Hai, Takaiters!

Pernah dengar tentang mid autumn festival? Yap, sebuah perayaan kue bulan atau perayaan berakhirnya masa panen untuk menyambut musim gugur yang dirayakan secara khusus oleh etnis Tionghoa.

Festival ini diadakan pada saat bulan purnama yakni hari ke lima belas di bulan kedelapan dalam kalender bulan (lunar). Tahun 2018 ini diperkirakan festival ini akan berlangsung pada hari Senin, 24 September 2018.

Di malam perayaan festival, setelah matahari terbenam, keluarga, teman, dan kerabat akan berkumpul untuk merayakan sekaligus menikmati kue bulan ditemani dengan secangkir teh. Wah, pasti senang, ya, Takaiters, bisa menikmati lezatnya mooncake bersama orang orang tercinta.

Foto: thezonghan.com

Mooncakes atau kue bulan, merupakan sajian khas tradisional yang sudah populer ratusan tahun lamanya, rasanya sangat enak dan hanya dapat ditemui di festival ini saja, loh, Guys!

Mooncake ini termasuk kue tradisional Cina berjenis pastri lembut dengan isian dari pasta biji teratai, pasta kacang merah dan telur asin. Seiring perkembangan jaman, isian dan rasa Mooncakes berkembang menjadi beraneka ragam varian, seperti ice cream, green tea, tiramisu, hingga durian.

Foto: hesed.info

Toko-toko Kue menjelang festival menawarkan berbagai jenis kue bulan, umumnya di bagian atas kue, terdapat simbol atau aksara yang bermakna panjang umur dan harmoni. Namun, ada juga kue bulan yang dijual tanpa stempel.

Ternyata bentuk bulat pada kue bulan ini, memiliki makna, loh, Takaiters, yaitu sebagai lambang persatuan dan kebersamaan, di mana keluarga, teman, dan kerabat berkumpul untuk merayakan bersama. Pantas saja jika perayaan ini menjadi perayaan penting kedua setelah tahun baru atau Imlek.

Foto: bespricevn.com

Perayaan ini juga dilengkapi dengan ornamen yang menambah riang suasana, baik di dalam maupun di luar rumah. Jalan-jalan umum di hiasi lampion berwarna-warni untuk merayakan festival. Dulu lampion terbuat dari kertas dan diisi dengan lilin. Seiring perkembangan zaman lampion berubah menjadi berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk karakter tokoh kartun dihiasi lampu yang memiliki baterai dan juga dilengkapi dengan musik.

Gimana, Takaiters, apa kamu ingin mencicipi kue bulan juga? Datang saja ke festival kue bulan di kotamu dan nikmati lezatnya kue bulan!