Halo, Takaiters!

Telur orak-arik adalah hidangan sejuta umat. Maksud dari  kalimat ini adalah, banyak orang, terutama kaum ibu  di dunia (termasuk di Indonesia) yang memilih hidangan orak-arik sebagai makanan wajib yang disajikan untuk sarapan maupun bekal sekolah. Teknik pembuatannya mudah dan dijamin anak akan menyukainya.

Kamu mungkin berpikir bahwa cara terbaik membuat telur orak arik adalah dengan menambahkan beberapa bumbu pelengkap, lalu mengaduknya di atas wajan.

Cara ini ternyata tidak berlaku bagi chef profesional seperti Gordon Ramsay, Jamie Oliver, dan Bobby Flay. Meski telur orak-arik termasuk dalam kategori makanan sederhana, tetapi para koki tersebut memiliki metode khusus untuk menghasilkan rasa yang lezat dan menggugah selera.

Dilansir dari Food Beast, berikut 3 tips sukses membuat telur orak-arik ala chef profesional dunia:

Orak-arik Telur Ala Gordon Ramsay

Foto: shared.com

Juri utama acara populer Masterchef US ini memiliki cara yahud untuk membuat telur orak-arik naik kelas. Gordon Ramsay sempat membocorkan trik ampuh untuk membuat telur orak-arik yang lezat.

Ia mengatakan bahwa salah satu poin terpenting saat membuat hidangan ini adalah menambahkan mentega saat sedang mengaduk telur. Ramsay juga menyarankan untuk menggerakkan wajan dan spatula secara bersamaan ketika hendak mengaduk telur.

Hidangkan telur orak-arik bersama roti panggang, dihias dengan taburan peterseli dan dilengkapi dengan tomat dan jamur panggang. Tentunya tidak ada pihak yang meragukan kelezatan orak-arik masakan Gordon Ramsay, bukan?

Pilihan Editor



Orak-arik Telur Ala Jamie Oliver

Foto: f–f.info

Koki yang satu ini menyuguhkan cara campur aduk yang seru banget. Jamie memaparkan tiga teknik sekaligus, yakni membuat orak-arik ala Inggris, Perancis, dan Amerika.

Untuk membuat telur orak-arik ala Inggris, ia mengaduk telur setiap 5 detik sekali dengan menggunakan suhu api sedang. Cara ini sangat ampuh untuk menciptakan tekstur telur yang lembut dan juicy.

Untuk versi Perancis, Jamie memasak telur di atas air mendidih. Proses ini membutuhkan kesebaran, namun menghasilkan tekstur telur yang lembut dan terlihat seperti bubur jagung.

Sedangkan untuk versi Amerika, pria berusia 41 tahun itu memperagakan teknik yang umum dilakukan setiap orang, yakni dengan menggorengnya di atas wajan bersuhu sedang, sambil sesekali mengaduknya.

Orak-arik Telur Ala Bobby Flay

Foto: mashable.com

Selain Ramsay dan Jamie, celebrity chef Bobby Flay juga turut memaparkan trik ampuh membuat telur orak-arik yang lezat. Ia menyarankan untuk tidak menambahkan garam sampai akhir proses memasak. Menurutnya, garam dapat mengganggu terciptanya curds atau dadih khas makanan tersebut.

Wah, sepertinya 3 teknik jempolan ini perlu dicoba dan dipraktekkan segera, ya. Selamat menyuguhkan telur orak-arik kelas Masterchef bagi keluarga!