Hai Takaiters!

Sejak zaman old hingga zaman now, rupanya permen karet masih menjadi trend bagi kalangan tua sampai anak muda untuk tampil gaya. Anak-anak kecilpun tak ketinggalan menyukai permen karet.

Masih ingat kan film ataupun serial Lupus di televisi dengan tokoh utama bernama Lupus? Semenjak kisah Lupus diangkat menjadikan permen karet sebagai gaya hidup bagi beberapa kalangan, ibaratnya permen karet itu akan menimbulkan kepercayaan diri bagi para pengunyahnya.

Mereka, para penyuka permen karet tak hanya sekedar merasakan manis, namun juga menjadikan adu bermain balon sebagai ajang permainan yang menyenangkan. Nah, para penggemar permen karet perlu tahu nih cara memilih permen karet dan beberapa manfaat mengunyah permen karet.

Tahukah kamu, tidak semua permen karet itu mengandung gula loh!

manfaat permen karet untuk kesehatan
Foto : analisadaily.com

Permen karet yang kita kunyah, ada baiknya harus kita pilah pilih agar mendapatkan manfaat. Pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula karena jika mengandung gula akan menyebabkan lubang-lubang kecil pada gigi. Wah, tentunya lubang-lubang kecil ini berakibat fatal bagi anak kecil, ya.

Pilihlah permen karet dengan kandungan xylitol atau sorbitol. Permen karet yang mengandung gula mempunyai kalori yang lebih banyak dibanding yang mengandung xylitol/sorbitol.

Mengunyah permen karet ternyata dapat membersihkan gigi kamu, guys!

manfaat permen karet untuk kesehatan
Foto : oprah.com

Para penyuka permen karet perlu tahu juga nih, salah satu manfaat mengunyah permen karet adalah dapat membersihkan gigi. Permen karet yang dikunyah terus menerus akan menjadi pembersih di setiap sela gigi. Hal ini akan menjadikan gigi kita bebas dari sisa makanan sehingga bakteripun ikut menghilang, dan juga mencegah datangnya plak pada gigi kita.

Buat para ladies, mengunyah permen karet dapat mengencangkan kulit

manfaat permen karet untuk kesehatan
Foto : studiodentaire.com

Manfaat lain dari permen karet yaitu dapat membuat otot wajah karena mulut terus bergerak semacam olahraga wajah sehingga aliran darah pada wajah lancar. Hal ini cocok bagi para wanita agar kulit wajah tetap kencang dan sehat. Perawatan wajah yang murah dan mudah kan!

Mengunyah permen karet bagus untuk kerja otak, efeknya meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

manfaat permen karet untuk kesehatan
Foto : hipwee.com

Karena  rongga mulut melakukan gerakan berulang-ulang, di mana gerakan itu memperlancar aliran darah maka akan membawa asupan oksigen ke otak sehingga akan memperbaiki daya ingat. Selain itu, kamu nggak akan bengong, karena mengunyah permen karet juga meningkatkan kewaspadaan. Ajaib bukan?

Mengunyah permen karet dapat mengurangi rasa lapar

manfaat permen karet untuk kesehatan
Foto : hipwee.com

Mengunyah permen karet ternyata bisa menekan rasa lapar dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Ngemil inilah yang membuat kita kelebihan kalori sehingga berat badan menjadi meningkat. So, bagi yang menginginkan mempunyai berat badan ideal, mulailah mengunyah permen karet ya.

Namun, perlu diingat bahwa mengkonsumsi permen karet yang berlebihan juga akan menimbulkan efek bagi kesehatan seperti diare, erosi gigi. Kita juga perlu menghentikan mengunyah permen karet apabila mulai terjadi nyeri pada rahang ketika mengunyahnya. So, tetap belajar bijak dalam mengkonsumsi sesuatu ya.