Dengan semakin majunya teknologi dalam hal transportasi banyak dari beberapa negara-negara maju di dunia seperti Swedia, Tiongkok, Amerika Serikat, dan masih banyak negara lain yang sudah membangun subway atau lebih dikenal dengan istilah “stasiun bawah tanah” yang didesain sangat artistik dan terlihat sangat keren.

Ini semua berkat polesan para tangan-tangan keren arsitektur dunia dan para seniman dunia yang membuat para penumpang kereta di stasiun bawah tanah tersebut tidak kabur alias betah berlama-lama di Stasiun tersebut, berkat sensasi nyaman dan juga keindahan yang ditawarkannya. Mau tahu? Stasiun mana saja yang berpredikat sebagai “stasiun bawah tanah paling keren di dunia”. Simak yuk informasinya berikut ini.

1. Shangai Bund Sightseeing Tunnel, Tiongkok

Stasiun Bawah Tanah Paling Keren di Dunia
Foto : designedbynatalie.wordpress.com

Stasiun bawah tanah ini berlokasi di Shangai, Tiongkok. Banyak yang mengatakan stasiun bawah tanah  satu ini lebih mirip seperti fasilitas virtual ketimbang sebagai fasilitas transportasi massal,  kok bisa ya? Hal ini dikarenakan sensasi keindahan sedang menaiki kereta dan melintasi terowongannya.

Pilihan Editor

Saat menaiki kereta, kamu akan diberikan waktu sekitar 3-5 menit untuk menikmati keindahan terowongan yang didesain transparan, serta tampilan yang 360 derajat yang akan memanjakan mata. Kerlap-kerlip lampu terowongan ditambah dengan seni lukis berkelas akan menambah keindahan area terowongan tersebut.

Selain menjadi salah satu stasiun bawah tanah paling keren di dunia, stasiun bawah tanah ini juga dijadikan destinasi wajib bagi para wisatawan lokal mapupun mancanegara ketika mereka berkunjung ke Shangai, Tiongkok. Kamu akan dikenakan biaya sebesar 50 yuan/orang untuk perjalanan one way dan 60 yuan/orang untuk round trip alias pulang-pergi.

2. Munich u-bahn, Jerman

Stasiun Bawah Tanah Paling Keren di Dunia
Foto : pinterest

Mulai beroperasi pada tahun 1972, saat ini stasiun bawah tanah ini sudah melayani hingga 98 rute tujuan di Kota Munich, Jerman. Stasiun ini didesain sangat indah dengan berbagai ornamen-ornamen warna-warni cat yang menghiasi dinding stasiun, serta alas lantai yang berwarna-warni pula.

Jadi nggak salah kan? Jika stasiun bawah tanah di Munich ini berpredikat sebagai stasiun bawah tanah paling indah di dunia. Lihat saja buktinya gambar diatas, keren bukan?

3. Tokyo Metro Station, Jepang

Stasiun Bawah Tanah Paling Keren di Dunia
Foto : kaorinusantara.or.id

Tidak salah, jika Tokyo Jepang menjadi salah satu kota paling maju di dunia, selain sebagai ibu kota Jepang, Tokyo juga sering dijadikan sebagi pusat hiburan bagi para wisatawan mancanegara.

Tokyo Metro Station, Jepang ini menjadi salah satu destinasi keren yang wajib Kalian kunjungi di Tokyo, Jepang. Kenapa? Jika kamu berkunjung ke stasiun bawah tanah ini, maka kamu akan dimanjakan dengan bentuk bangunan modern stasiun tersebut, tetapi tetap mempertahankan gaya arsitektur klasiknya.

4. Bilbao Metro, Spanyol

Stasiun Bawah Tanah Paling Keren di Dunia
Foto : thebeautyoftransport.wordpress.com

Stasiun bawah tanah ini berada ko Kota Bilbao, Spanyol mulai beroperasi pada tahun 1995. Bangunan stasiun ini lebih seperti layaknya bandara internasional ketimbang stasiun kereta bawah tanah.

Desain bangunan stasiun ini sangat mewah yang dilengkapi fasilitas-fasilitas pendukung yang membuat para penumpang semakin betah berlama-lama di stasiun ini seperti pada gambar diatas layaknya sedang menunggu jadwal penerbangan pesawat bukan?

5. Kievskaya Moskow, Russia

Foto : demilked.com

Stasiun bawah tanah yang berada di Moskow, Russia ini sudah dibangun sejak tahun 1954. Didesain sangat unik dengan ornamen-ornamen emas, serta penggunaan batu marmer yang mendominasi bangunan ditambah dengan lampu-lampu gantung yang indah, sehingga memanjakan mata kamu semua yang melihatnya.

Yang paling uniknya lagi pada bangunan stasiun ini terdapat kesenian mural yang dibuat dengan mozaik. Kesenian tersebut menggambarkan hubungan harmonis antara Ukraina dan Russia. Jika diperhatikan lebih detail, stasiun ini memiliki bentuk bangunan layaknya sebuah kerajaan atau istana dengan ornamen-ornamen mewahnya.

Stasiun-stasiun bawah tanah paling keren di dunia diatas dibangun dan didesain oleh para arsitektur kelas dunia dengan menambahkan polesan tangan-tangan berbakat dari para seniman kelas dunia yang membuat bangunan stasiun bawah tanah tersebut makin sedap dipandang, dan membuat para penumpang nyaman dan semakin betah berlama-lama di stasiun bawah tanah tersebut.