Hallo Takaiters

Pernah mengunjungi kota Cirebon? Lantas apa yang terlintas di benakmu tentang kota Cirebon? Pantai? Makam para wali? Atau keraton kasepuhan? Ternyata Guys. Selain memiliki tempat-tempat bersejarah, Cirebon pun menyimpan daya tarik tersendiri untuk kulinernya lho.

Meskipun makanan-makanan ini mungkin pernah kamu temui di kota lain, tetapi hanya Cirebon yang sanggup menyajikan rasa yang unik untuk lidahmu. Coba deh. Tidak hanya enak. 5 makanan ini akan membuatmu kenyang seharian. Cocok deh untuk pelancong yang lebih suka menikmati makanan khas dan mengenyangkan.

Lantas apa saja sih makanan khas Cirebon yang bisa kamu coba?

1. Nasi Jamblang

makanan khas cirebon
Foto : pegipegi.com

Seperti namanya, makanan ini berisikan nasi putih hangat. Terus, apa istimewanya? Tenang Guys. Nasi yang biasa kita santap di atas piring, kali ini disajikan di atas daun jati yang berbulu itu. Jangan geli ya, aromanya justru enak sekali.

Pilihan Editor

Selain dari nasi, makanan yang biasa dicari ketika malam tiba ini, disajikan bersama lauk pauk lainnya. Seperti sate telur puyuh, sate usus, dendeng hati sapi, sambel goreng hati dan lain-lain.

2. Nasi Lengko

makanan khas cirebon
Foto : wisatagucitegal.id.tc

Nasi lagi nih? Betul sekali. Kali ini, nasi masih menjadi primadona dalam pembahasan kita. Namun nasi yang satu ini agak berbeda. Karena penyajiannya digandengkan dengan bumbu kacang lho. Tak lupa irisan tempe dan tahu ditata rapi di atas nasi putih, yang sudah ditaburi tauge dan timun. Dan sentuhan terakhir bumbu kacang dan kecap. Oh ya, jangan lupa. Bawang goreng ya guys.

3. Empal Gentong

makanan khas cirebon
Foto : 2.blogspot.com

Nah, meskipun nasi lagi. Tapi makanan ini lebih gurih lho. Ya, makanan berkuah berisikan jeroan kambing ini dimasak di atas gentong yang terbuat dari tanah liat. Unik ya. Gurih, lezat, hasil dari perpaduan kuah santan dan jeroan yang nikmat. Uh, jadi lapar ya.

4. Rujak Kangkung

makanan khas cirebon
Foto : tokomesin.com

Berbeda dengan makanan-makanan sebelumnya. Makanan ini lebih ringan Guys. Karena hanya perpaduan rebusan kangkung dan tauge yang diguyur dengan kuah semacam rujak, namun tidak terlalu kental. Biasanya, untuk penyajian, makanan ini ditemani dengan kerupuk miskin. Kerupuk sangrai yang dimasak dengan pasir. Nah, unik kan?

5. Tahu Gejrot

makanan khas cirebon
Foto : img-global.cpcdn.com

Tidak berbeda jauh dengan rujak kangkung, makanan terakhir ini cocok dimakan siang hari lho. Komposisinya hanya potongan tahu, dan bumbu halus bawang dan cabe rawit mentah. Dan yang terpenting kuah berwarna hitam dengan sentuhan gula merah. Meskipun tidak mengandung nasi, makanan ini cukup mengenyangkan lho Guys.

Nah, bagaimana Takaiters. Mulai berpikir untuk mencari kelima makanan khas Cirebon ini kah? Makanan yang tidak hanya berbeda dengan makanan di kota kamu, makanan ini pun cocok untuk amunisi mu selama melancong di Cirebon.