Indonesia sebagai negara yang kaya akan khasanah kulinernya, memang tidak diragukan lagi. Selain memiliki beragam aneka masakan yang lezat, ternyata ada cara meracik kopi khas nusantara yang sangat unik dan bahkan terkenal hingga ke mancanegara.

Racikan kopi khas nusantara yang dijamin membuat mata merem melek karena nikmatnya adalah sebagai berikut:

Kopi Kopyok, kopi khas dari tanah Gresik

macam-macam racikan kopi unik nusantara indonesia
Foto : 4.bp.blogspot.com

Racikan kopi khas nusantara yang pertama datang dari daerah Gresik Jawa Timur. Kopi kopyok terbuat dari java coffe yang ditumbuk kasar dan diseduh dengan air panas. Rasanya yang sedikit masam dan pahit khas kopi kopyok, membuat kopi ini berbeda dengan kopi biasa.

Kopi Kawa, Kopi unik nan khas dari bumi Minang

kopi kawa daun khas minang
Foto : yhohannesneoldy.wordpress.com

Keunikan kopi khas nusantara dari daerah Sumatera Barat ini adalah bahan bakunya. Jika kopi pada umumnya terbuat dari biji kopi, kopi kawa terbuat dari daun kopi. Daun kopi yang telah dikeringkan, disangrai dan ditumbuk menjadi serbuk kopi yang halus.

Setelah diseduh dengan air panas, rasa kopi kawa terasa lembut. Selain itu, penyajian kopi kawa tidak kalah menariknya. Bukannya menggunakan cangkir atau gelas, kopi khas nusantara satu ini disajikan dalam batok kelapa. Unik kan?

Pilihan Editor



Kopi Rarobang, kopi campur racikan khas orang Ambon

macam-macam racikan kopi unik nusantara indonesia
Foto : tstatic.net

Kopi Rarobang adalah kopi khas nusantara yang berasal dari daerah Ambon, Maluku. Bagi yang ingin merasakan sensasi lain saat minum kopi, kopi rarobang adalah pilihan yang tepat. Kopi unik ini terbuat dari campuran kopi, jahe, dan rempah-rempah lainnya seperti pandan, kayu manis, dan cengkeh. Untuk memperkuat cita rasanya, diberikan taburan kenari sangrai yang membuat kopi ini lebih sedap.

Kopi yang diawal terasa seperti kopi-kopi khas arab ini, ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan loh. Diantara khasiat yang dimiliki kopi rarobang adalah menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah.

Kopi Ijo, greentea-nya Tulungagung

macam-macam racikan kopi unik nusantara indonesia
Foto : adiitoo.com

Seperti namanya, kopi khas nusantara ini memiliki warna hijau. Hal ini tentu saja membedakan kopi ijo dengan kopi pada umumnya. Kopi ijo khas daerah Tulungagung ini memiliki warna hijau yang dihasilkan dari campuran antara kopi dan biji kacang hijau.

Rupanya belum banyak loh, yang tahu tentang kopi ini. Jika anda ingin merasakan sensasi nikmat kopi ijo ini, anda harus datang langsung ke daerah asalnya yaitu Tulungagung, Jawa Timur.

Kopi Jos, racikan kopi dengan seduhan arang panas khas Jogja

macam-macam racikan kopi unik nusantara indonesia
Foto : 2.bp.blogspot.com

Racikan kopi khas nusantara ini rupanya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Kopi jos ini dikenal pertama kali di daerah Yogyakarta. Keunikan kopi jos adalah bara arang panas yang dibenamkan pada seduha kopi hingga menimbulkan bunyi joss…

Tidak mengherankan jika di luar negeri, kopi ini sering disebut sebagai charcoal coffee. Orang-orang banyak yang mempercayai kopi ini memiliki khasiat untuk meredakan masuk angin, panas dalam, dan asam lambung.

Kopi Oku,  campuran kopi dan pinang khas Oku Selatan

macam-macam racikan kopi unik nusantara indonesiamacam-macam racikan kopi unik nusantara indonesia
Foto : resepmakanan.com

Kopi oku adalah salah satu kopi khas nusantara yang diproduksi di desa Sipatuhu, Oku Selatan. Keunikan dari kopi ini adalah rasa unik yang dihasilkan oleh campuran kopi dan pinang. Siapa sangka, jika kopi dari desa kecil ini, mampu menembus pasar hingga ke Negara Singapura. Kopi ini masih diproduksi dan dikemas secara tradisional di daerah asalnya. Selain pinang, ginseng juga sering ditambahkan untuk menambah khasiat kopi khas Oku Selatan ini.

Kopi khas nusantara ternyata sangat unik dan menggoda. Anda suka yang mana?