Jenitri, sebuah nama yang mungkin masih asing ditelinga kamu. Yapptt, Jenitri adalah tanaman biji-bijian yang harganya seperti emas. Ada suatu alasan yang membuat biji ini harganya selangit dan bisa membuat orang kaya secara mendadak. Jenitri berbentu bulat sebesar kelereng, tapi mempunyai motof seperti ukiran-ukiran alami.

jenitri
Jenitri via 2.bp.blogspot.com

Jenitri ini bisa ditanam di Indonesia, tapi sebenarnya biji-bijian ini tidak berasal dari Indonesia. Jenitri merupakan tumbuhan yang berasal dari Timur Tengah dan sekarang pohonnya banyak tumbuh di Indonesia. Perjalanan tumbuhan ini bisa sampai ke Indonesia mempunyai kisah unik.

Sejarah Biji Jenitri dari Desa Kebumen

Pada jaman dahulu, ada orang India yang membawa bibit pohon Jenitri. Kemudian, orang India tersebut mengajarkan kepada seorang santri asal Indonesia bagaimana menanam Jenitri agar bisa menghasilkan biji yang banyak. Orang India itu bersedia membeli biji Jenitri dengan harga yang mahal. Kabar ini terdengar ke banyak orang sehingga banyak yang menanamnya dan mulailah pohon ini tersebar luas di Indonesia. Kisah Jenitri ini diyakini dari desa Kebumen.

Biji Jenitri dan Harganya Sebanding Dengan Harga Emas

Setelah membahas sejarah Jenitri bisa tumbuh di Indonesia, selanjutnya kita bahas tentang harga dari biji Jenitri. Mungkin setelah mengetahui harganya, Anda terispirasi untuk menanam dan menghasilkan banyak uang dari Jenitri. Perlu Anda ketahui, biji jenitri dengan guratan unik dan yang sangat menarik harganya bisa mencapai Rp 150 ribu atau lebih mahal lagi. Bayangkan saja jika Anda mempunyai ratusan bijinya, mungkin Anda bisa menjadi kaya raya.

Namun, itu harga untuk yang paling bagus. Sedangkan yang guratannya biasa saja dihargai sekitar Rp 7 ribu saja. Tetap saja tidak bisa dikatakan murah untuk harga biji-bijian yang hanya sebesar kelereng tersebut.

Alasan mengapa Jenitri Harganya Mahal

Pasti Anda bertanya-tanya mengapa biji Jenitri harganya bisa mahal. Hal ini karena Jenitri merupakan perlambangan dari Shiwa yakni salah satu dewa tertinggi bagi umat Hidu. Jenitri dalam bahasa India disebut dengan Rudraksa yang berarti air mata Shiwa. Lantaran inilah biji Jenitri diagungkan oleh umat Hindu.

Itulah ulasan tentang biji Jenitri yang harganya sebanding dengan emas.  Nantikan kisa unik dari kami selanjutnya!!