Halo, Takaiters!

Apa kamu bisa hidup tanpa musik, Guys? Pasti banyak diantara kalian dengan cepat menggelengkan kepala. Musik memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, terutama bagi generasi milenial kan, Guys. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang demikian pesat memudahkan kita menikmati alunan melodi dalam setiap kesempatan.

Setiap tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik di Indonesia. Ayo kita rayakan dengan upgrade pengetahuan seputar musik. Fakta-fakta ini unik dan menarik. Jangan ngaku-ngaku pecinta musik deh, kalau enggak tau sejarah musik yang terjadi di dunia ini.

Sejarah lagu pertama di dunia

Image result for Hymn to Creation
Foto : intisari.grid.id

Catatan mengenai lagu pertama di dunia ditemukan dalam buku The Book of Origin karya Trevor Homer. Dilansir dari kompas.com lagu pertama yang pernah ditemukan berusia sekitar 3400 – 4000 tahun yang lalu yang berjudul Hymn to Creation.

Lagu pertama tersebut merupakan Himne Suriah yang ditulis menggunakan bahasa cuneiform. Bangsa Sumeria di tenggara Mesopotamia yang menggunakan bahasa ini 5000 tahun silam.

Judul lagu terpanjang di dunia

Foto: today.line.me

Terdiri atas 34 kata, judul lagu terpanjang di dunia adalah Some People Know All Too Well How Bad Liquorice, Or Any Candy For That Matter, Can Taste When Having Laid Out In The Sun Too Long – And I Think I Just Ate Too Much. Wah … belepotan bacanya juga ya, Guys.

Lagu ini terdapat dalam album Oh Lord! When? How? Yang dirilis tahun 1996 oleh Band The Hives. Band rock asal Swedia ini dipunggawai oleh Howlin’ Pelle, Nicholaus Arson, Chris Dangerous, The Johan and Only, dan Vigilante Carlstroem.

Pilihan Editor

Durasi lagu terpanjang di dunia

Image result for jem finer longplayer
Foto : flickr.com

Coba tebak, Guys, berapa lama durasi lagu terpanjang di dunia? Mungkin banyak yang menjawab dalam kisaran menit atau jam saja. Ternyata salah besar. Kamu boleh percaya atau tidak, lagu dengan durasi terpanjang di dunia sampai detik ini masih mengalun sejak pertama kali dimainkan pada tanggal 31 Desember 1999.

Yapt. Lagu berjudul Long Player  adalah lagu dengan durasi terpanjang di dunia karya musisi Jem Finer. Lagu ini memiliki durasi selama 1000 Tahun. Wow!

Enggak percaya? Kamu bisa membuktikannya sendiri, Guys. Lagu ini masih diperdengarkan sampai saat ini di Millenium Dome, London. Lagu ini diperkirakan akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2999 nanti.

Grammy Award Pertama

Foto: billboard.com

Penghargaan insan musik paling bergengsi di seluruh dunia adalah Grammy Award. Pertama kali dihelat pada tahun 1958 di Grand Ballroom Beverly Hilton, Amerika Serikat.

Penghargaan Lagu Terbaik saat itu jatuh kepada Nel Blu Dipinto Di Blu (Volare) yang dinyanyikan oleh Domenico Modugno. Sedangkan album berjudul The Music from Peter Gunn milik Henry Mancini menyabet penghargaan Album Terbaik.

Peraih Grammy Award terbanyak dalam sejarah

Foto: telegraph.co.uk

Pemegang rekor peraih Grammy Award terbanyak dipegang oleh seorang konduktor bernama Georg Solti dengan total 31 piala. Penghargaan terbanyak diterima Solti dari kategori musik klasik. Piala Grammy terakhir yang dimenangkannya pada tahun 1997, untuk kategori Rekaman Opera Terbaik dalam Wagner: Die Meistersinger Von Nurnberg.

Peraih Grammy Award terbanyak dalam satu malam

Foto: telegraph.co.uk

Rekor musisi yang memenangkan penghargaan terbanyak dalam satu malam adalah Michael Jackson. Pada tahun 1984, Jackson memborong piala Grammy untuk Albumnya yang berjudul Thriller. Dia memenangkan 8 piala Grammy sekaligus dari 12 nominasi.

Penjualan Album Terlaris di seluruh dunia

Foto: bananaroad.com

Album Thriller karya King of Pop Michael Jackson masih memegang rekor penjualan album terbanyak. Lebih dari 100 juta copy album ini tersebar di seluruh dunia.

Album Thriller berisi 9 single yang hampir semuanya meledak di pasaran. Wanna Be Startin’ Somethin’, Baby Be Mine, The Girl Is Mine, Thriller, Beat It, Billie Jean, Human Nature, P.Y.T (Pretty Young This), dan The Lady In My Life.

Musik memang memiliki kekuatan magis yang tak dapat dijelaskan. Seperti kata Plato, “Music gives a soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination and life to everything.” Selamat Hari Musik Indonesia!