Halo Takaiters!

Kamu suka drama Korea? Sudah hampir dua dekade Korea memimpin dalam urusan budaya. Musiknya-yang dikenal dengan k-pop sudah sering merajai tangga lagu dunia. Dramanya atau biasa disebut k-drama, atau drakor ditonton oleh hampir seluruh orang di dunia.

Saking digandrunginya, ketika drama aslinya ditayangkan pada malam hari, esok subuhnya sudah ada penggemar yang mengunggah episode drama tersebut lengkap dengan teks translasi berbahasa Inggris bahkan bahasa Indonesia, loh! Niat banget, kan?

Di antara drama-drama Korea yang sedang hits, ada beberapa judul yang seakan abadi. Kalau Kamu belum menonton drama-drama ini, sepertinya julukan fans drakor belum sah Kamu sandang, deh. Apa saja sih drama-drama itu? Ini dia,

1. Jewel in the Palace

belum penggemar korea kalo belum nonton ini
Foto : pinimg.com

Siapa yang belum menonton drama ini? Drama dengan judul asli “Dae Jang Geum” ini dibuat pada tahun 2003. Drama fiksi sejarah yang berlatar belakang pada jaman kekuasaan Raja Seongjong, Raja Yeonsang, dan Raja Jungjong (1457-1544M) berkisah tentang Tabib/dokter Istana perempuan pertama di Dinasti Joseon. Drama ini berkisah tentang kegigihan Jang Geum yang memulai kariernya dari Juru Masak Istana, Perawat Resmi Istana, dan kemudian menjadi Tabib Istana Perempuan pertama.

Drama dengan lagu tema berjudul “Onara” (datanglah/kemarilah) ini menempati peringkat satu untuk jangka waktu yang lama, tidak hanya di Korea namun juga di negara-negara lain di luar Korea seperti Tiongkok dan Filipina. Wah, keren banget, ya!

2. Jumong

belum penggemar korea kalo belum nonton ini
Foto : opionator.wordpress.com

Jumong adalah drama sejarah yang dirilis oleh MBC pada tahun 2006. Drama ini berkisah tentang Jumong Daewang yang merupakan pendiri kerajaan Goguryeo (37SM-668M). Jumong diperankan oleh Song Il-gook, aktor yang juga terkenal sebagai ayahnya triplet Dae-han, Ming-guk, dan Man-se.

Drama ini meraih rating 51,9% dan merupakan rating tertinggi saat itu. Pemeran utamanya, Song Il-gook, meraih penghargaan Daesang sebagai pemeran utama terbaik pada tahun 2006. Daebak!

3. The Great Queen Seondeok

belum penggemar korea kalo belum nonton ini
Foto : asiae.co.kr

Di Korea, Drama The Great Queen Seondeok berjudul “Seon Deok Yeo Wang” atau berarti “Ratu Seon Deok”. Diproduksi tahun 2009, drama ini berlatar belakang serajah Kerajaan Silla, di mana Ratu Seon Deok adalah pemimpin kerajaan pertama yang berjenis kelamin perempuan dalam sejarah Korea (610-647M).

Drama yang tadinya terdiri dari 50 episode dan kemudian diperpanjang menjadi 62 episode ini meraih rating tertinggi sebesar 44,9%. Kalau Kamu menonton drama ini, Kamu akan dibuat terpukau oleh akting aktris Korea Go Hyun-jung yang berperan sebagai Lady Mishil di sana. Karena peran ini pulalah, Go Hyun-jung memenangkan Daesang Award di tahun 2009. Keren, kan?

Selain di Korea, drama ini juga tayang di negara Sri Lanka, Thailand, Vietnam, Filipina, dan tentu saja, Indonesia.

4. Guardian: The Lonely and Great God (Goblin)

belum penggemar korea kalo belum nonton ini
Foto : asiachan.com

Goblin adalah drama produksi tvN di tahun 2016. Goblin dibintangi oleh aktor-aktor ganteng seperti Gong Yoo, Lee Dong-wook, dan Yook Seung-jae. Juga dibintangi oleh aktris-aktris cantik seperti Kim Go-eun dan Yoo In-na.

Drama ini bercerita tentang Kim Shin yang merupakan goblin dan pelindung jiwa manusia yang berteman dengan Malaikat Maut. Kim Shin yang immortal sudah tidak menginginkan immortalitasnya lagi, tetapi dia membutuhkan Goblin’s Bride untuk mengakhiri hidupnya.

Goblin’s Bride dimaksud adalah Ji Eun-tak, seorang siswa SMA yang bernasib buruk setelah ditinggal ibunya. Akhirnya mereka berdua jatuh cinta dan nasib merekapun berubah. Sweet banget, kan?

Rating drama ini mencapai 20,99%. Lagu latarnya pun merajai tangga lagu Korea selama beberapa pekan. Drama ini sendiri mendapatkan penghargaan sebagai Drama Terbaik pada tahun 2017.

Goblin ditayangkan tidak hanya di Korea tapi juga di negara lain misalnya, Brunei, Malaysia, Singapura, Hongkong, Sri Lanka, Jepang, Thailand, Filipina, Kamboja, dan tentu saja, Indonesia. Daebak, ya?

5. A Korean Odyssey (Hwayugi)

belum penggemar korea kalo belum nonton ini
Foto : cloudfront.net

Hwayugi adalah drama produksi tvN pada akhir tahun 2017. Drama ini berakhir pada awal tahun 2018. Dibintangi oleh Lee Seung-gi dan Cha Seung-won, drama ini merupakan adaptasi dari novel klasik Tiongkok yang berjudul Journey to the West.

Drama ini bercerita tentang perjalanan Dewa Agung Son Oh-gong yang merupakan siluman monyet untuk melepaskan diri dari hukuman yang diberikan oleh Nirwana. Sementara dia berbuat kebajikan, dia berteman dengan siluman kerbau bernama Woo Ma-wang. Juga ada karakter manusia yang dipanggil Sam Jang yang bertugas mengembalikan dunia ke jalur yang benar.

Rating tertinggi drama ini adalah 7,75%. Original Soundtrack drama ini juga bagus-bagus, loh. Dan menurut Nielsen Korea, Hwayugi menduduki peringkat tinggi sebagai Most-watched Show pada jam tayangnya. Drama ini juga memecahkan rekor sebagai drama tvN dengan rating tertinggi di episode pertama. Wow, daebak!

Nah, itu adalah 5 drama yang recommended untuk ditonton, Guys. Kalau Kamu memang fans berat drama Korea, mestinya Kamu sudah nonton semuanya, kan? Kalau belum, nonton, deh. Dijamin gak bakalan nyesel, Guys.