Halo, Takaiters!

Jika membicarakan tentang menu buka puasa dari Sumatera Barat, maka yang terbayang pastilah rendang dan dendeng yang memang sangat masyhur hingga ke mancanegara. Namun, ternyata masih banyak lagi, lho, menu buka puasa lainnya dari Sumatera Barat yang menggiurkan. Apa sajakah itu? let’s check it out, Guys!

1. Lamang Tapai

Foto: kopisenja.com

Bahan utama makanan tradisional yang merupakan menu buka puasa dari Sumatera Barat yang satu ini adalah ketan putih yang dibakar, kemudian disajikan lengkap dengan tapai yang terbuat dari ketan hitam. Cara pembuatannya sangat unik, karena menggunakan sebilah ruas bambu muda.

Caranya, beras ketan dicuci, kemudian dimasukkan ke dalam ruas bambu muda yang bagian dalamnya terlebih dahulu telah dilapisi dengan daun pisang. Langkah selanjutnya tuangkan santan ke dalamnya, kemudian dibakar dengan hati-hati dan dijaga jangan sampai membuat ruas bambunya terbakar.

2. Jajanan Ringan Lapek Sagan

Foto: resepnusantara.id

Mungkin belum banyak yang mendengar dan tahu tentang menu buka puasa dari Sumatera Barat yang ini. Jajanan ringan Lapek Sagan ini merupakan makanan khas dari daerah Minang, yang terbuat dari pisang kepok, beras ketan, kelapa muda, dan sebagainya.

Jika di pulau Jawa, jajanan Lapek Sagan ini mungkin mirip dengan Lepat, karena sama-sama terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa muda, yang dibungkus daun. Hanya saja bedanya, Lapek Sagan ini di dalamnya diberi pisang kepok dan dibungkus dengan daun pisang baru kemudian direbus, sedangkan Lepat dibungkus menggunakan daun kelapa sebelum dikukus, dan menggunakan campuran kacang kedelai, bukan pisang untuk isiannya.

3. Katupek Pical

Foto: saribundo.biz

Nah, buat kalian yang vegetarian jangan khawatir deh karena ada juga, lho, menu buka puasa dari Sumatera Barat yang menggiurkan, yang terbuat dari berbagai macam sayuran. Makanan tradisional ini berasal dari daerah Minang yang dikenal dengan nama Katupek Pical.

Katupek pical asal Minangkabau ini sangat enak dan menggoda, walau tidak setenar nasi Padang. Makanan ini selain berisi berbagai macam sayuran, juga ada mie yang besar dan pipih, serta menggunakan ketupat dan kuah kacang.

4. Minuman Segar Aia Aka

Food.idmtimes.com

Bukan hanya makanan saja, lho, menu buka puasa dari Sumatera Barat yang menggiurkan. Ada juga jenis minuman yang merupakan minuman khas menu buka puasa dari Sumatera Barat, yaitu minuman Aika Aka.

Minuman Aia aka ini adalah sebutan untuk minuman penyegar yang bahan utamanya terbuat dari cincau. Kata Aia Aka sendiri berasal dari bahasa Minang, meskipun sebenarnya ada beberapa nama lain sebagai sebutan bagi jenis minuman yang satu ini. Di daerah lain di Sumatera Barat namanya bisa berbeda-beda, tergantung daerah yang bersangkutan.

Namun, meski memiliki banyak nama yang berbeda, minuman penyegar yang satu ini bahan dasar utamanya sama, yaitu terbuat dari cincau. Cincau yang digunakan adalah terbuat dariĀ  daun cincau yang diolah secara tradisional. Cincau ini berwarna hijau mengkilat dan bertekstur agak kenyal. Dalam penyajiannya minuman Aika Aka atau cincau ini akan disiram dengan air santan serta air gula yang terbuat dari kelapa.

Itulah tadi 4 jenis menu buka puasa dari Sumatera Barat yang menggiurkan. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kalian dalam menyusun menu buka puasa nanti, ya, Guys. Selamat berkreasi!