Hai, Takaiters!

Gegap gempita Asian Games 2018 makin terdengar kencang. Belum lama ini, kita sama menyaksikan partai final pertama cabang olahraga bulutangkis beregu putra. Pertandingan itu mempertemukan Antony Ginting dan Shi Yuqi. Jutaan pasang mata bersorak sorai untuk menyemangati putra Indonesia yang sedang berlaga.

Laga berlangsung sengit dan alot, membuat suasana menjadi tegang. Semua harap-harap cemas sekaligus berdoa agar Antony bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa. Setelah melewati pertarungan yang panjang, akhirnya Ginting harus mengakui keunggulan sang lawan.  Meski kalah, namun ada pelajaran berharga dari Antony Ginting yang bisa kita petik.

Semangat berjuang yang begitu tinggi

Ya, untuk bisa masuk menjadi atlet Asian Games tidaklah mudah. Dibutuhkan semangat berjuang yang tinggi, agar bisa masuk ke sana. Nah, semangat berjuang inilah yang harus kita ambil sebagai pelajaran.

Dalam hal apa pun, semangat berjuang itu sangat diperlukan. Seperti dalam pertandingan final yang dilakoni oleh Antony Ginting dalam ajang Asian Games 2018. Tanpa ada semangat, mustahil bagi dirinya bisa melaju hingga babak final. Bukan, begitu? Itu artinya, semangat ini harus sudah dipupuk sejak awal. Agar ia tak mudah redup di tengah jalan. Setuju?

Pantang menyerah

Selain memiliki semangat berjuang yang tinggi, hal lain yang tidak kalah penting adalah pantang menyerah. Kita sama-sama tahu, memiliki semangat saja belum bagi Antony untuk bisa mengalahkan lawannya. Dia harus memiliki rasa pantang menyerah, agar mampu menumbangkan Shi Yuqi di partai final. Semangat berjuang dan pantang menyerah adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Berjuang secara maksimal

Dalam pertandingan final ini, Antony Ginting memang sudah berusaha keras. Dia telah mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimiliki. Di set ketiga, kita bisa melihat bagaimana dia berjuang sekuat tenaga. Peluh terus membasahi wajahnya. Bahkan, meski sudah cidera, dia masih tetap tidak mau kalah begitu saja. Ginting terus memberikan perlawanan hingga pertandingan dinyatakan berakhir dan dimenangkan oleh lawan.

Gimana Takaiters?  Meskipun kalah, dia kalah secara terhormat dan membanggakan. Karena sudah berjuang hingga akhir pertandingan. Benar-benar perjuangan tanpa batas, ya, yang pantas untuk kita tiru.