Holla, Takaiters!

Laga terakhir grup F Piala Dunia Rusia 2018 sekaligus laga krusial bagi tim Der Panzer. Tim asuhan Joachim Low ini diwajibkan untuk menang atas korea Selatan jika ingin melenggang ke babak enam belas besar. Namun nyatanya, Toni Kroos dan kawan-kawan tampil tak berdaya berhadapan dengan pemain-pemain muda asal negeri Ginseng, Korea Selatan.

Jerman seolah benar-benar mendapat kutukan juara bertahan setelah Italia di tahun 2010 dan Spanyol di tahun 2014 yang bernasib sama. Tim yang bertabur bintang ini tampil kurang greget sejak awal pertandingan kontra Korea Selatan. Ditambah dengan absennya Jerome Boateng akibat kartu merah pada pertandingan sebelumnya dan dibangkucadangkannya Thomas Mueler.

Permainan mereka seolah tumpul di depan mister gawang Korea Selatan yang dijaga ketat oleh kiper muda, Cho Hyun-Woo. Dan, akhirnya mereka harus mengakui keunggulan tim Korea Selatan yang mampu menjebloskan dua gol di akhir babak kedua, persisnya di masa injury time.

Pilihan Editor



Secara statistik, Jerman memang lebih banyak menguasai bola bahkan beberapa kali melakukan serangan yang cukup membahayakan gawang lawan. Namun entah apa yang terjadi, lagi-lagi mereka gagal menyelesaikan serangan itu dengan baik. Padahal di atas kertas, seharusnya mereka unggul jauh di atas Korea Selatan. Lihat saja bintang-bintang klub besar bertengger di sana. Ada Mezut Ozil, Sami Khedira, Toni Kroos, Mario Gomez, Jerome Boateng, Thomas Mueler, Sebastian Rudy dan lain-lain. Kurang apa coba?

Namun, lagi-lagi inilah pertandingan sepakbola. Sangat sulit diprediksi dan apapun bisa terjadi. Tak ada yang salah dengan Squad Jerman, seharusnya mereka tampil bersinar. Hanya saja mereka kurang beruntung, itu saja.

Jerman akhirnya harus rela pulang kampung lebih awal dari ajang sepakbola akbar sedunia itu. Dewi fortuna belum berpihak padanya, kutukan juara bertahan yang berhembus kencang sejak dari awal pertandingan perdana mereka di fase grup. Ketika mereka dipaksa mengakui keunggulan Meksiko yang tampil mengejutkan dengan mengungguli mereka 1-0.

Juara grup F akhirnya ditempati Swedia setelah dengan mengejutkan mengalahkan Meksiko 3-0 di laga terakhir fase grup semalam. Swedia dan juara runner up, Meksiko dipastikan melaju ke babak enam belas besar meninggalkan Jerman dan Korea Selatan yang juga meskipun menang di laga terakhir namun harus puas pulang kampung bersama Jerman.

Itulah sepakbola, apapun prediksi orang, nyatanya hasilnya lain. Tim besar yang diunggulkan seperti Jerman pun akhirnya harus angkat koper lebih awal. Good bye Germany, datanglah dengan tim lebih solid di Piala Dunia 2022 nanti!