Hai, Takaiters!

Iduladha merupakan momen istimewa yang juga dinantikan umat muslim seluruh dunia selain hari Lebaran. Orang-orang akan sibuk mencari dan  menyiapkan kambing maupun sapi terbaik untuk dikurbankan saat Iduladha. Selanjutnya, pemotongan dilakukan di masjid maupun rumah-rumah orang yang berkurban. Demikian adalah tradisi Iduladha di tanah air.

Hal tersebut tentu berbeda dengan di negeri orang. Sebab tiap negara memiliki tradisi unik perayaan Iduladha. Bagaimana kemeriahan hari raya kurban di luar negeri, ya? Berikut ulasannya.

Bangladesh

tradisi unik perayaan idul adha dari berbagai negara
Foto: boombastis.com

Jika di Indonesia mudik umumnya dilaksanakan ketika hari raya Idulfitri, warga Bangladesh justru banyak melakukannya saat Iduladha. Mereka rela berdesakan bahkan ada yang naik ke atap kereta hanya demi bisa mudik, guys. Bagi muslim Bangladesh, hari raya kurban merupakan saat istimewa dan penuh keberkahan, sehingga sebaiknya dilewatkan dengan berkumpul bersama keluarga. Kemeriahan hari raya kurban akan berlangsung selama tiga hari.

China

tradisi unik perayaan idul adha dari berbagai negara
Foto: boombastis.com

Tak kalah meriah dengan perayaan Iduladha di Indonesia, warga China merayakan Iduladha dengan berbagi hadiah serta makanan setelah salat Ied, di samping membaca ayat Alquran dan melantunkan kasidah. Kamu bisa merasakan hingar bingar hari raya kurban hingga hari keempat. Eh, kemeriahan tak sampai di situ saja, lho. Kamu pun dapat mengunjungi pasar kaget atau pasar dadakan di sana. Muslim etnis Hui di Ningxia, juga memiliki tradisi yang berbeda. Ada larangan bagi kaum hawa untuk salat Iduladha di masjid.

Pakistan

Image result for idul adha pakistan
Foto: eramuslim

Kalau kamu merayakan Iduladha di Pakistan, pasti sudah tidak heran melihat ada “ritual” memandikan hewan kurban sebelum disembelih. Selain itu, kamu juga akan menyaksikan hewan dihias dengan rangkaian kalung bunga dan pernak-pernik plastik nan cantik. Libur Iduladha di Pakistan berlaku selama empat hari.

Turki

Image result for idul adha pakistan
Foto: timeanddate.com

Turki memberlakukan libur hari raya kurban selama empat hari. Di negara ini, Iduladha disebut juga Baqri-Eid atau Festival Sapi. Wah, apa hanya sapi yang dikurbankan, ya? Eits … ternyata tidak, lho. Meski namanya Festival Sapi, tetapi hewan kurbannya tetap ada kambing serta domba.

Arab

tradisi unik perayaan idul adha dari berbagai negara
tradisi unik perayaan idul adha dari berbagai negara

Apabila di Indonesia hewan kurban umumnya ialah kambing maupun sapi. Lain halnya dengan Arab Saudi. Di negara tersebut, orang-orang lebih banyak memilih unta. Setelah pemotongan, maka pemerintah akan mendistribusikan hewan ke negara-negara Islam yang tergolong miskin misalnya, Asia Tengah atau Afrika.

Ternyata tradisi Iduladha di berbagai negara unik-unik, ya, guys! Semoga tahun ini kita bisa merayakan hari raya kurban bersama keluarga terkasih.