Siapa yang tak suka naik kereta api yang saat ini merupakan salah satu alat transportasi umum yang menjadi favorit masyarakat dari semua kalangan. Bahkan, di luar negeri telah berhasil mengoperasikan berbagai kereta api bermesin super sehingga mampu menempuh perjalanan ratusan kilometer hanya dalam jangka waktu 1-2 jam saja.

Hmm … Gimana, penasaran nggak sama kereta api bermesin super cepat ini? Berikut Takaitu akan memberikan ulasan 5 kereta api super cepat di dunia.

Shanghai Maglev Train

Kereta Api Super Cepat di Dunia
Foto : deccanchronicle.com

Kereta produksi China berhasil menduduki peringkat pertama kategori kereta api paling cepat di dunia. Kereta magnet levitasi ini berkecepatan hingga 430 km/jam dan mampu mengangkut 576 penumpang dalam sekali jalan!

 Harmony CRH 380 A

Kereta Api Super Cepat di Dunia
Foto : wikipedia.org

Kereta canggih ini merupakan kereta super cepat kedua di dunia. Ketika diuji coba, kereta produksi Cina ini mampu melaju hingga 416km/jam. Namun, saat beroperasi, kereta ini melaju dengan kecepatan 380 km/jam. Sejak mulai beroperasi pada tahun 2010, penumpang tidak hanya dimanjakan dengan kecepatannya, tetapi juga desain interior yang bersih dan elegan.

AGV Italo

Kereta Api Super Cepat di Dunia
Foto : staticflickr.com

AGV ( Automotrice Grande Vitesse) Italo merupakan kereta super cepat ketiga yang diproduksi oleh perusahaan Perancis, Alstom. Kereta ini mampu melesat hingga kecepatan 360 km/jam, dimana awalnya mampu berkecepatan 547 km/jam. Kereta ini 98% komponennya ternyata bisa didaur ulang!

Pilihan Editor

Velaro E /AVS 103

Kereta Api Super Cepat di Dunia
Foto : topistan.com

Kereta super cepat yang beroperasi di Spanyol ini menghubungkan Barcelona-Madrid dengan kecepatan 350 km/jam. Kereta berteknologi Jerman ini mampu beroperasi tanpa cacat sejak Juni 2007.

Talgo 350

Kereta Api Super Cepat di Dunia
Foto : wp.com

Kereta yang beroperasi di rute Madrid dan Barcelona ini memiliki kecepatan 365 km/jam selama uji coba. Setelah beroperasi, kecepatan laju kereta menjadi 350 km/jam. Talgo 350 juga tak kalah dalam menawarkan kenyamanan maksimalnya untuk para penumpang.

Shinkansen

Foto : bomanta.com

Kereta peluru yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 320 km/jam ini sempat membuat dunia iri. Pasalnya, Jepang merupakan negara pelopor kereta super cepat yang mampu melesat tanpa cacat.

Meski saat ini Shinkansen tidak lagi yang tercepat, namun ia mampu berjaya pada masanya. Dan kini, Jepang tengah berusaha mengembangkan maglev train canggih yang direncanakan launching tahun 2027.

Itu tadi Takaiters, beberapa kereta super cepat di dunia. Kira-kira kapan, ya, ada di Indonesia?