Halo, Takaiter!

Jika kita berbicara tentang Jepang, mungkin kita akan membayangkan sebuah negara dengan teknologi maju dan bunga Sakura yang mempesona. Nah, bagaimana dengan masyarakatnya? Apa saja sih kebiasaan orang Jepang yang membuat mereka sukses hingga sekarang? Berikut ini beberapa sifat orang Jepang yang harus kita teladani.

1. Menghargai Waktu

Foto: hipwee.com

Tidak diragukan lagi kebiasaan yang satu ini. Orang Jepang sangat menghargai waktu. Tidak ada istilah terlambat atau jadwal molor di sana. Lebih baik datang lebih cepat daripada harus terlambat. Bagi mereka, waktu adalah uang yang tidak boleh terbuang sia-sia.

2. Suka Membaca

Foto: baltyra.com

Masyarakat Jepang terkenal suka membaca. Membaca sudah seperti makanan pokok mereka sehari-hari. Ketika melakukan aktivitas ini, mereka hampir tidak mengenal tempat dan waktu. Bahkan ketika di kendaraan umum pun mereka membaca. Bagaimana dengan kita?

3. Kebiasaan Antre

Foto: sumber.com

Kebiasaan satu ini sangat layak untuk dicontoh. Karena kebiasaan antre sudah terpatri dalam diri mereka sejak masih kecil. Sehingga, kebiasaan itu terbawa sampai dewasa. Tidak ada yang namanya mendahului atau menyerobot antrean meskipun mereka terburu-buru, karena itu merupakan hal yang memalukan bagi mereka.

Pilihan Editor



4. Pekerja Keras

Foto: visualioner.com

Sifat pekerja keras sudah melekat erat pada diri masyarakat Jepang. Bahkan ada yang berkata bahwa seorang pekerja di Jepang mampu melakukan pekerjaan 5 orang sekaligus, lho. Wow! Luar biasa! Mereka terbiasa berangkat pagi-pagi dan pulang hingga larut malam pada hari-hari kerja.

5. No Gadget Maniac

Foto: kabaranime.com

Meski Jepang terkenal dengan kemajuan teknologinya, termasuk juga dalam hal gadget, ternyata masyarakatnya sangat bijak dalam penggunaannya. Mereka tahu tempat dan waktu kapan mereka boleh memakai ponsel atau gadgetnya.

Yang pasti, mereka tidak menggunakan ponsel setiap saat sesuka hati mereka, apalagi ketika berkendara dengan transportasi umum dan ketika sedang bekerja. Nah, bagaimana dengan di Indonesia, ya?

6. Banyak Diam Saat Bekerja

Foto: inovasee.com

Orang Jepang yang sedang bekerja, mempunyai kebiasaan untuk tidak mengobrol atau berbasa basi dengan rekannya kecuali memang  butuh diskusi mengenai pekerjaan. Mereka lebih suka untuk diam dan fokus dengan pekerjaan supaya bisa segera diselesaikan.

Wow! Luar biasa ya, Takaiters! Apakah kamu sudah mampu melakukan salah satunya?