Hallo, Takaiters!

Pastinya menyenangkan ketika berkesempatan untuk menikmati liburan ke berbagai belahan dunia. Bertemu dengan orang-orang baru, kebudayaan baru, suasana baru, pemandangan baru, festival unik di negara tersebut, dan berbagai hal lain yang memberikan pengalaman menarik selama perjalanan tersebut.

Meskipun terlihat seru dan menyenangkan, bukan tak mungkin bahwa kunjungan ke negara-negara lain tersebut menjadi hal yang tak sesuai dengan ekspektasi. Terlebih ketika yang dipilih adalah destinasi liburan mainstream yang akan membuat kesan liburan terasa biasa saja dan bahkan membosankan.

Biar perjalanan ke berbagai negara tidak menjadi hal yang kurang berkesan, tak ada salahnya kamu memilih untuk berlibur saat perayaan festival unik di beberapa negara. Jadi, tak ada salahnya kalian mulai mencatat jadwal beberapa festival seru dari berbagai belahan dunia yang bisa jadi destinasi liburan yang seru dan menyenangkan.

Festival Up Helly-AA, Festival Unik di Skotlandia

Foto: merdeka.com

Festival ini merupakan festival Viking yang diselenggarakan di Skotlandia setiap tahun. iniĀ  merupakan salah satu perayaan legendaris yang berlangsung dengan sangat meriah pada bulan Januari.

Dalam perayaan festival ini, orang-orang berkumpul dengan berdandan menggunakan pakaian perang Viking. Tak hanya itu saja, mereka juga menyanyikan lagu para pelaut dengan serempak serta membakar perahu yang dikemas dalam aksi teaterikal yang sangat menakjubkan.

Festival ini diadakan di sekitar kota kecil Lerwick dengan tujuan untuk merayakan berakhirnya musim Yule.

Festival Hakada Matsuri, Festival Semi Telanjang di Jepang

Foto: tenplay.com.au

Ya, setiap negara memang memiliki keunikan tersendiri termasuk festival yang digelar. Demikian juga di Jepang yang memiliki festival unik bernama Hakada Matsuri. Festival ini diikuti oleh ribuan cowok yang hanya mengenakan fundashi atau mawashi semacam kain untuk menutupi kemaluannya. Para cowok tersebut berkumpul di Okayama, Jepang.

Festival ini semakin terasa gila bukan hanya karena pesertanya yang semi telanjang tetapi perayaan ini diadakan pada bulan Januari atau Februari ketika musim dingin tiba. Rupanya festival ini merupakan salah satu ritual agama Shinto. Pada perayaan tersebut para cowok akan memperebutkan jimat yang dilempar oleh pemuka agama. Festival ini mungkin unik tapi sekaligus agak berbahaya, ya.

Bermain warna pada Festival Holi Color di India

Foto: youtube.com

Menyaksikan pesta Holi di India di film-film sepertinya seru, ya. Nah, buat kamu yang memang ingin menikmati liburan pada bulan Maret mendatang, tak ada salahnya mengagendakan buat jalan-jalan ke India. Kamu bisa menikmati meriah dan serunya festival Holi Color.

Di sana kamu bisa bebas bermain warna-warna pada para peserta lainnya. Bahkan, buat pecinta fotografi, keindahan warna pada festival ini bisa jadi obyek yang sangat menarik untuk diabadikan.

Menikmati Festival Lentera Terapung di Hawai

Foto: kabaralamkita.blogspot.com

Hawai juga memiliki festival unik yang layak buat dinikmati yaitu festival lentera terapung yang diadakan sekitar bulan Mei. Pada festival tersebut ada lebih dari 40 ribu orang berkumpul di tepi laut Hawai untuk menghanyutkan ibuan lentera.

Keunikan dari festival ini tak hanya adanya lentera yang terapung di lautan, tetapi pada setiap lentera tersebut terdapat tulisan yang berisi harapan untuk orang-orang yang mereka sayangi. Ini merupakan salah satu festival yang romantis di dunia sehingga tak heran bila sering masuk dalam agena film-film romantis.

Jadi, kalau ingin menikmati festival ini sebaiknya ajak juga pasangan, ya, biar makin romantis.

Serunya Festival Lumpur di Korea Selatan

Foto: brilio.net

Salah satu pesona Korea Selatan yang cukup hits adalah Pulau Jeju. Namun, kamu bisa mencoba menikmati sisi lain dari negeri gingseng tersebut. Kamu bisa mengunjungi Boryeong pada bulan Juli untuk menikmati festival lumpur bersama warga lokal.

Meskipun harus kotor dengan berkubang di lumpur, kamu akan merasakan serunya kebersamaan saat festival tersebut. Berani kotor?

Festival Unik di Wales setiap Agustus

Foto: serupadia.com

Selama ini, kamu pastinya sudah sangat biasa menyelam di laut. Mau mencoba sensasi menyelam yang berbeda? datanglah ke Llanwrtyd Wells, Wales, pada bulan Agustus mendatang untuk menikmati serunya festival kejuaraan menyelam di selokan penuh lumpur.

Peserta kejuaraan ini rupanya datang dari berbagai negara. Peserta festival harus menyelam di selokan sepanjang lebih dari 100 meter. Ayo, siapa yang berani ikutan juga?

La Tomatina di Spanyol

Foto: serupadia.com

Masyarakat Spanyol memiliki tradisi unik untuk merayakan bulan panen yaitu dengan menggelar La Tomatina atau festival lempar tomat di jalanan Bunol, Spanyol pada bulan Agustus.

Untuk menikmati keseruan festival saling lempar tomat ini, peserta disarankan untuk mengenakan pakaian berwarna putih yang akhirnya berakhir dengan baju yang menajdi merah akibat terkena tomat.

Festival ini memang tak gratis tetapi biaya itu cukup sebanding dengan keceriaan serta pengalaman tak terlupakan yang kalian dapatkan.

Sensasi Ngeri dalam Festival Kematian di Meksiko

Foto: blog.reservasi.com

Bagi kamu yang suka dengan sensasi kengerian, sebaiknya tak melewatkan festival kematian yang ada di Meksiko pada bulan November.

Pada festival ini, ada ratusan orang berkumpul di jalanan untuk merayakan kematian atas saudara-saudara ataupun orang kesayangan mereka yang lebih dahulu meninggal. Kebanyakan orang akan berdandan sebagaimana dandanan orang yang telah meninggal sambil mengenangnya bersama keluarga.

Ternyata ada banyak festival unik yang bisa dinikmati, ya. Bolehlah kalian mulai nabung untuk menikmati festival-festival tersebut.