makanan fermentasi di dunia
Kuliner

Kamu Harus Tahu! Inilah 5 Makanan Hasil Fermentasi yang Baik Untuk Kesehatanmu

Foto : authoritynutrition.com

Normalnya, enggak bakal ada orang yang mau makan makanan yang sudah jamuran. Namun beberapa makanan ini meski sudah jamuran, tapi justru baik bagi kesehatan tubuh, karena jamurnya bukan sembarang jamur lho guys. Coba simak beberapa penjelasan berikut ini ya!

Tempe, makanan tinggi protein ala Indonesia

makanan fermentasi di dunia

Foto : wikimedia.org

Makanan yang katanya milik kalangan rakyat jelata ini, ternyata mengandung protein yang sangat tinggi. Tentu kamu tahu kan bila protein itu sangat baik sekali bagi tubuh. Disamping proteinnya, tempe juga terkenal akan kandungan yeast yang berguna untuk memperbaiki flora alami pencernaan di dalam tubuh.

Pilihan Editor

Kimchi, sayuran tradisional ala negara Korea

makanan fermentasi di dunia

Foto : epicurious.com

Makanan yang mirip asinan sayuran dari Bogor ini merupakan makanan tradisioanl masyarakat Korea. Bahan utama pembuatan Kimchi adalah sawi putih dan lobak, meski jenis sayuran lain juga bisa digunakan. Cara pembuatannya pun sangat sederhana, Setelah sayuran digarami dan dicuci, bahan tersebut kemudian dibumbui dengan udang, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabe merah.

Sauerkrauts, makanan khas Jerman

makanan fermentasi di dunia

Foto : theprairiehomestead.com

Yang ini jenis makanan khas dari Jerman. Mirip-mirip dengan kimchi juga sih. Bahan utama  Sauerkraut adalah kol yang diiris halus, yang kemudian difermentasi dengan beberapa bakteri asam laktat, seperti Leuconostoc, Lactobacillus dan Pediococcus. Karena mengandung banyak bakteri baik, maka tentu jenis makanan yang satu ini akan berguna bagi kesehatan tubuh, terutama bagi sistem pencernaan.

Kefir, minuman fermentasi ala Caucasus Utara, Rusia

makanan fermentasi di dunia

Foto : authoritynutrition.com

Ini tentu berbeda denga kefir yang saat ini sedang tren digunakan oleh para kaum Hawa sebagai masker ya guys. Kefir yang ini merupakan minuman yang dibuat dari susu sapi, susu kambing, air, atau santan kelapa. Minuman ini kaya akan kandungan ragi dan bakteri sehat, serta beberapa jenis utama bakteri baik yang biasanya tidak terkandung di dalam yogurt.

Keju, makanan paling terkenal di seantero dunia

makanan fermentasi di dunia

Foto : okezone.com

Nah makanan berfermentasi terakhir adalah keju. Jenis makanan yang satu ini sudah populer sekali di hampir semua wilayah di dunia. Penggunaaanya pun meluas mulai dari bahan pembuatan roti hingga digunakan untuk memasak makanan utama. Keju dibuat dari susu yang dikentalkan dengan menggunakan bantuan bakteri dan enzim. Meski pada saat proses pembuatannya dicampur dengan bakteri dan enzim, namun hal tersebut tidak menghilangkan kebaikan zat-zat di dalamnya.

Bagaimana? Menarik bukan? Jadi mulai sekarang yuk perbaiki sistem metabolisme kita dengan memperbanyak makan makanan berfermentasi!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top