Naik haji bagi yang mampu termasuk rukun islam yang kelima. Penyelenggaraannya terus berkembang dari tahun ke tahun. Rukun islam yang satu ini sejak dulu menjadi idaman setiap insan muslim yang merindukan berziarah ke Baitullah.

Bayangkan, dulu sebelum adanya transportasi pesawat terbang, hanya kapal laut yang menjadi satu-satunya pilihan para jemaah haji menuju tanah suci. Dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Mekkah bisa memakan hingga 2 tahun penuh lho.

Selain itu, selama dalam perjalanan, para jemaah haji sering mendapat ancaman perompak, badai, penyakit dan kehabisan bekal. Tapi semua ujian tersebut tak menyurutkan niat mereka untuk pergi haji.

jemaah haji abad 19
Jemaah haji asal Solok ( Photo : Tipsiana )

Gambar diatas telah membuktikan bahwa jemaah haji asal Indonesia sejak dulu telah pergi berhaji. Foto tersebut merupakan hasil jepretan Christian Snouck Hurgronje, seorang warga Belanda yang melakukan penelitian terhadap penyelenggaraan ibadah haji sekitar tahun 1880-an.

Pilihan Editor

Dengan berbekal kamera, Christian berangkat ke Konsulat Jenderal Belanda di Jeddah dan mulai mengabadikan berbagai pemandangan yang ia temui. Salah satu yang menarik perhatiannya yakni para jamaah calon haji yang berasal dari Indonesia.

Oh iya, Foto-foto jemaah haji asal Indonesia dimunculkan pada pameran bertajuk Hajj – The Journey Through Art, di the Museum of Islamic Art (MIA) Doha, Qatar beberapa waktu lalu. Berikut beberapa deretan foto langka para jemaah haji asal Indonesia selama dalam perjalanan menuju tanah suci Mekkah pada tahun 1880-an.

jemaah haji abad 19
Jemaah Haji Jepara  ( Photo : Tipsiana )

 

jemaah haji abad 19
Jemaah Haji Malang dan Pasuruan ( Photo : Tipsiana )

 

jemaah haji abad 19
Jemaah Haji Maluku ( Photo : Tipsiana )

 

jemaah haji abad 19
Jemaah Haji Palembang ( Photo : Tipsiana )