makanan khas lebaran minangkabau
Kuliner

Inilah Daftar Makanan Lebaran Khas Minang yang Bakal Bikin Kamu Baper Kalau Nggak Mudik

Foto : resepcaramasak.info

Nggak terasa ya Guys, Lebaran telah tiba. Setelah sebulan penuh menahan nafsu duniawi dengan menunaikan ibadah puasa, Idul fitri menjadi tanda dibukanya lembaran hidup yang baru. Tradisi mudik lebaran, adalah salah satu kebiasaan yang sudah mendarah daging dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Nah, mungkin kamu juga termasuk salah satu yang melakukan tradisi ini?

Well, bicara masalah mudik lebaran, nggak lengkap pastinya kalau nggak ngomongin soal makanan khas daerah asal kita. Kali ini kita akan membahas apa saja sih makanan khas Minang yang aduhaiii… menggoyang lidah itu.

Tahu nggak, Guys, Ranah Minang ternyata nggak hanya punya rendang dan ayam pop saja lho. Ada banyak banget makanan lezat yang pastinya nggak akan mampu kita tolak saking nikmatnya. Dijamin kamu bakalan baper berat kalau nggak mudik. Nah, berikut ini adalah makanan khas Minang yang wajib ada setiap lebaran tiba.

1. Rendang

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : bukalapak.com

Makanan yang satu ini nggak usah perlu diragukan lagi deh, kelezatannya! Rendang daging bahkan sudah dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia lho. Wow, bangganya!

PILIHAN EDITOR

Lontong sayur

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : resepcaramasak.info

Sebenarnya di Tanah Sumbar Lontong Sayur cuma di bilang lontong saja. Makanan ini merupakan salah satu makanan favorit orang minang di seluruh penjuru negeri. Lontong sayur khas minang kaya akan rempah-rempah dan mempunyai ciri kuah yag kental. Dengan racikan khas minangkabau pasti akan menggugah selera. Gimana? Tertarik untuk mencoba

2. Pangek ikan mas

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : kulinersehat.com

Secara umum, pangek adalah jenis masakan rebusan khas tanah Minang. Meski nggak setenar rendang, kelezatannya nggak kalah enak lho. Bumbu pangek biasanya bertekstur kental dengan cita rasa gurih. Dibutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menghasilkan pangek ikan mas yang lembut dan nikmat. Dengan dimasak waktu lama maka kelezatannya akan meresap hingga ke tulang.

3. Pangek ayam lado hijau

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : 4.blogspot.com

Serupa dengan pangek ikan mas, pangek ayam lado hijau juga memiliki tekstur bumbu yang kental dan bercita rasa kuat. Gurih, asam dan pedas adalah ciri utamanya. Daging ayam yang lembut, berpadu sempurna dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang, membuat lidah terus bergoyang.

4. Singgang ayam

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : 1.bp.blogspot.com

Masakan ini pada dasarnya adalah sebuah menu berbahan dasar ayam yang dipanggang hingga matang sempurna dengan bumbu-bumbu penuh rempah yang super nikmat. Bumbu-bumbu yang sempurna tersebut dioleskan secara berulang pada ayam saat proses pemanggangan hingga meresap. Hasilnya, sudah pasti gurih dan super nikmat.

5. Gulai tambusu

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : 2.bp.blogspot.com

Tambusu adalah usus sapi yang dimasak dengan cara yang khas. Di dalamnya dimasukkan isian berupa campuran tahu, telur bebek dan bumbu rempah yang lezat. Setelah matang, tambusu disajikan dengan siraman kuah gulai yang kental dan gurih.

6. Gulai tunjang

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : detik.com

Salah satu bagian dari sapi yang menjadi favorit dalam masakan Minang adalah kikil atau tunjang. Meski kesannya sepele, kikil ternyata mengandung kalsium dan selenium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan lho! Seperti halnya gulai lain, gulai tunjang juga disajikan dalam kuah kental yang kaya rempah dan bumbu khas masakan minang.

7. Dendeng balado

makanan khas lebaran minangkabau

Foto : resepharian.com

Makanan khas Minang yang satu ini sudah pasti berbahan dasar daging sapi yang diiris lebar dan tipis, lalu dikeringkan dan digoreng hingga kering. Setelah itu, dimasak dengan bumbu balado yang pedas dan gurih. Kalau rendang dan asampadeh daging disajikan dengan balutan bumbu basah, dendeng balado ini lebih kering.

Nah, itu tadi daftar 7 makanan khas Minang yang wajib disajikan saat lebaran. Gimana, Guys, jadi bikin kangen pengen cepat-cepat mudik ke kampung halaman ya? Sabar yah, lebaran sebentar lagi, kok!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top