Pernakah kamu merasa jenuh? Jangankan baca buku atau belajar, mungkin sebagian dari kamu bahkan ada yang jenuh melakukan hal-hal yang biasanya kamu sukai. Bisa jadi kamu yang biasanya semangat mainkan beberapa games di smartphone tiba-tiba malas. Pokoknya kamu tidak mau melakukan hal apapun, jika itu terjadi, sepertinya kamu sedang berada pada titik-titik kejenuhan.

Rasa jenuh, jika dibiarkan akan sangat merugikan, kamu menjadi tidak efektif, banyak bengong dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ketika rasa jenuh melanda, kamu jangan membiarkannya terus berlangsung, Segera lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Evaluasi Diri

Foto: pexels

Coba kamu evaluasi dari 24 jam waktu yang ada, digunakan untuk kegiatan apa saja? Apakah berjam-jam dilakukan hal yang sama? Misalnya jika kamu main games dalam sehari berjam-jam dan telah dilakukan beberapa tahun, pasti jenuh dong. Ini berarti kamu harus mengurangi waktu yang digunakan untuk melakukan hal yang bikin bosan.

2. Buat Jadwal Kegiatan

Foto: rentreporters.com

Setelah kamu menemukan kegiatan yang selama ini bikin bosan, coba buat jadwal kegiatan harian dan mingguan. Buat jadwal yang variatif, kapan kamu mengulang pelajaran, baca buku fiksi dan membereskan kamar. Kapan dan berapa lama kamu menggunakan smartphone, termasuk menjawab pesan-pesan yang masuk. Setelah membuat jadwal, coba baca ulang deh, kira-kira apa yang terlewat? Jangan lupa luangkan waktu kamu untuk bersosialisasi dan jalan-jalan.

3. Olah Raga

Foto: pexels.com

Manfaat olah raga sudah tak perlu diragukan lagi. Selain membuat tubuh lebih bugar banyak manfaat lain, misalnya menyehatkan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, membuat tidur lebih berkualitas, meningkatkan kinerja dan daya tahan otot, olah raga juga membuat suasana hati senang.

Untuk mencari suasana yang berbeda kamu bisa mencoba olah raga lain selain olah raga kesukaanmu. Misalnya, jika kamu hobi bermain bola basket, sesekali selingin dengan badminton atau berenang.

4. Bersosialisasi

Foto: pexels.com

Manusia, selain sebagai makhluk pribadi juga makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang lain.

Coba masukkan dalam jadwal kegiatan kamu bersilaturrahmi atau bersosialisasi dengan saudara-saudara, sepupumu misalnya. Dengan teman di sekitar rumahmu atau bahkan dengan paman atau kakek nenek. Melalui silaturrahmi ini dijamin banyak pelajaran yang dapat kamu ambil.

Pilihan Editor


5. Melakukan Kegiatan Baru

Foto: pexels.com

Jika kamu misalnya tak suka membaca buku, tak ada salahnya jika mulai untuk menyukainya. Tapi jangan salah ya, kamu tidak akan tiba-tiba menyukai membaca jika tak dibiasakan membaca. Jadi langkah pertama, masukkan dalam jadwal, kegiatan membacamu.

Coba luangkan waktu untuk membaca buku setiap hari. Awalnya memang berat, namun jika sudah dilaksanakan secara rutin, membaca akan menjadi kebiasaan dan kebutuhan. Siapa tahu dari hoby barumu ini bisa mendatangkan rupiah, kamu bisa saja menjadi penulis. Masih banyak kegiatan lain yang dapat kamu lakukan, misalnya jalan-jalan mengenal bagian-bagian bersejarah dari kotamu.

6. Tanamkan Cita-Cita

Foto: pexels.com

Orang yang berhasil adalah mereka yang memiliki cita-cita. Cita-cita merupakan bagian dari pandangan hidup manusia, yaitu sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Cita-cita adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran.

Manusia tanpa cita-cita bagaikan seseorang yang sedang tersesat tanpa tujuan yang jelas. Jika kamu memiliki cita-cita yang jelas dan fokus untuk meraihnya, maka apa yang kamu lakukan pasti adalah hal-hal yang mendukung cita-citamu terwujud. Rasa jenuh tak akan terjadi pada mereka yang tetap fokus dalam meraih target-target dalam hidupnya,

7. Berdoa dan Aktivitas Rohani

Foto: prayerinislam.com

Jangan remehkan kekuatan doa, apalagi doa kedua orangtua. Tentunya selain kekuatan doa orang tua yang kamu harapkan, kamu sendiri juga harus memohon Kepada Yang Maha Kuasa agar senantiasa diberikan bimbingan dan petunjuk dari setiap langkahmu.

Aktivitas rohani lainnya misalnya untuk umat Islam membaca dan Memahami Al-Quran, mengikuti kegiatan ceramah- ceramah yang disampaikan para ustaz, tak jarang dari kegiatan menyimak ceramah ini dapat memberikan motivasi dan menjadi inspirasi kamu.

Itulah tujuh tips jika jenuh melandamu. Selamat mencoba tips di atas dan tetap semangat.