Hollaa Takaiters,

Tahukah kamu bahwa tanaman herbal di Indonesia memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, terutama dalam hal pengobatan. Tentu ini menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang yang memanfaatkan tanaman herbal untuk dijadikan obat alami bagi tubuh.

Di Indonesia berbagai macam jenis tanaman herbal bisa kita temukan dengan mudah, apalagi di perkampungan atau di desa banyak sekali tanaman liar yang sebetulnya bermanfaat dan berkhasiat untuk dijadikan sebagai obat, namun ketidaktahuan masyarakat akan hal tersebut menjadikan tanaman herbal tersebut hanyalah rumput liar.

Foto : satuharapan.com

Salah satu tanaman yang bisa dijadikan obat herbal adalah adalah Ki Tolod atau nama latinnya dikenal dengan Isotoma Longoifora. Tanaman Ki Tolod ini biasa digunakan sebagai obat mata katarak. Jenis tanaman ini memiliki daun panjang bergerigi bagian pinggirnya, berbunga setangkai berwarna putih panjang.

Pilihan Editor



Pemanfaatan tanaman Ki Tolod untuk mengobati mata katarak adalah dengan menyiapkan bunga Ki Tolod sebanyak 3 atau 5 tangkai yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, masukan kedalam gelas yang berisi air bersih, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Ambil bunga tersebut dan teteskan ujung tangkai bunga Ki Tolod pada bagian mata yang mengalami sakit, masing-masing 2 tetes.

Efek yang dhasilkan adalah mata akan terasa perih dan sepat, dan itu hanya sebentar. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari. Jika dilakukan secara rutin, maka katarak kamu akan sembuh, obat mata katarak dari Ki Tolod ini sangat bekhasiat dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Gimana Takaiters, tertarik untuk mempraktekkannya dirumah.