Pesona keindahan Raja Ampat sepertinya memang sangat sulit untuk dilupakan. Bahkan, ini menjadi salah satu destinasi wajib bagi para pelancong mancanegara saat berkunjung ke Indonesia.

Kawasan wisata yang satu ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki pantai yang cantik dan menyajikan pesona keindahan bawah lautnya. Namun demikian, eksotisme dari Raja Ampat rupanya tak hanya dari keindahan alamnya saja terutama ekosistem lautnya.

Tahukah kamu Takaiter, bahwa destinasi wisata yang satu ini juga menyajikan berbagai souvenir khas yang tak hanya unik tetapi juga filosofis yang tak boleh kalian lewatkan.

Mengunjungi ke suatu tempat rasanya memang tak akan lengkap tanpa menemukan kekhasan dari daerah tersebut. Inilah mengapa buat kalian yang lagi merencanakan liburan ke kawasan timur Indonesia sebaiknya jangan sampai melewatkan untuk berbelanja berbagai souvenir khas dan unik dari Raja Ampat.


Ukulele, Tifa, dan Seruling, souvenir khas yang unik dari Raja Ampat

Souvenir Khas papua
Foto : twimg.com

Buat kalian yang memiliki kesenangan main musik, saat berkunjung ke Raja Ampat, kalian sebaiknya tak melewatkan untuk memilih beberapa jenis alat musik sebagai souvenir. Kalian bisa beli ukulele yang mirip gitar tapi memiliki ukuran lebih kecil, tifa yang merupakan alat musik sejenis gendang, ataupun seruling yang memiliki suara unik.

Patung Suku Asmat, kerajinan tangan asli Bumi Cendrawasih

Souvenir Khas
Foto : viva

Suku asmat dikenal sebagai salah satu suku yang memiliki selera seni tinggi terutama di bidang seni ukirnya. Suku yang mendiami Bumi Cenderawasih ini telah membuat patung asmat sebagai kesenian yang memang digemari sejak dulu kala.

Patung hasil seni ukir Suku Asmat ini pun memiliki keunikan tersendiri sehingga tak heran banyak orang yang menjadikan kerajinan tangan asli Papua ini sebagai salah satu souvenir khas yang wajib diburu saat datang ke Papua termasuk Raja Ampat.

Pilihan Editor



Topeng khas Raja Ampat yang unik dan filosofis

Souvenir Khas
Foto : 2.bp.blogspot.com

Souvenir khas Raja Ampat yang unik lainnya adalah topeng khas Raja Ampat. Topeng ini memiliki filosofi mendalam yang mana menggambarkan bagaimana orang Papua serta kebudayaannya. Ukuran topeng itupun tidak biasa yang bisa mencapai tiga kali muka orang dewasa. Keunikan lain dari topeng khas Raja Ampat adalah posisi hidung dan matanya.

Menemukan topeng-topeng unik dan filosofis tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. kalian bis amengunjungi toko-toko souvenir yang menyediakan berbagai oleh-oleh unik dan khas dari raja Ampat. Harga topeng tersebut kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta. Harga tersebut sebanding dengan keunikan yang dimiliki topeng tersebut dan sangat kental dengan sentuhan budaya timur Indonesia.

Tas Noken, tas unik khas Papua

Souvenir Khas papua
Foto : 4.bp.blogspot.com

Salah satu souvenir khas dari Raja Ampat yang juga sangat layak untuk masuk daftar belanja Anda saat liburan ke Papua adalah tas noken. Tas unik dan khas dari Papua ini memiliki keunikan tersendiri.

Bagi warga setempat, cara memakai tas noken berbeda dengan kebanyakan orang memakai tas. Masyarakat Papua memakai tas tersebut dengan mengalungkan di kepala. Selain cara memakainya yang unik, tas noken pun memiliki desain dan model yang tak kalah unik. Boleh lah buat bikin kalian tampil beda sepulang dari raja Ampat nanti.

Batik Raja Ampat, bukti keberagaman kain batik Indonesia

Souvenir Khas papua
Foto : tabinaco.net

Kain batik merupakan salah satu kain khas dari Indonesia yang mana duniapun telah mengakuinya. Hampir tiap daerah yang ada di Indonesia memiliki keunikan dan kekhasan dari motif batiknya. Demikian juga Raja Ampat yang menawarkan batik unik dengan keberagaman dan keindahan bawah lautnya sebagai kekhasan dari motif batiknya. Inilah mengapa saat Takaiters  berkunjung ke Raja Ampat,  jangan lupa belanja batik Raja Ampat sebagai oleh-oleh.


Ternyata Papua memiliki banyak sekali oleh-oleh atau souvenir unik dan khas ya. Buat Takaiters yang lagi pingin liburan ke Raja Ampat, jangan lupa sekalian berburu berbagai souvenir khas Raja Ampat yang unik juga filosofis.