Hai, Takaiters!

Apakah kamu sedang tidak bersemangat menjalani hidup? Atau sedang tidak semangat maraih mimpi? Yap, kamu perlu melihat sosok anak ini, ya, Guys! Meski memiliki keterbatasan fisik, tak membuat anak 9 tahun ini tak bersekolah. Meski harus merangkak sejauh tiga kilometer, tak mengurangi sedikitpun semangatnya untuk meraih cita-cita. Cita-citanya sangat mulia, kelak ia ingin menjadi petugas pemadam kebakaran demi membantu sesama.

Muklis Abdul Kholik

Muklis Abdul Kholik
Foto: news.detik.com

Bocah kelas tiga SD ini, berasal dari kampung Cikiwul Tongoh RT 1 RW 1 Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak kabupaten Sukabumi Jawa Barat, bernama Muklis Abdul Kholik. Anak ini biasa dipanggil Adul. Meski tak bisa berjalan normal seperti anak-anak normal lainnya, ia tetap gigih berangkat ke sekolah. Bahkan ia juga bisa melintasi jembatan kayu tanpa bantuan siapapun.

Ke sekolah sejauh 3 km itu harus ia tempuh dengan cara merangkak

Muklis Abdul Kholik
Foto: news.detik.com

Ketika hendak berangkat ke sekolah, Adul harus menyiapkan semuanya dengan matang. Mengingat medan juang untuk berangkat ke sekolah sejauh 3 km itu harus ia tempuh dengan cara merangkak. Juga infrastruktur dari rumah ke sekolah yang kurang bersahabat untuk anak penyandang difabel seperti dirinya.

Dengan segala keterbatasannya, Adul bersekolah dengan semangat membara. Semangatnya ini membuat bangga kedua orang tua dan guru-gurunya di SDN 10 Cibadak, Sukabumi Jawa Barat. Guru-gurunya tidak pernah membeda-bedakan Adul dengan siswa lainnya.

Semangatnya membuat ia mampu bersaing dengan siswa lain

Muklis Abdul Kholik
Foto: news.detik.com

Bukan hal yang mudah bagi seorang anak penyandang difabel untuk mengerjakan aktivitas seperti anak normal lainnya. Tetapi tidak buat Adul, anak kelas tiga SD ini patut kita tiru semangatnya. Semangatnya itu bisa menutupi segala kekurangannya. Bahkan, ia juga bisa bersaing dengan siswa lain pada pelajaran olahraga. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan pandai bergaul dengan teman-temannya.

Nah, Takaiters, kisah Adul sempat viral di berbagai media lantaran semangatnya bersekolah. Kisah ini bisa menjadi inspirasi kita ya, Guys! Betapa malunya kita yang dianugerahi fisik yang normal, tetapi kita bermalas-malasan. Jika kita sedang tidak bersemangat meraih mimpi, marilah kita ingat kembali kisah Adul, bagaimana semangatnya memperjuangkan mimpinya menjadi seorang petugas pemadam kebakaran. Meski dalam keterbatasan, ia tetap ingin membantu sesama.