Hai, Takaiters!

Jembatan gantung yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango telah dibangun sejak Mei 2017 silam. Soft opening dibuka sejak 15 Juni hingga 24 Juni 2018. Dalam sehari terhitung ada ribuan pengunjung yang tertarik melihat dan mencoba menjejakkan kaki di jembatan gantung yang kabarnya terpanjang di Asia Tenggara ini, Guys. Animo masyarakat sungguh sangat besar terutama setelah media sosial membuatnya menjadi viral.

Kalau kamu penasaran seperti apa jembatan gantung atau suspension bridge yang terletak di Sukabumi ini, simak ulasannya, ya!

Jembatan gantung Situgunung yang berada di atas tajuk hutan tropis Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini kabarnya menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara, lho

Foto: tripjalanjalan.com

Jembatan dengan material besi serta tapakan kayu merbau Papua ini memiliki panjang hingga 240 meter dan lebar 2 meter. Jembatan gantung ini berada di atas pemukaan tanah hingga ketinggian 161 meter, Guys. Kabarnya, suspension bridge ini menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara, karena itu tak heran jika soft opening kemarin benar-benar sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Sensasi berjalan di atas jembatan yang sangat viral di Sukabumi ini pastinya berbeda dong dibanding ketika kamu berjalan di atas jembatan lainnya. Panorama alamnya yang memikat membuat semua orang benar-benar kagum dan beramai-ramai mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Jembatan Situgunung menggunakan standar keamanan yang tidak diragukan lagi, Guys

Foto: kumparan.com

Jembatan ini telah lulus uji sertifikasi dan tidak diragukan lagi standar keamanannya. Biasanya dalam pembangunan sebuah jembatan disyaratkan menggunakan 3 sling pada bagian bawahnya. Nah, jembatan Situgunung justru menggunakan 5 sling sekaligus, lho. Selain itu, jembatan ini juga menggunakan kekuatan suspension bridge pada bagian atasanya dan suspender pada bagian bawah. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin mencobanya, Guys. Para petugas akan ditempatkan di titik start, finish serta beberapa orang akan mengamati di sepanjang jembatan. Sekali melintas, jembatan ini bisa menampung 40 hingga 50 orang.

Kamu yang berencana mengunjungi jembatan gantung Situgunung juga bisa sekaligus mengunjungi wisata air terjun Curug Sawer yang bisa kamu tempuh 10 menit setelah mencapai finish

jembatan gantung situgunung
Foto: youtube.com

Curug Sawer merupakan salah satu wisata air terjun nan eksotik yang bisa kamu temukan ketika mengunjungi Sukabumi, Guys. Menariknya, Curug yang memiliki aliran air sangat deras serta kedalaman mencapai 10 meter ini bisa kamu kunjungi tidak lama setelah kamu melewati jembatan gantung Situgunung, lho. Dua wisata sekaligus yang sangat menarik, ya!

Jembatan gantung Situgunung menjadi spot foto yang sangat menarik dan instagramable, Guys

Foto: radarsukabumi.com

Foto-foto tentang indahnya hutan tropis dari atas jembatan ini memang menjadi sangat viral di media sosial. Kamu yang hanya bisa menatap keindahan wisata ini dari sebuah foto saja tidak bisa memungkiri jika jembatan satu ini menjadi salah satu lokasi yang sangat apik untuk mengambil gambar. Buat kamu yang hobi fotografi, lokasi ini tidak akan pernah salah deh buat dikunjungi.

Gimana, Guys, menarik banget, ya! Kita patut bangga dengan adanya pembangunan jembatan yang bisa menarik minat banyak wisatawan ini. Pemerintah juga perlu mendukung dengan memberikan fasilitas yang memadai supaya destinasi ini tetap nyaman ketika dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagai seorang traveler kita pun perlu menjaga keindahannya, jangan membuang sampah sembarangan dan hindari mencoret bagian dari wisata yang sebenarnya bisa tetap indah jika kita mampu menjaganya.