Hai, Takaiters!

Desa-desa di Indonesia mempunyai pemandangan yang sangat indah, hamparan sawah dan perbukitan mempunyai sejumlah ciri khas dan keunikan. Begitu pula desa yang terletak di pinggiran pantai, lereng gunung, maupun berada di sekitar tebing. Pemandangan desa yang indah, sejuk, dan asri kerap membuat kita tidak bosan mengunjunginya. Dengan berwisata ke desa, kita dapat menikmati beragam kuliner dan kerajinan khas yang dibuat masyarakat di desa tersebut.

Nah, Takaiters, berikut 6 desa wisata di Indonesia yang mampu berinovasi menciptakan keunikan, sehingga berhasil memajukan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

1. Desa Kandri Kota Semarang

Foto: adit220393blogspot.com

Desa Kandri berada di kecamatan Gunung Pati, tepatnya ujung barat kota Semarang. Sumber usaha yang digeluti masyarakat di sana, selain adanya Goa Kreo juga Waduk Jatibarang, terdapat juga wisata edukasi, kesenian lokal dan kuliner khas menjadi terobosan. Tak kalah menarik, di dusun Talun Kacang tersedia spot foto salju, awan, dan sakura.

2. Kampung Korea

Foto: idntimes.com

Kampung Korea bukan berarti ada di Korea. Kampung ini, terletak di kelurahan  Bugi dan Karya Baru Sulawesi Tenggara. Kita akan menemukan entrepreneur muda di bidang pendidikan, yaitu dengan membuka les bahasa Korea, menulis aksara Hangeul Korea Selatan, dan mengajarkan lagu korea yang biasa disebut K-pop.

3. Kampung Bakaro

Foto: papuasiana.baltax.com

Kampung wisata yang berada di Papua ini, dikenal mempunya 3 kelompok usaha, yaitu kelompok pemuda sadar wisata, kelompok kuliner, dan kelompok suvenir. Kaum perempuan di kampung ini mempromosikan kuliner khas papua dan pernak-pernik dari daerah ini kepada pengunjung pantai Bakaro.

Pilihan Editor


4. Desa Taman Sari

Foto: pelitadesa.com

Desa Taman Sari di Banyuwangi ini, menurut laporan sumbar.com, termasuk desa jejaring bisnis, sebab di apit kampung  Penambang, kampung Bunga, dan kampung Susu. Selain itu, keunikan budaya dari suku Osing yang kental dengan budaya khas di Banyuwangi, menjadi sorotan. Kesenian berupa musik klasik menjadi produk utama yang diupayakan warga desa.

5. Desa Wisata Tomok

Foto: id.wikipedia.org

Masyarakat desa ini memperkenalkan potensi sejarah makam Raja Sidabutar, museum batak, maupun pertunjukan patung Sigale-gale. Selain itu, usaha kuliner dan kerajinan yang dijalankan masyarakat desa terutama ibu-ibu sangat kreatif. Aneka suvenir Batak, dan makanan khas, menjadi sumber usaha warga desa sepanjang jalan menuju dermaga Samosir.

6. Desa Wisata Iboh

Foto: pedomanwisata.com

Desa Wisata  Iboh di Sabang Aceh, menonjolkan keindahan pantai Iboh yang menjadi sumber usaha masyarakat sekitar dengan mendirikan tempat penginapan atau homestay, barak, cottage, juga layanan untuk snorkeling dan diving.

Menikmati suasana alam dan pemandangannya yang khas, ditambah fasilitas dan aneka produk masyarakat sekitar, bisa mendatangkan kepuasan sekaligus menjadi daya tarik wisatawan, sehingga kunjungan tidak cukup sekali melainkan ingin berkali-kali. Seru, kan?