Seperti kita ketahui, di langit banyak macam dan jenis rasi bintang. Mereka tersusun menjadi satu kesatuan dalam Galaxy Bima Sakti ini. Zaman dahulu sebelum ada teknologi kompas dan GPS, pelaut menggunakan bintang sebagai penunjuk arah. Bahkan, dari rasi bintang, petani bisa mengetahui waktu yang tepat untuk bercocok tanam. Alam bisa canggih juga, ya?

Dan perihal rasi bintang sebagai petunjuk arah, sudah disampaikan oleh Allah melalui Al-Quran dalam surat Al-An’am ayat 97 kepada Baginda Nabi Muhammad saw.

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ النُّجُومَ لِتَهْتَدُوا بِهَا فِي ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۗ قَدْ فَصَّلْنَا الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

‘Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui”.

Mari kita intip yuk! apa saja rasi bintang tersebut, yang menjadi petunjuk bagi orang-orang untuk menentukan arah dan sebagainya.

Rasi Bintang Biduk atau Ursa Mayor 

rasi bintang petunjuk arah
Ursa Mayor (Foto : 2.bp.blogspot.com)

Rasi bintang ini menunjukkan arah Utara. Berbentuk seperti biduk atau gayung besar, dan terdiri dari 7 buah bintang atau disebut juga konstelasi bintang tujuh. Keistimewaan rasi bintang ini adalah walaupun gugusan bintang berputar di langit pada malam hari, rasi ini sepanjang tahun tetap berada di arah utara tepatnya di atas kutub utara, oleh karena itu, rasi bintang ini sangat terkenal sebagai bintang utara.

Pilihan Editor

Rasi Bintang Layang-layang atau Crux

rasi bintang petunjuk arah
Crux Constellation (Foto : static.us)

Rasi bintang ini menunjukan arah Selatan. Bintang ini berbentuk seperti layang-layang atau ikan pari, terdiri dari 4 bintang utama dan satu bintang bantu. Dari 4 bintang tersebut, terdapat satu bintang paling terang dan paling jauh, dalam peta biasanya diberi simbol α dan inilah bintang yang mengarah ke selatan.

Rasi bintang Pemburu atau Orion

rasi bintang petunjuk arah
Orion Constellation (Foto : perezmedia.net)

Rasi bintang ini terdapat di langit sebelah barat. Dalam mitos Yunani, Orion adalah putra dari Neptune, seorang pemburu terbaik. Rasi ini terdiri dari 3 buah bintang berbentuk “kepala” yang menunjukan arah utara, dan bintang yang ditunjukan “pedang” adalah arah selatan.

Rasi bintang ini, selain juga dikenal dengan nama rasi bintang Waluku. Rasi ini mudah dikenali karena ada 3 bintang kembar berjejer membentuk “sabuk Orion”. Dalam konstelasinya ada bintang Bellatrix dan Betelguese. Di Indonesia rasi ini dijadikan sebagai tanda untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya oleh petani jaman dulu.

Rasi bintang Kalajengking atau Scorpion

rasi bintang petunjuk arah
Scorpion Constellation (Foto : abc.net.au)

Rasi bintang ini menunjukan arah tenggara/timur langit, namun rasi ini agak susah untuk dicari karena jumlah bintang yang membentuk konstelasinya cukup banyak. Dinamakan Scorpio karena berbentuk mirip kalajengking. Dalam mitos Yunani, Scorpio adalah utusan Apollo untuk membunuh Orion – Sang Pemburu. Dalam rasi ini ada satu bintang yang paling terang yang pernah ditemukan, namanya Antares.

Semoga pemaparan di atas bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk kamu sebelum melakukan perjalanan, misalnya naik gunung agar tidak tersesat dan kehilangan arah. Good luck guys,,