Halo, Takaiters!

Beberapa tahun belakangan ini Korea Selatan semakin naik daun di kancah internasional berkat serial televisinya. Tak hanya Indonesia yang dilanda demam drama Korea, negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga turut terserang demam drama Korea. Intensitas menonton film Korea yang tinggi membuat segala hal tentang negeri ginseng itu turut disorot. Salah satunya adalah soal makanan.

Di Indonesia sendiri banyak restaurant dan tempat makan yang menyajikan menu-menu khas Korea. Namun, tentu saja rasanya berbeda saat kamu menikmatinya langsung di negara asalnya.

K-lovers sejati, kamu harus cobain 15 jajanan kaki lima Korea Selatan ini saat jalan-jalan ke negerinya Song Joong Ki.

1. Soondae

www.instagram.com/leepegnaroeht

Makanan klasik yang terbuat dari usus sapi atau babi ini biasanya dimasak dengan cara direbus atau dikukus dengan campuran aneka bumbu masakan khas Korea. Ada pula yang membuatnya dari seafood. Biasanya soondae tidak dimakan begitu saja melainkan dimakan bersama dengan makanan lain seperti kimchi, nasi, dan berbagai jenis mie.

2. Potato Hotdog

www.instagram.com/Hannah1039

Jajanan yang satu ini terdiri dari kentang goreng dan sosis yang dibalut tepung, lalu ditenggelamkan dalam minyak panas. Biasanya disajikan dengan tusuk sate dan sebelum dinikmati harus diberi saus tomat. Dulu jajanan ini hanya terkenal di distrik Hongdae, Seoul dan kini telah menyebar ke daerah-daerah lainnya di Korea.

3. Tornado Potato

www.instagram.com/mlevinecolor

Masih berbahan dasar kentang, jajanan kaki lima Korea yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan potato spiral. Hanya saja di Korea, potato tornado ini ada yang diisi dengan sosis. Jajanan simpel dan enak ini sangat mudah ditemui di jalanan Korea Selatan.

4. Tteokbokki

www.instagram.com/S-dyeon19

Makanan ini terbuat dari tteok atau kue yang terbuat dari tepung beras dan juga ikan. Biasanya berbentuk silinder memanjang. Kue ini lalu dimasak dengan bumbu gochujang yang rasanya asam manis yang jadilah tteokbokki dengan kuahnya yang berwarna merah cerah dan menggugah selera. Tteokbokki merupakan salah satu makanan kaki lima yang paling terkenal di Korea Selatan.

5. Hotteok

www.instagram.com/vivianneskitchen

Hotteok merupakan makanan Korea yang mirip seperti pancake. Jika pancake biasanya dimasak dengan menggunakan sedikit butter, berbeda dengan hotteok yang digoreng didalam minyak panas dan banyak. Selain itu, hotteok juga diberi isian yang bervariasi seperi kacang-kacangan. Jajanan ini enak dinikmati selagi hangat. Ia juga dikenal sebagai jajanan musim dingin.

6. Odeng

aminoapps.com

Ditusuk dengan tusuk sate, odeng merupakan jajanan pinggir jalan yang terbuat dari ikan. Odeng bisa dinikmati dengan kuah kaldu berisi lobak, rumput laut, dan campuran kepiting. Selain itu, odeng juga bisa dinikmati hanya dengan olesan saus tomat. Di Korea Selatan, jajanan ini banyak dijumpai di warung-warung tenda pinggir jalan.

7. Bundegi

www.instagram.com/ykbossbabe

Bagi kamu yang mudah jijik dengan makanan yang tergolong ekstrim, jangan pernah coba-coba mencicipi ataupun sekedar melihat bundegi karena jajanan ini berbahan dasar ulat sutera. Ulat-ulat mungil itu biasanya direbus atau dikukus dengan campuran bumbu. Dijajakan dengan mangkuk-mangkuk kecil seperti mangkuk es krim.

8. Kimchi

www.travelbook.de

Makanan Korea yang sudah sangat mendunia ini juga termasuk salah satu jajanan kaki lima yang mudah dijumpai di Korea Selatan. Makanan tradisional ini merupakan asinan sayuran hasil fermentasi yang umumnya pedas dan diberi aneka bumbu khas Korea. Sayuran yang biasanya digunakan untuk membuat kimchi adalah sawi putih dan lobak.

9. Gyeran-Bbang (Egg Bread)

www.instagram.com/carmen.dang

Makanan simpel yang lazim dijumpai di jalanan kota Seoul dan beberapa daerah lainnya di Korea Selatan ini terbuat dari roti dengan topping telur mata sapi. Gyeran dalam bahasa Korea berarti telur, sedangkan Bbang berarti roti. Sesuai nama dan artinya, Gyeran-Bbang adalah roti telur. Biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan sangat cocok dinikmati di musim dingin.

10. Dalgona atau Ppopgi

www.instagram.com/lil_miss_asian

Permen tradisional Korea ini terbuat dari gula yang dicairkan dan baking soda. Nama Dalgona diambil dari cara orang-orang Korea menikmati permen ini yaitu dengan mengikuti pola yang tergambar didalamnya. Yang uniknya lagi, jika kamu berhasil memakan permen dengan tidak merusak pola atau gambar yang ada, biasanya penjual Dalgona akan memberikanmu bonus.

11. Tteok Kochi

www.intagram.com/purebake

Tteokkochi atau ddeokgochi merupakan varian lain dari tteokbokki. Bahan utamanya sama yaitu dari tepung beras yang dibentuk silinder memanjang dan digoreng dalam minyak panas dan banyak, serta diberi bumbu gochujang. Bedanya, tteokkochi disajikan dengan cara ditusuk seperti sate.

12. Somsatang

vietnamnet.vn

Somsatang atau kembang gula ini sebenarnya tidak terlalu spesial karena mudah dijumpai di banyak negara di dunia. Namun tidak ada salahnya mencoba kembang gula ala Korea dengan aneka bentuk ini saat mengunjungi Korea Selatan. Siapa tahu rasanya berbeda jika dimakan di Korea.

13. Boong-uh-bbang

www.instagram.com/jooy_lee

Boong-uh-bbang adalah camilan berupa roti berbentuk ikan mas. Biasanya diisi dengan kacang merah dan cokelat. Cocok untuk menghangatkan tubuh di musim dingin. Di musim panas, boong-uh-bbang biasanya dinikmati bersama es krim.

14. Ojingeo Twigim

www.instagram.com/Yodz25

Ojingeo Twigim atau gurita goreng krispi ini juga sangat mudah dijumpai di jalanan Korea Selatan. Bagi penyuka seafood khususnya gurita, ojingeo twigim ini wajib banget dicoba.

15. Tteok-galbi Meatballs

danielfooddiary.com

Tteok-galbi adalah hidangan klasik Korea yang lezat yang terbuat dari tulang rusuk sapi, di mana dagingnya digiling dan ditumbuk di tulang, kemudian direndam dalam saus manis, asin, dan gurih, terakhir dipanggang di atas arang. Rasanya manis, kenyal, empuk dan juicy. Tteok-galbi meatballs merupakan varian tteok-galbi yang dibentuk bulat-bulat seperti bakso dan disusun memanjang dengan tusuk sate.

K-Lovers, mana nich jajanan yang sudah kamu cobain dan bikin nagih?