Takaiters pada suka ngopi kan? Kalau iya, pastinya sangat setuju donk kalau budaya ngopi sudah sangat melekat pada masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Tak hanya jenis kopinya yang bermacam-macam tetapi olahan kopi yang disajikan pun sangat bervariasi. Nah, kalian tahu gak sih kalau di Indonesia sendiri ada beberapa sajian kopi unik yang khas?

Bukan hanya sajiannya yang unik tetapi citarasa kopinya pun tak kalah nikmat dibandingkan kopi di kafe-kafe. Bahkan, ada beberapa sajian kopi khas Indonesia yang sudah mendunia dengan keunikan jenis kopi, rasa, serta cara pembuatannya yang pastinya tak bisa ditemukan di negara lainnya.

Jadi, jangan ngaku pecinta kopi kalau kalian belum pernah ngicipi beberapa olahan kopi khas Indonesia berikut ini.


Kopi Ijo Tulungagung, olahan kopi unik dari kota marmer Jawa Timur

kopi-kopi unik di indonesia
Foto : adiitoo.com

Selama ini, Tulungagung lebih dikenal sebagai kota marmer di Jawa Timur. Ternyata, di kota ini terdapat salah satu olahan kopi unik yang mungkin tak ada di daerah lainnya. Ya, ada kopi ijo. Sebagaimana namanya, kopi ini memang memiliki warna hijau kehitaman.

Kopi Hijau ini diolah dari campuran bubuk kopi, rempah khusus, serta kacang hijau yang diracik. Pastinya sajian kopi ini pun memiliki aroma serta rasa yang berbeda dengan kopi-kopi di daerah lainnya. Sajian kopi ini bisa dengan mudah dijumpai di warung kopi ataupun kafe yang ada di kawasan kota Tulungagung.

Pilihan Editor

Kopi Joss, sajian kopi unik dari Jogjakarta

kopi-kopi unik di indonesia
Foto : tstatic.net

Jogja memang terkenal sebagai kawasan yang masih begitu kental dengan budaya dan adat istiadat. Tak heran bila banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi kota gudeg tersebut. Nah, saat berkunjung ke sana, rasanya tak akan sempurna bila kalian belum mengicipi olahan kopi uniknya yaitu kopi joss.

Kenapa kopi ini unik? Karena disajikan dengan memasukkan arang membara ke dalam gelas kopi dan menghasilkan bunyi ‘josss’ dari arang panas yang terkena air. Inilah mengapa kopi ini akhirnya dikenal dengan sebutan kopi joss.

Penambahan arang tak hanya bikin penyajian kopi ini jadi lebih unik tetapi ternyata ini juga membuat aroma serta rasa yang dihasilkan pun begitu khas. Masih ragu minum kopi dengan campuran arang di dalamnya? Tenang guys. Kopi ini telah diteliti oleh para ahli dari Universitas Gajah Mada dan membuktikan bahwa kopi ini sangat aman untuk dikonsumsi bahkan penggunaan arang membara pada kopi ini berperan sebagai karbon aktif untuk mengikat racun serta polutan dalam tubuh. Wow..ternyata tak cuma unik tapi juga kaya manfaat.

Kopi Talua, sajian olahan kopi khas dari Sumatera Barat

kopi-kopi unik di indonesia
Foto : bekraf.go.id

Masyarakat Minang memiliki kopi talua yang terdiri dari kopi serta kuning telur ayam kampung sebagai komponen utamanya. Untuk menyajikan kopi unik ini, kuning telur dimasukkan terlebih dahulu ke dalam gelas dan dicampurkan dengan susu kental manis serta sedikit tambahan bubuk kayu manis yang kemudian dikocok hingga mengembang.

Setelah mengembang, maka tambahkan air seduhan kopi mendidih sambil terus dikocok. Air seduhan kopi itulah yang mematangkan kuning telurnya serta menghasilkan buih-buih lembut yang menjadi salah satu kekhasan dari olahan kopi dari Sumatera Barat ini.

Kopi Kawa Daun, kopi unik dari Ranah Minang

kopi-kopi unik di indonesia
Foto : hohannesneoldy.files.wordpress.com

Ada sajian lain olahan kopi  unik dari Sumatera Barat yaitu kopi kawa. Untuk menggambarkan keunikan dari kopi ini, ungkapan yang berbunyi ‘tak ada biji kopi maka daunnya pun jadi’ pastinya sangat cocok. Ya, karena olahan kopi yang satu ini memang bukan terbuat dari biji kopi melainkan daun kopi yang diasapi hingga kering.

Dalam proses pengajiannya, daun kopi asap yang telah kering diremas hingga menjadi serpihan kecil yang kemudian diseduh dengan air panas . Sebagai penambah nikmat, kopi ini biasanya disajikan dengan tambahan gula aren yang mampu menguatkan rasa kopinya.

Berdasarkan sejarahnya, kemunculan kopi kawa ini dimulai pada masa tanam paksa di masa penjajahan. Masyarakat dipaksa menanam kopi namun tak pernah bisa menikmati hasil kopi yang ditanamnya karena kopi merupakan sajian yang hanya dikhususkan bagi kaum elit belanda. Inilah mengapa akhirnya masyarakat yang ingin menikmati sajian kopi menggunakan daun kopi. Untuk menyajikannya pun tidak menggunakan gelas melainkan dengan tempurung batok kelapa. Apakah Takaiters ada yang sudah pernah mencicipi kopi unik ini?


Indonesia ini memang benar-benar kaya. Berbagai keunikan dan kekhasan bisa dijumpai di hampir seluruh pelosok negeri ini mulai ujung barat hingga timur termasuk olahan kopi unik yang bisa kalian coba saat mampir ke sejumlah daerah di negeri ini.