Halo, Takaiters!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah alergi makanan, ya, Guys! Alergi makanan merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang terjadi sesaat setelah kamu mengonsumsi makanan tertentu.

Reaksi alergi makanan akan berbeda pada setiap orang, ya, Guys. Meski jarang terjadi, tetapi bagi sebagian orang, reaksi alergi makanan juga dapat mengancam jiwa, lho. Menyeramkan sekali, ya.

Tanda-tanda reaksi alergi bisa bermacam-macam, nih, Guys. Ada yang merasakan kesemutan, gatal di mulut, eksim, pusing, pembengkakan pada bibir, wajah serta tenggorokan, ada juga yang merasakan mual, muntah, diare, sulit bernapas hingga yang terburuk adalah pingsan.

Selain itu, ada juga anafilaksis yang merupakan salah satu reaksi alergi yang cukup parah dan dapat mengancam jiwa. Jika kamu mengalami tanda-tanda seperti terjadi benjolan di dalam tenggorokan yang membuat kamu susah bernapas hingga penurunan kesadaran, jangan ragu lagi, ya, Guys untuk segera ke dokter. Sebab jika tidak segera diobati, kondisi ini bisa menyebabkan koma hingga kematian, lho.

Nah, supaya kamu tetap aman meskipun mempunyai riwayat alergi makanan, coba lakukan 5 hal ini, ya, Guys,

1. Hindari pencetus alergi

cara menghindari bahaya alergi
Foto: mediskus.com

Cara terbaik untuk menghindari alergi makanan adalah dengan menghindari pencetusnya. Jadi, ketahui apa saja makanan yang bisa membuatmu alergi termasuk juga berhati-hatilah saat membaca label makanan, ya, Guys.

2. Informasikan jenis alergi dengan gelang atau kalung penanda

cara menghindari bahaya alergi
cara menghindari bahaya alergi

Sangat penting untuk memberikan informasi kepada orang lain di saat kamu terkena reaksi alergi dan sulit berkomunikasi. Nah, gelang atau kalung peringatan medis bisa memberikan informasi kepada mereka supaya dapat mengetahui keadaan kamu yang sebenarnya. Terutama ketika kamu tidak sadarkan diri.

Pilihan Editor



3. Selalu sedia obat alergi

cara menghindari bahaya alergi
Foto: pexels.com

Kamu perlu berkonsultasi dengan dokter dan meminta resep untuk keadaan darurat. Jika sewaktu-waktu alergi kamu kambuh, obat itu bisa dengan mudah kamu dapatkan dari dalam tas kamu, lho.

4. Katakan kondisi kamu yang sebenarnya kepada orang lain

Foto: pexels.com

Jangan segan-segan menginformasikan kepada pelayan restoran jika kamu alergi dan benar-benar tidak bisa makan beberapa menu tertentu. Mereka akan sangat terbantu dengan  informasi yang kamu berikan.

5. Persiapkan bekal bebas alergen

cara menghindari bahaya alergi
Foto: pexels.com

Jika kamu punya rencana pergi ke suatu tempat, jangan ragu untuk mempersiapkan camilan serta makan berat bebas alergen supaya kamu tidak kesulitan mencari makanan saat berada di luar.

Itulah 5 hal yang harus kamu lakukan jika memiliki alergi makanan, ya, Guys. Jangan remehkan hal ini, ya. Sebab sebagian orang bisa kehilangan nyawa akibat alergi makanan, lho. Jadi, waspadalah dengan berbagai macam gejala alergi. Semoga tidak sampai terjadi pada kita, ya, Guys!