Pernahkah kamu menghitung dalam satu hari, berapa jam waktu yang kamu habiskan untuk menatap layar smartphone? Mengecek email, ber-whatsapp, posting foto terbaru di social media, membaca berita atau sekedar melihat update terkini dari peristiwa setiap hari. Meskipun smartphone sudah menjadi bagian penting dalam keseharian kita, namun ada beberapa kegiatan yang jauh lebih baik dilakukan tanpa smartphone, lho! Mau tahu? Yuk, intip satu per satu.

1. Saat Kamu Berkendara

Himbauan ini pasti sudah sering kamu dengar. Tapi sayangnya, masih sering diabaikan. Terkadang isi smartphone seolah membuai penggunanya. Maksud hati hanya lihat smartphone sebentar, namun kamu bisa terbuai asik berbalas-balasan pesan singkat. Jika kamu senyum-senyum sambil lihat smartphone saat berkendara, itu tandanya kamu harus meletakkan ponselmu dan fokus berkendara dulu. Namun jika darurat, menepilah sejenak.

2. Saat Kamu Berjalan

Berjalan sambil sibuk memencet tuts ponsel bisa mengganggu pejalan kaki yang lain. Tak jarang saat bermain ponsel, langkah terhenti karena lebih fokus kepada ponsel, bukan pada jalannya. Padahal, umumnya berjalan tak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tujuan. Namun jika dibarengi main ponsel, jalan akan lebih lambat. Selain itu, kamu berisiko tertabrak orang lain atau tersandung karena tak melihat jalan.

3. Saat Kamu Reunian

1.. 2.. 3.. klik, share to social media, sudah menjadi hal yang lumrah saat reuni. Namun sebenarnya kamu tak perlu lakukan itu, karena teman-temanmu pasti sudah melakukannya. Cukup berfoto menggunakan smartphone salah satu temanmu, lalu bisa di-share ke grup chat. Bila semua orang sibuk berfoto dan upload foto, makna reuni yang sesungguhnya akan meluntur. Bukannya bertukar cerita, malah sibuk berkirim foto.

4. Saat Nonton Film di Bioskop

Saat nonton di bioskop, tentu kamu ingin menikmati keseluruhan film, kan? Mulai dari lakon sang bintang pujaan, hingga sound effect-nya. Melihat ke ponsel terus-menerus selama film diputar akan membuatmu merugi. Cerita di film yang kamu tonton tidak akan menempel di ingatan kamu. Kamu bisa terlewat adegan-adegan penting di film, dan akhirnya kamu tidak mendapatkan kepuasan maksimal saat menonton.

5. Saat Pijat atau “nyalon”

Disadari atau tidak, sibuk bermain smartphone ketika kamu dipijat akan mengurangi relaksasi tubuh yang kamu harapkan. Salah satu manfaat pijat adalah melenturkan otot-otot yang kaku akibat kelelahan. Untuk mendapatkan manfaat optimal saat pijat, sebaiknya kamu memejamkan mata dan mengistirahatkan pikiran, bukan sambil bermain smartphone.

6. Saat Ingin Tidur

Mengantuk merupakan sinyal bagi tubuh untuk beristirahat. Di saat itulah kamu perlu tidur yang berkualitas demi memperoleh energi baru keesokan harinya. Jangan abaikan rasa kantukmu; segeralah beristirahat. Hindari bermain ponsel saat ingin tidur, karena itu hanya akan membuat kamu semakin ‘melek’. Bermain ponsel sebelum tidur berarti memaksa otak untuk bekerja lagi, dan dapat menyebabkan kelelahan otak. Selain itu, main ponsel sebelum tidur juga bisa menyebabkan kerusakan mata, karena retina mata kamu bisa tegang jika terlalu lama menatap layar ponsel.

Percayalah, sesekali meninggalkan smartphone tidak akan membuat kamu kehilangan hal-hal penting. Justru kehidupan di sekitar kamu akan lebih bermakna jika kamu tidak terlalu fokus pada ponselmu. Kamu bisa lebih memperhatikan keluarga atau orang sekitar. Setuju?