Hello, Takaiters!

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Bahagia rasanya menyambut bulan suci nan agung ini. Nah, untuk warga Bandung, biasanya sudah tak asing lagi mendengar kata “Ngabuburit”, hal yang jadi tradisi di kota Bandung.

Istilah kata ngabuburit berasal dari Bahasa Sunda, Jawa Barat, dari kata “burit”, artinya sore, senja, atau menjelang maghrib. Istilah ngabuburit mulai dikenal saat menunggu waktu berbuka puasa, dari setelah asar sampai azan magrib berkumandang.

Begitu memasuki bulan Ramadan, berbagai tempat wisata sering dikunjungi warga sekitar Bandung untuk  menunggu waktu berbuka puasa atau “Ngabuburit”. Taman tematik yang ada di Kota Bandung telah disulap menjadi taman kota yang cantik dan menjadi magnet bagi warga Bandung dan sekitarnya. Banyak warga Bandung beserta keluarga yang memanfaatkan fasilitas taman kota untuk ngabuburit, lho, Takaiters.

Inilah 5 Taman  Tematik yang Asyik dan Cocok buat Ngabuburit di Kota Bandung, simak, ya, Takaiters!

1. Taman Balai Kota Bandung

Foto: foody.id

Taman Balai Kota Bandung  ini berada  di dalam kompleks Balai Kota Bandung. Di taman ini terdapat tiga  patung, diantaranya Dewi Sartika yang merupakan pahlawan wanita di Jawa Barat, Patung Badak  Putih sebagai lambang binatang khas Jawa Barat, dan Patung Merpati  yang dibuat sebagai peringatan dilepasnya 800 ekor merpati di taman ini. Adanya Taman Labirin dan gembok cinta menjadi spot yang menarik untuk dikunjungi dan dijadikan ajang berfoto. Para pengunjung pun bisa menikmati keindahan Taman Balaikota hanya dengan sekedar duduk dan bersantai di sambil ngabuburit bareng keluarga dan sahabat.

Pilihan Editor


2. Taman Alun-Alun Bandung

Foto: bacaterus.com

Taman Alun-Alun Bandung ini terletak persis di depan Masjid Agung Kota Bandung. Adanya hamparan hijau dari rerumputan sintesis menambah indahnya taman ini. Banyak pengunjung yang mengambil spot ini untuk berfoto di Taman Alun-Alun yang mengambil latar belakang Masjid Agung. Menjelang Ramadan, akan banyak suguhan kuliner di luaran area masjid yang bisa disantap saat buka puasa nanti.

3. Taman Lansia

Foto: tempatwisatamu.com

Taman Lansia ini bukan berarti taman yang khusus ditujukan untuk para lansia, karena taman ini ramai dikunjungi semua usia. Menunggang kuda untuk si kecil atau sekedar berfoto di belakang patung Dinosaurus menjadi suatu ketertarikan untuk mengunjungi taman ini. Pesona asri alam ini pun bisa dinikmati saat ngabuburit dengan duduk  santai di taman bersama keluarga tercinta. Di sekitar Taman Lansia ini ada Kafe Cisangkuy yang juga direkomendasikan sebagai tempat berbuka puasa yang engga bikin kantong bolong, lho, Takaiters.

4. Taman Superhero

Foto: liburananak.com

Taman Superhero yang terletak di Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek ini jadi tempat favoritnya anak-anak, lho, Takaiter. Ada  beberapa patung super hero yang dipajang di sana, diantaranya Gatotkaca, Superman, dan Batman. Jadi, cocok banget untuk bawa adik atau keluarga sambil ngabuburit di taman super hero ini.

5. Taman Teras Cikapundung

Foto: infowisatadibandung.com

Taman Teras Cikapundung ini terletak di Sungai Cikapundung, Babakan Siliwangi. Di Taman Cikapundung ini memiliki tiga zona wisata, diantaranya air mancur, amphiteater, dan kolam ikan yang dipakai untuk terapi. Bagi yang membawa anak kecil, bisa sekalian naik kereta api mini dan memancing ikan mainan sebagai sarana bermain anak. Di dalam Teras Cikapundung juga ada penjual jagung dan ketan bakar yang bisa dinikmati pengunjung. Yang pasti ngabuburit di tempat ini asyik juga, lho, Takaiters.

Nah, itulah 5 taman tematik yang bisa dikunjungi saat “Ngabuburit” di Kota Bandung. Senang rasanya bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat terdekat, namun jangan lupa bahwa waktu sangatlah berharga, Takaiters. Di bulan Ramadan nanti, kita boleh menghabiskan waktu bersama keluarga, tapi jangan lupa untuk beribadah dan mencari keridaan-Nya, ya Takaiters.