Melihat perkembangan kota Jakarta memang sering membuat iri mereka-mereka yang berada di daerah. Bukan hanya dalam segi pembangunan saja, tapi masih banyak  keuntungan jika sebuah kota berubah menjadi ibukota. Pemerataan pembangunan merupakan hal yang paling menonjol dalam hal ini.

Bidang ekonomi tentu menjadi lebih baik dari sebelumnya, karena dampak menjadi ibukota memang sangatlah besar. Oleh karena itu banyak kota-kota diluar negeri sana yang memindahkan ibukota mereka. Tujuan dari perpindahan ibukota ini tentu saja untuk meratakan setiap pembangunan. Seperti apa jadinya jika sebuah negara berhasil memindahkan ibukota negaranya? Mari kita lihat 4 Negara yang pernah memindahkan ibukota negara mereka.

1. Rusia, dari Moscow menuju St. Petersburg

negara-negara di dunia yang pindah ibukota
Foto : natgeo

Negara Rusia sudah terkenal menganut ideologi komunis. Hal ini menjadikan negara Rusia harus merata dalam urusan ekonomi maupun strata sosial, akibatnya ibukota mereka harus dipindahkan dari Moscow menuju St. Petersbur. Tidak hanya hal itu saja, beberapa alasan mengatakan bahwa St. Petersburg lebih dekat dengan Eropa. Meskipun pada akhirnya perpindahan ibukota hanya terjadi sebentar, tapi hal ini sempat menjadi bagian sejarah di Rusia.

Pilihan Editor

2. Brazil, dari Rio de Jainero menuju Brasilia

negara-negara di dunia yang pindah ibukota
Foto : brasil-turismo.com

Pada awalnya perpindahan ini tidak akan pernah terjadi, mengingat Rio de Jainero sudah menjadi salah satu simbol bagi Brazil. Tapi mau tidak mau ibukota harus benar berpindah akibat jumlah penduduk yang terlalu banyak. Pertimbangan perpindahan ibukota ini sudah menjadi rapat yang penting selama 10 tahun bagi pemerintahan Brazil.

Pembangunan kota mulai dilakukan di Brasilia, sehingga pada tahun 1960 Brasilia sudah sangat layak menjadi sebuah ibukota. Akibat kesuksesan yang dilakukan oleh Brazil, banyak negara-negara lain yang mencoba mengikuti jejak yang sama seperti Brasilia.

3. Australia pernah melakukan perebutan ibukota

negara-negara di dunia yang pindah ibukota
Foto : canberrayourfuture.com.au

Australia merupakan salah satu benua terkecil di dunia. Tidak heran jika negara ini sempat kebingungan ketika akan menentukan ibukota. Salah satu yang memperebutkan ibukota Australia ini adalah Sydney dan Melbourne. Hingga akhirnya diputuskan Canberra sebagai ibukota karena memiliki letak geografis yang berada diantara Sydney maupun Melbourne.

4. Nigeria berpindah karena kepadatan penduduk

negara-negara di dunia yang pindah ibukota
Foto : mobofree.com

Pada tahun 1991 Nigeria memiliki ibukota baru yaitu Abuja. Sebelumnya ibukota dari Nigeria sendiri adalah Lagos, tetapi Lagos memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak sehingga tidak memadai menjadi sebuah ibukota. Uniknya kota ini bukanlah kota terbesar di Nigeria. Abuja dipilih karena memiliki ke-netral-an terhadap etnis budaya dan agama yang dapat hidup secara berdampingan.

Lalu bagaiman jika akhirnya dengan Indonesia? Apakah Palangkaraya akan menjadi ibukota negara yang baru? Akankah menjadi perubahan yang signifikan bagi Indonesia? Lalu harus berapa lama hal ini bisa terjadi? Pasti akan menjadi pertanyaan besar untuk kita sebagai masyarakat Indonesia.