Hai, Takaiters!

siapa, nih, yang sedang menunggu jodoh? Sebaiknya kamu berdoa di tempat terkabulnya doa enteng jodoh. Yup! Dialah Jabal Rahmah yang ada di negara Arab Saudi.

Jabal Rahmah, bukit batu setinggi 70 meter ini diyakini sebagai tempat bertemunya kembali manusia pertama di bumi, Adam dan Hawa setelah mereka dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke bumi, lalu terpisah akibat memakan buah terlarang yang ada di surga. Konon kabarnya Adam diturunkan di India dan Hawa di Irak. Adam yang merasa hampa tanpa Hawa dan begitu juga sebaliknya akhirnya dipertemukan di bukit ini setelah ratusan tahun memohon ampunan Allah SWT.

Terletak di timur Padang Arafah di Kota Mekkah, bukit ini pasti dikunjungi para jamaah yang melakukan ibadah haji dan umroh meskipun tidak diwajibkan, khususnya jamaah asal Indonesia. Tak jarang para pengunjung menuliskan nama mereka beserta pasangan di bebatuan yang ada disana dengan harapan cinta mereka abadi dan sejati layaknya Adam dan Hawa. Tidak sedikit pula yang melakukan ibadah salat dan berdoa di sini karena tempat ini juga disebut-sebut sebagai tempat terkabulnya doa, khususnya doa enteng jodoh.

Jabal Rahmah, sesuai dengan kosa katanya berarti bukit kasih sayang

Foto: umrohpurwodadi.com

Sesuai dengan kosa katanya, Jabal Rahmah berarti bukit kasih sayang. Nama tersebut diambil sesuai dengan cerita pertemuan Adam dan Hawa yang jika terjadi di abad ini mungkin akan menjadi kisah cinta paling kontroversial karena terpisahkan jarak dan waktu yang tidak tanggung-tanggung.

Tidak sulit mencapai puncak bukit berbatu ini karena pemerintah setempat sudah menyediakan fasilitas yang cukup baik berupa 168 buah anak tangga. Setelah 15 menit menaiki anak tangga, pengunjung akan tiba di puncak bukit di mana terdapat sebuah monumen setinggi 1,8 meter yang merupakan titik tempat bertemunya Adam dan Hawa. Dari puncak Jabal Rahmah ini pula pengunjung disuguhi pemandangan indah nan menyejukkan mata yaitu pemandangan Padang Arafah.

Pilihan Editor


Unta Hias Jabal Rahmah

Foto: umrahkuyangbest.blogspot.com

Setelah turun dari Jabal Rahmah, pengunjung bisa wisata menaiki unta hias yang cantik. Para pemilik unta hias ini biasanya akan mendatangi pengunjung untuk menawarkan jasanya. Biasanya unta-unta tersebut merupakan milik orang arab badui yang hidup nomaden. Mereka lebih suka tinggal di tenda dibandingkan didalam rumah-rumah yang sudah disediakan pemerintah Arab Saudi.

Turis Indonesia adalah penyumbang terbesar devisa negara Arab Saudi. Tak heran jika para pemilik unta ini bisa berbahasa Indonesia dan menawarkan harga lima real diawal. Banyak turis tertipu dengan tawaran ini. Karena dirasa cukup murah, para turis yang tidak tahu biasanya langsung saja menaiki unta dan berkeliling Jabal Rahmah. Tidak ketinggalan si pemilik unta mengambil foto turis dengan kamera langsung jadi miliknya. Jika sudah begitu perjalanan pun akan berakhir tragis karena turis diminta membayar lebih mahal.

Lima real yang ditawarkan pemilik unta diawal hanyalah harga untuk menaiki unta. Ingat! Hanya naik sebentar lalu turun, bukan untuk jalan-jalan mengelilingi Jabal Rahmah. Sedangkan harga jalan-jalan dengan unta itu sendiri dihargai 80 real, biaya foto 10 real per lembarnya. Takaiters, jangan sampai kamu tertipu saat mengunjungi tempat ini.

Jadi, jika kamu ingin jalan-jalan mengelilingi Jabal Rahmah dengan menaiki unta cantik ini ataupun hanya sekedar berfoto dengan unta, negosiasikan harga diawal dengan pemilik unta. Jangan sampai kamu diperas pemilik unta yang tidak jujur diawal itu.

Terdapat Penjual Souvenir di Sekitar Jabal Rahmah

Foto: www2.kemenag.go.id

Di lokasi ini juga banyak yang menjual souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Sekali lagi kamu harus berhati-hati dan pintar-pintar menawar karena banyak barang murah asal Cina yang dijual di sini. Jika kamu tidak jeli, kamu bisa tertipu membeli barang tidak berkualitas dengan harga mahal.

Bagi kamu yang masih jomblo, tidak ada salahnya datang ke sini dan memohon dipertemukan dengan pasanganmu. Siapa tahu doamu terkabul dan langsung bertemu dengan Hawa ataa Adam-mu.