Hai, Takaiters!

Istanbul merupakan primadona wisata Turki yang punya sejuta pesona. Jutaan traveler datang ke Istanbul setiap tahunnya demi menikmati wisata sejarah dan budaya. Kota tua ini memang selalu menarik untuk dikunjungi, Guys. Ada banyak hal menakjubkan yang bisa kamu pelajari di sini, bukan hanya sekadar bersenang-senang saja, lho.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Istanbul, jangan lewatkan 7 tempat yang masuk dalam kategori must visit ini, ya. Catat semuanya, siapa tahu tahun depan kamu bisa datang ke sini!

Blue Mosque

Foto: istambultourstudia.com

Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmet Camii ini merupakan salah satu ikon wisata Turki yang tak berbeda jauh seperti wisata Monas yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Blue Mosque merupakan masjid indah dan bersejarah yang masih aktif digunakan untuk ibadah hingga saat ini.

Masjid yang terletak di kawasan Sultan Ahmet ini dibangun oleh Sultan Ahmet I dan dirampungkan pada tahun 1617. Masjid ini punya 6 menara, semakin megah dengan kubah-kubahnya yang bertumpuk. Memasuki masjid, kamu akan takjub melihat puluhan ribu keping mozaik biru pada bagian dindingnya. Selain itu, terdapat 260 jendela kaca patri yang membuat masjid ini begitu mengagumkan. Halaman masjid yang sangat luas menambah kemegahan masjid utama Turki ini.

Hagia Sophia

Foto: tourketurki.com

Berbeda dengan Blue Mosque yang masih digunakan sebagai masjid, Hagia Sophia yang merupakan bekas gereja dan pernah dijadikan masjid ini sekarang telah dijadikan sebuah museum bersejarah sejak masa kekuasaan Mustafa Kemal Ataturk pada tahun 1937.

Museum bergaya arsitektur Byzantine ini letaknya tidak jauh dari Masjid Biru atau Blue Mosque. Keduanya hanya dipisahkan oleh taman serta air mancur.

Hagia Sophia punya kubah ukuran besar yang sangat menakjubkan. Ukuran tengahnya mencapai 43 meter dengan tinggi 65 meter. Selain itu, museum bersejarah ini juga punya tiang-tiang yang terbuat dari pualam dan dipenuhi oleh ukiran. Sungguh warisan sejarah yang sangat menakjubkan, Guys!

Topkapi Palace

Foto: getyourguide.com

Topkapi Palace merupakan salah satu objek wisata Turki yang wajib masuk dalam daftar kunjungan ketika kamu berada di Istanbul. Topkapi Palace merupakan istana bekas tempat tinggal Sultan Ottoman yang telah diubah menjadi museum bersejarah. Komplek istana yang dibangun pada tahun 1459 ini bukan hanya dijadikan tempat tinggal Sultan, melainkan juga jadi pusat pemerintahan pada zaman itu.

Salah satu bangunan paling mencolok yang bisa kamu jumpai di museum ini adalah dapur istana yang sangat luas dan panjang. Deretan cerobong asap yang dimilikinya membuat bangunan ini lebih mirip seperti pabrik, Guys.

Berfoto di halaman istana yang luas dan hijau pastinya menjadi salah satu kenangan tak terlupakan. Kamu bisa duduk di antara salah satu bangku dan mengambil pose paling sempurna bersama pasanganmu!

Grand Bazaar

Foto: internationaltraveller.com

Grand Bazaar merupakan kawasan perbelanjaan terbesar dan tertua di dunia, lho. Kamu bisa mengunjungi kompleks ini di kawasan Kapalicarsi, distrik Al-Fatih di Istanbul. Ketika memasuki kawasan ini, kamu akan disuguhi aneka souvenir khas Turki, termasuk kaos, gantungan kunci, keramik, pashmina, hingga dompet.

Hingga sekarang, Grand Bazaar telah memiliki 4.400 toko yang menjual aneka barang menarik yang bisa kamu beli sebagai buah tangan. Jumlah jalan yang mencapai 61 sungguh membuat bingung, Guys. Pusat perbelanjaan yang usianya telah mencapai 550 tahun ini sangat ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Biasanya pemandu wisata akan menganjurkan kamu supaya lebih berhati-hati, pandai menawar, dan jangan sampai kamu tersesat di dalam!

Pilihan Editor


Bosphorus Cruise

Foto: newdealtravel.com

Traveling kamu tidak akan lengkap tanpa melakukan pesiar ke selat Bosphorus, Guys. Ketika kamu menaiki sebuah kapal pesiar, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat mengagumkan. Deretan istana abad lama serta rumah-rumah berdiri di sepanjang selat yang memisahkan dua benua ini.

Bukan hanya menikmati keindahan Eropa, kamu juga bisa menikmati anggunnya Asia sekaligus dalam satu perjalanan. Musim dingin yang kamu lewatkan di dalam kapal pesiar ditemani secangkir kopi panas menjadi pengalaman yang sulit dilupakan. Saat musim panas, kamu bisa berkeliling hingga ke laut hitam dan menikmati matahari terbenam. Romantis banget, kan?

Galata Bridge

Foto: dreamstime.com

Galata Bridge merupakan jembatan yang melintasi teluk Golden Horn. Jembatan ini menghubungkan bagian kota lama dengan kota baru dari kota Istanbul. Jembatan ini punya letak sangat strategis sekaligus menjadi salah satu objek wisata Turki, lho.

Hal menarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sini adalah melihat pemandangan lautnya yang menakjubkan sekaligus melihat aktivitas para nelayan yang sedang memancing. Selain menikmati sandwich ikan atau balik ekmek di tepi dermaga, kamu juga bisa bersantai dan menikmati menu khas Turki di restoran yang terletak di lantai bawah jembatan. Unik banget, kan?

Maiden’s Tower

Foto: free-city-guides.com

Maidens’s Tower merupakan nama sebuah menara yang terletak di sebuah pulau kecil di tengah selat Bosphorus. Pulau ini terletak 200 meter dari bibir pantai kawasan Salacak. Bangunan ini dulunya merupakan menara pengawas yang kemudian diubah fungsinya menjadi mercusuar, dan akhirnya kini bisa kamu nikmati sebagai cafe dan restoran.

Uniknya, menara yang terletak di atas permukaan datar tanpa rindang pohon dan bangunan tinggi lainnya menjadikannya sangat menonjol dan tampak seperti menara terapung dari kejauhan.

Karena letaknya yang sangat mencolok, lokasi menara ini pun menjadi landmark dan wisata yang cukup populer di Istanbul, Turki. Tak heran, banyak film baik lokal maupun internasional mengambil latar lokasi ini. Kamu penasaran nggak, nih?

Itulah 7 destinasi wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi ketika datang ke Istanbul, Turki. Ketujuh objek wisata ini wajib ada dalam daftar liburan kamu, lho. Saat ini, Turki memang menjadi salah satu negara eksotis yang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan. Nah, giliran kamu kapan, nih, Guys?