tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang
Artikel

Jangan ke Jepang Deh, Kalau Kamu Belum Tahu 7 Hal Ini. Beneran!

Foto : wajibbaca.com

Negara matahari terbit nggak hanya memiliki puluhan film animasi yang super keren, koleksi Manganya yang bikin addicted, atau bunga sakuranya yang begitu cantik. Kegigihan dan etos kerja masyarakatnya menjadi ciri khas tersendiri yang sangat menarik.

Negara yang pernah menjajah Indonesia selama tiga setengah tahun ini, rupanya menjadi destinasi wisata yang cukup menarik perhatian orang Indonesia lho. Kalau nenek kakek kita dulu sangat takut dengan orang Jepang, kayaknya hal ini nggak berlaku lagi untuk generasi kita ya, Takaiters! Buktinya, makin banyak aja tuh turis Jepang yang berlibur ke sini, atau justru orang Indonesia yang melancong ke negeri ninja itu.

Ngomong-ngomong soal pelesiran ke Jepang, ada beberapa hal yang wajib kamu pahami, Guys! Seperti kita ketahui bersama, masyarakat Jepang terkenal sangat disiplin dan perduli dengan kebersihan. Nah, kalau nggak ingin mendapatkan perlakuan nggak menyenangkan karena dianggap nggak tahu sopan santun, kamu harus tahu dulu kebiasaan dan tata cara yang lazim berlaku di sana ya! Penasaran, langsung aja cus ke bawah ini ya.

1. Bersihkan meja setelah makan!

tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang

Foto : kolorit.ua

Kalau kebanyakan dari kita terbiasa pergi gitu aja setelah makan di restoran manapun di Indonesia, jangan pernah lakukan hal ini kalau kamu di Jepang. Terutama kalau kamu makan di restoran cepat saji ya. Hal ini karena pelayan yang ada di sana hanya bertugas melayani di dapur dan seputar meja saji saja. Jangan harap akan ada orang yang membersihkan meja tempat kamu makan.

PILIHAN EDITOR

Jadi, kamu harus membereskan sendiri semua peralatan makan yang telah selesai kamu pakai, termasuk meja, kursi, dan membuang sendiri sampahnya. Sering banget tuh kejadian, turis Indonesia yang melenggang pergi begitu aja setelah selesai makan. Aduh, malu-maluin deh!

2. Para pria boleh bersuara saat makan

tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang

Foto : kimchicardiffblog.wordpress.com

Sebuah kebiasaan unik di Jepang, adalah para pria boleh mengeluarkan suara-suara berisik saat makan. Jadi, jangan kaget kalau kebetulan kamu mendengar mereka mengeluarkan suara “sluurp” saat menyantap semangkuk sup atau makanan berkuah lainnya ya. Hal ini juga bisa menjadi salah satu bentuk pujian untuk mengungkapkan betapa nikmatnya sajian yang dihidangkan.

3. Kalau kamu perempuan, sebaiknya makanlah dengan tenang

tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang

Foto : laksani.com

Kalau cowok-cowok bebas bersuara saat makan, hal ini nggak berlaku buat kamu yang wanita ya, Ladies. Masyarakat Jepang memang menerapkan budaya dan kebiasaan yang cukup ketat kepada kaum perempuannya. Jadi, sebaiknya kamu jaga manner deh kalau lagi makan, usahakan seminimal mungkin mengeluarkan suara.

4. Jangan menusukkan sumpit ke dalam mangkuk nasi

tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang

Foto : viajejet.com

Bagi kita orang Indonesia yang nggak terbiasa makan menggunakan sumpit, mungkin nggak akan jadi masalah untuk meletakkan benda kecil itu di mana saja selama makan. Tapi lebih baik urungkan saja niat kamu untuk menancapkan sumpit di dalam mangkuk yang berisi nasi. Hal ini sangat tabu untuk dilakukan, sebab diidentikkan dengan menancapkan hio saat mempersembahkan sesajen untuk arwah leluhur mereka. Catet ya, never ever do this!

5. Tidak boleh mengambil makanan dari sumpit ke sumpit

tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang

Foto : smilenihongo.com

Mengambil makanan dari mangkuk dengan memakai sumpit sudah menjadi hal yang lumrah. Namun kamu nggak boleh mengoper makanan dari sumpit kamu ke sumpit orang lain dan sebaliknya. Dalam filosofi Jepang, hal ini bisa diasosiasikan dengan prosesi pengambilan tulang dari sisa jenasah yang dikremasi menuju ke tempat penyimpanan tulang. Wah, dalam banget ya maknanya.

6. Tidak boleh memukul-mukulkan sumpit ke mangkuk nasi, atau menaruh sumpit di atas mangkuk yang masih ada isinya

tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang

Foto : okezone.com

Masih soal sumpit. Jangan sekali-kali memukul-mukulkan sumpit kamu ke mangkuk atau cawan nasi, dan hindari pula menaruhnya di atas mangkuk yang masih ada isinya. Kamu hanya boleh melakukan hal ini sebagai pertanda sudah selesai makan. Kalau kamu masih ingin melanjutkan makan, maka sumpit harus diletakkan di pinggir cawan.

7. Tidak boleh berisik di tempat umum

tata krama yang lazin dilakukan di orang jepang

Foto : gnst.jp

Orang Jepang sangat menghargai privasi orang lain. Karena itu, kamu nggak akan menemui orang yang berisik atau berbicara terlalu keras di ruang publik. Beda banget dengan kebiasaan orang Indonesia yang gemar “nyablak” ya. Nah, saat lagi di lift, kendaraan umum, atau di restoran, kita tetap boleh kok berbicara, mengangkat telepon dan lain-lain. Tapi usahakan untuk bersuara dengan pelan dan nggak mengganggu orang lain ya, Guys.

Gimana, yakin sanggup menaati 7 kebiasaan unik di atas? Kalau emang sanggup, tunggu apa lagi? Buruan terbang ke sono, gih!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top