesia dengan menu broodje rendang atau roti isi rendang. Ditambah sedikit acar dan bawang goreng, mereka suka banget lho.

Nasi goreng

Foto : Dede Harjanti/Takaitu

Nah, makanan yang satu ini, orang Belanda sering menyebutnya hanya dengan ‘nasi’ saja. Jadi ambigu kan dengan istilah kita ‘nasi’ (nasi putih?). Nasi goreng ini juga banyak ditemukan di hampir setiap restoran / toko Indonesia loh.

Gado-gado

Foto : resepumi.com

Gado-gado juga banyak diterima oleh lidah orang Belanda karena bentuknya yang seperti salad. Juga sehat karena berisi sayur-sayuran dan telur, plus tidak banyak mengandung minyak goreng.

Sambal goreng buncis

Foto : Dede Harjanti/Takaitu

Buncis dalam bahasa Belanda ditulis sperzieboontjes dan menu yang satu ini tidak sepedas yang biasa kita makan di Idnoneisa, ya karena memang orang Belanda (tidak semua), tidak terbiasa dengan penggunaan cabe yang banyak.

Telur balado

Foto : resepcaramemasak.info
Telur balado bisa dipesan juga sebagai salah satu menu di nasi rames di Belanda, tapi juga bisa dipesan terpisah (kalau di toko), yaitu per biji. Rata-rata harganya 1 euro per biji atau bahkan lebih. Menu yang satu ini juga disebut sambal ei atau yang berarti sambal telur.
Nah, menu favoritmu masuk sini gak, Takaiters? 🙂