Hai, Takaiters!

Kamu ingin menikmati berbagai tempat yang indah dan menarik hanya dengan berkunjung ke suatu daerah? Salah satu daerah di Indonesia ada yang memiliki aneka potensi alam yang begitu menawan yaitu sebuah propinsi yang terletak di belahan barat Pulau Sumatra. Kamu akan menyaksikan betapa eksotisnya panorama alam yang terbentang dengan berbagai obyek wisata yang memikat saat berkunjung ke daerah tersebut.

Sumatra Barat, bukan saja dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memilki kelezatan kulinernya yang terkenal sampai ke mancanegara. Namun, Sumatra Barat juga menawarkan pesona alam yang sangat luar biasa keindahannya. Kamu bisa menikmati berbagai destinasi wisata seperti pantai, danau, air terjun, pemandian air panas, lembah, bukit hingga jembatan unik di daerah yang berpenduduk asli etnis Minang ini. Jika kamu berkunjung ke ranah Minang ini, jangan lewatkan untuk mendatangi beberapa tempat yang memang layak diperhitungkan sebagai destinasi wisatanya Indonesia, di antaranya adalah

1. Pantai Carocok, di Painan, Pesisir Selatan

Foto: tripadvisor.co.id

Pantai merupakan salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi jika ingin menikmati pemandangan berlatarbelakang laut. Sumatra Barat yang memiliki perbatasan dengan laut lepas memang memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu pantai yang memiliki panorama yang menawan adalah Pantai Carocok yang terletak di Painan, Pesisir Selatan. Pantai dengan hamparan pasir putih ini juga memiliki pemandangan bawah laut dengan keindahan terumbu karangnya.

2. Danau Singkarak, di Antara Solok dan Tanah Datar

Foto: ksmtour.com

Kamu pernah dengar tentang Tour de Singkarak? Ini adalah event balap sepeda berkelas internasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Amaury Sport Organisation yang rutenya melewati danau Singkarak. Adanya event berkelas internasional tersebut diantaranya bertujuan memperkenalkan budaya dan keelokan bumi Sumatra Barat termasuk keindahan Danau Singkarak ke negara luar. Hal ini menandakan bahwa danau Singkarak memang merupakan salah satu obyek wisata andalan Sumatra Barat yang layak untuk diperkenalkan ke wisatawan manca negara.

3. Air Terjun Lembah Anai di Jalan Bukit Tinggi – Padang

Foto: indonesiakaya.com

Salah satu tempat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi jika ingin menikmati wisata air adalah air terjun. Jika kamu melintas dari jalan Bukit Tinggi menuju Padang jangan lewatkan untuk singgah di Air Terjun Lembah Anai. Kamu akan menikmati betapa sejuknya cipratan air yang berasal dari air terjun Lembah Anai tersebut. Sungai yang membuat air terjun Lembah Anai ini berasal dari gunung Singgalang dengan airnya yang sangat jernih.

Pilihan Editor


Lembah Anai juga merupakan cagar alam dengan hutan tropis yang lebat disertai berbagai flora dan fauna di dalamnya. Kabut yang tercipta dari air terjun Lembah Anai menghadirkan warna yang sangat indah tatkala matahari bersinar di atasnya. Kamu akan merasakan suasana alam yang sangat menakjubkan saat berada di tempat ini.

4. Pemandian Air Panas Sungai Janiah di Solok

Foto: diindonesiaku.com

Ingin merasakan sensasi mandi air panas yang alami? Salah satu pemandian air panas yang terkenal di Sumatra Barat adalah Pemandian Air Panas Sungai Janiah yang terletak di kota Solok. Air panas yang bersumber langsung dari perut bumi ini tidak hanya memberikan kehangatan bagi yang mandi di sana tetapi juga dapat digunakan sebagai terapi untuk berbagai penyakit kulit dan penyakit tulang seperti rematik, penyakit radang sendi serta nyeri otot.

5. Lembah Harau, di Lima Puluh Kota

Foto: mitratour.co.id

Lembah Harau merupakan lembah yang diapit dua buah batu cadas yang terjal dan dikelilingi batu granit berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Hamparan sawah yang indah dengan diapit tebing tegak lurus yang menjulang tinggi menyajikan pemandangan yang sangat elok dan menawan. Bagi yang menyukai petualangan alam yang menantang dapat melakukan pendakian ke puncak tebing dengan memanjat dindingnya yang curam. Lembah Harau memiliki keindahan yang mirip dengan Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada, California sehingga mendapat julukan sebagai Lembah Yosemitenya Indonesia.

6. Bukit Gagoan di Solok

Foto: bangmamadi.blogspot.com

Mau menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari suatu ketinggian? Bukit Gagoan adalah spot alam yang indah berlatar Danau Singkarak. Bukit Gagoan ini diapit oleh dua bukit yang berbatasan langsung dengan sungai yang memiliki air yang sangat jernih. Bukit Gagoan juga memiliki keunikan dengan banyaknya tumpukan bebatuan karang yang semakin memperindah pemandangan di tempat tersebut.

7. Jembatan Akar di Bayang Utara, Pesisir Selatan

Foto: ksmtour.com

Satu lagi obyek wisata yang unik terletak di daerah Pesisir Selatan yaitu jembatan hidup yang terbuat dari dua akar pohon beringin yang saling bertautan. Jembatan akar tersebut telah berumur ratusan tahun dan semakin lama menjadi semakin kuat dan kokoh. Jembatan tersebut membentang di atas aliran sungai Batang Bayang dan menghubungkan antara dua desa. Aliran air sungai yang jernih semakin menambah keindahan alam di kawasan jembatan tersebut. Konon ceritanya jika mandi di sungai tersebut akan dimudahkan rezeki dan jodohnya. Kamu mau mencoba?

Demikianlah, Guys, beberapa destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi jika berada di Sumatra Barat. Kamu sudah bisa menikmati keelokan alam yang sangat memikat dengan hanya mengunjungi satu propinsi yang di ada di bagian Barat bumi Indonesia ini.