Hai, Takaiters!

Gunung Agung di Bali menyimpan banyak cerita yang tentunya belum kamu ketahui. Gunung yang masih aktif ini kembali meletus pada 2 Juli 2018 dengan mengeluarkan lontaran lava pijar hingga sejauh 2 kilometer. Tentu saja akibat letusan ini memberikan dampak seperti ditutupnya Bandara Ngurah Rai dan adanya gelombang pengungsi.

Ada beberapa fakta yang harus diketahui tentang Gunung Agung Bali. Simak yuk, Guys!

 Gunung Tertinggi di Pulau Bali

Foto: intisari.grid.id

Ketinggian Gunung Agung mencapai 3.031 mdpl. Gunung yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali ini menjadi gunung tertinggi di Pulau Dewata. Gunung berapi ini termasuk tipe stratavolkano dengan bentuknya yang mengerucut dan berisi lava serta abu vulkanik. Tipe gunung ini terkadang mengeluarkan uap air dan asap. Kawah Gunung Agung cukup besar dan dalam.

 Meletus Pertama Kali Tahun 1908

fakta unik tentang gunung agung bali
Foto: liputan6.com

Gunung Agung meletus dengan hebat yang pertama kali pada tahun 1908. Pada letusan pertama itu mengeluarkan batu dan abu sangat banyak. Jangkauan letusannya juga cukup jauh.

Pada tahun 1821 atau 13 tahun kemudian terjadi letusan kembali yang masih tergolong letusan normal. Jangkauan dampak letusannya juga tidak terlalu luas seperti letusan yang pertama. Letusan yang ketiga terjadi di tahun 1843 dengan didahului oleh beberapa gempa.

 Mengalami Letusan Hebat Tahun 1963

Foto: tabloidaksara.blogspot.com

Tragedi akibat letusan Gunung Agung yang paling hebat terjadi pada tahun 1963. Sebelum terjadi letusan, di sekitar Gunung Agung mengalami gempa yang lumayan besar. Awal letusan terjadi di tanggal 20 Februari 1963 dengan keluarnya asap tebal.

Klimaks letusan terjadi pada 17 Maret 1963 dan letusan berakhir pada tanggal 27 Januari 1964. Letusan ini menjadi letusan paling dahsyat di abad 20, Guys. Akibatnya 296 orang mengalami luka-luka dan 1.148 orang dinyatakan meninggal.

Dampak letusan ini menurunkan suhu bumi hingga 0,4ºC yang terjadi akibat dari muntahan abu dan gas sulfur dioksida. Sulfur dioksida bereaksi denga uap air yang ada di udara membentuk tetesan asam sulfat. Tetesan ini berakumulasi di stratosfer hingga membentuk kabut yang menghalangi masuknya sinar UV ke bumi. Akibatnya bumi mengalami efek penurunan suhu.

Pernah Mengalami Anomali Termal yang Terdeteksi

fakta unik tentang gunung agung bali
Foto: liputan6.com

Di Gunung Agung pernah terdeteksi adanya aktivitas termal yang terjadi di luar kawah. Peringatan anomali termal pertama terjadi pada tanggal 23 September 2001. Sedangkan peringatan yang terbesar terjadi di tanggal 12 Agustus 2002 dan 5 Oktober 2002. Diasumsikan anomali termal bukan diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi tetapi karena kebakaran.

Di Lereng Gunung Agung Terdapat Pura

fakta unik tentang gunung agung bali
Foto: kapanlagi.com

Di lereng Gunung Agung berdiri pura yang terkenal sebagai salah satu unggulan destinasi wisata Bali yaitu Pura Besakih. Pura Besakih yang merupakan pura tertinggi ini masuk ke dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1995.

Pura Besakih cukup luas dengan satu buah Pura Penataran Agung Besakih sebagai pura utama dan 18 pura pendamping yang terdiri dari satu buah Pura Basukian serta 17 pura pendamping lainnya.

Gunung Agung Dikeramatkan

fakta unik tentang gunung agung bali
Foto: egrafis.com

Masyarakat Hindu di Bali meyakini bahwa di Gunung Agung merupakan tempat bersemayam Dewa-dewa. Sehingga Gunung Agung dikeramatkan dan disucikan. Pendakian spiritual ke puncak tertinggi Gunung Agung pada upacara Dewa Yadnya dilakukan oleh warga setempat untuk persembahan dan permohonan keselamatan.

Terdapat Misteri Gunung Agung

Foto: news.okezone.com

Gunung Agung sebagai gunung yang disucikan memiliki misteri dan sulit dinalar, Guys. Bentuk Gunung Agung dari kejauhan terlihat berbentuk lancip dan mengerucut. Tetapi pada saat melihat dari dekat bentuknya memanjang dengan kawah yang melingkar.

Tidak Dapat Didaki Sewaktu-waktu

fakta unik tentang gunung agung bali
Foto: buluburung.com

Gunung Agung tidak dapat didaki sewaktu-waktu atau sembarang waktu seperti pendakian gunung lainnya. Pada saat ada upacara keagamaan tidak ada yang boleh mendaki dan berada lebih tinggi dari Pura Besakih. Jadi jika kamu ingin mendaki Gunung Rinjani harus memastikan tidak ada penyelenggaraan upacara keagamaan dulu ya, Guys! Dan sebaiknya dipandu oleh warga setempat karena merupakan gunung keramat.

Pemandangan Gunung Agung Sangat Indah

Foto: wiranurmansyah.com

Pemandangan Gunung Agung terkenal keindahannya sehingga banyak yang ingin mendaki gunung berapi ini untuk menikmati pesonanya. Saat mencapai puncak tertinggi dapat menikmati keindahan matahari terbit dan serasa berada di negeri atas awan. Dari puncak tertinggi ini terlihat Kepulauan Nusa Penida dan puncak Gunung Rinjani.

Gunung Agung yang indah dan tempat bersemayam Dewa-dewa saat ini sedang aktif erupsi. Kita doakan semoga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan ya, Guys!