Hallo, Takaiters!

Ramadan adalah saat yang tepat untuk meningkatkan stamina tubuh. Setelah 11 bulan tubuh kita digeber dengan beragam asupan yang terkadang justru merugikan, maka di bulan suci ini adalah momen yang tepat untuk detoksifikasi. Namun pada kenyataannya, tidak mudah menjaga pola makan sehat saat puasa, terutama ketika berbuka.

Nah, buat kalian yang memiliki problem seperti di atas, berikut ini ada 8 tips untuk menjaga pola makan sehat saat puasa yang bisa dilakukan. Check it out, Guys!

1. Perbanyak Minum Air Putih

Foto: pexels.com

Saat azan Maghrib tiba, segera setelah menjalankan sunnah Rasul untuk memakan buah kurma, segera perbanyak minum air putih. Mengapa? Ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi sekaligus menambah cairan tubuh yang telah hilang setelah berpuasa seharian. Juga usahakan untuk meminum segelas atau dua gelas air putih sebelum menyantap hidangan utama. Ingat Guys, jangan meminum air putih selama makan agar tidak terjadi gangguan pada proses pencernaan. Serta hindari makanan manis yang mengandung terlalu banyak gula dan kalori, sebagai sebuah cara menjaga pola makan sehat saat puasa.

2. Jalani Sunnah Rasul, Berbuka dengan Kurma

Foto: kebunbunga.net

Seperti yang telah disinggung di atas, saat berbuka jalankan sunnah Rasul dengan mengonsumsi kurma sebagai sumber gula alami yang bergizi, sekaligus untuk menjaga pola makan sehat saat puasa. Selama berpuasa, kadar gula di dalam darah pasti mengalami penurunan, nah, kurma adalah sumber gula alami yang sangat baik untuk meningkatkannya, jika dibandingkan dengan menyantap beragam hidangan manis lainnya.

3. Makan semangkuk sup

Foto: taste.com.au

Sup adalah salah satu alternatif hidangan sehat berbuka, demi menjaga pola makan sehat saat puasa. Air dalam sup akan membantu mencukupi kadar air dalam tubuh. Sedangkan isiannya bisa dipilih beragam isian bergizi, seperti sup ayam, sup tomat, sup bawang, yang akan memenuhi kebutuhan tubuh kita untuk kembali bertenaga.

Pilihan Editor


4. Sediakan Menu Sayur Saat Berbuka

Foto: dapurkobe.co.id

Sayuran dengan beragam vitamin, mineral, dan serat, akan memberi tubuh lebih banyak nutrisi dan sedikit kalori, tentu ini adalah sebuah jalan menjaga pola makan sehat saat puasa yang baik. Selain itu sayuran karena kaya serat maka akan memberi rasa kenyang, yang pada akhirnya akan mengurangi keinginan menyantap makanan tinggi karbohidrat dan gula.

5. Pilih Karbohidrat yang Baik

Foto: infosehatpedia.com

Selain sayuran, kita juga butuh karbohidrat sebagai sumber tenaga. Agar memberi hasil maksimal maka gantilah beras putih dengan beras merah, gandum, roti atau kentang yang merupakan karbohidrat komplek. Bahan makanan tersebut akan dapat memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan, serta rasa kenyang yang lebih lama karena kaya akan serta dan mineral.

6. Pilihlah Protein Tanpa Lemak

Foto: pexels.com

Selain karbohidrat, hidangan yang disantap saat berbuka juga harus mengandung protein karena tubuh membutuhkannya untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Sumber protein yang baik adalah daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan unggas. Untuk menjaga pola makan sehat saat puasa, ketika mengonsumsi sumber protein di atas, pastikan semuanya tanpa lemak. Contohnya ayam tanpa kulit, atau susu rendah lemak dan lain sebagainya.

7. Tahan Diri Saat Berbuka Puasa

Foto: pexels.com

Menjaga pola makan sehat saat puasa erat kaitannya dengan kemampuan menahan diri saat berbuka. Setelah tubuh berpuasa seharian, makan dalam porsi besar saat berbuka akan mengakibatkan gangguan pencernaan dan masalah lambung. Jadi Guys, meski lapar, kalian harus mampu menahan diri untuk tidak berlebihan. Makanlah sesuai porsi biasanya agar tubuh tetap sehat sekaligus mencegah penambahan berat badan.

8. Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula

Foto: harighotra.co.uk

Tips untuk menjaga pola makan sehat saat puasa yang terakhir adalah mengindari buka puasa dengan beragam makanan berat yang mengandung lemak, garam, dan gula tambahan yang tidak sehat. Memang saat berbuka dengan menyantap aneka gorengan dan minuman dingin manis akan sangat menggugah selera, namun semua itu pada akhirnya hanya akan merugikan kita.

Nah, itulah tadi ke-8 buah tips untuk menjaga pola makan sehat saat puasa. Selamat mencoba ya, Guys!