Hollaa Takaiters ?

Tahun baru sudah di depan mata. Momen yang selalu di nanti-nantikan oleh banyak orang. Tinggal menghitung hari saja, kita akan menyambut tahun baru 2018. Dunia siap menyambut tahun baru 2018 dengan penuh sukacita. Perayaan penyambutan tahun baru sudah siap digelar di seluruh penjuru dunia.

Jika berbagai negara dipenjuru dunia menyambut tahun baru dengan mewah, lain halnya dengan 4 negara ini. Justru di negara ini malah melarang adanya perayaan tahun baru masehi. Hal ini terjadi karena mayoritas penduduk negara tersebut adalah muslim sehingga melarang perayaan tahun baru sebab tak sesuai dengan syariat islam.

Mau tau 4 negara tersebut? Yuk intip rangkumannya dibawah ini.


1. Somalia

negara yang melarang perayaan tahun baru
Foto : voanews.com

Yapptt,,Somalia. Negara yang memiliki penduduk yang nyaris 100 persen islam ini menghimbau rakyatnya untuk tidak merayakan tahun baru, sebab hal ini bertentangan dengan kebudayaan islam. Demi menjaga ketertiban, pasukkan keamanan akan dikerahkan untuk mencegah perayaan Natal dan tahun baru dalam bentuk apapun.

Pilihan Editor

2. Brunei Darussalam

negara yang melarang perayaan tahun baru
Foto : dronestagr.am

Ternyata di Brunei juga melarang acara penyambutan tahun baru loh. Sultan Hassanal Bolkiah, selaku Sultan ke-29 brunei, menerapkan larangan perayaan Natal dan tahun baru. Sebab kedua hal tersebut merupakan larangan dari syariat Islam yang telah menjadi hukum resmi di negara tersebut.

3. Tajikistan

negara yang melarang perayaan tahun baru
Foto : wikimedia.org

Negara yang mayoritas islam ini juga melarang masyarakat untuk merayakan tahun baru. Selain itu, Kementrian Pendidikan Tajikistan juga sudah mengeluarkan dekrit yang melarang peggunaan kembang api, petasan, makan meriah, pemberian hadiah dan mengumpulkan uang dalam rangka peringatan tahun baru.

4. Arab Saudi

negara yang melarang perayaan tahun baru
Foto : liputan6

Tak hanya beberapa negara diatas, di Arab Saudi perayaan natal dan tahun baru juga dilarang. Arab Saudi juga sudah mengeluarkan keputusan Mutawa – Komisi Kebijakan dan Pencegahan Kejahatan – untuk melarang perayaan Tahun Baru di negara tersebut. Pemerintah Arab Saudi juga melarang adanya toko menjual aksesori dan pernak-pernik yang berhubungan dengan tahun baru.


Itulah beberapa negara yang melarang perayaan tahun baru. Penolakan ini terjadi karena mayoritas penduduk negara tersebut adalah muslim sehingga melarang perayaan tahun baru sebab tak sesuai dengan syariat islam.