Halo, Takaiters!

Bicara soal Jogyakarta memang nggak ada habisnya ya, Guys, selain menjadi kota pelajar, kota ini juga menjadi tujuan wisatawan. Potensi alam dan budaya yang tersaji, sudah tersohor sampai kepenjuru dunia. Jadi, jangan heran, Guys, kalau kota ini selalu ramai pengunjung dari dalam maupun luar negeri.

Selain candi Borobudur dan Prambanan, kawasan Malioboro juga menjadi tujuan utama wisatawan. Tapi guys, jangan puas dulu, masih banyak surga tersembunyi yang bisa kamu nikmati di daerah istimewa ini. Mau tahu destinasi mana saja yang bisa kamu kunjungi? Yuk, kita telusuri!

1. Menikmati Matahari Terbit

foto: pegipegi.com

Untuk menikmati romantisme matahari terbit yang muncul dari balik awan, kamu nggak perlu mendaki gunung. Cukup dari puncak suroloyo yang terletak di pegunungan Menoreh, Kulon Progo.

Kamu bisa menyaksikan pemandangan spektakuler itu, dengan menaiki 290 anak tangga dulu, Guys, wow! tapi itu bukan masalah, ya, kan? Untuk mendapat sesuatu yang indah memag butuh perjuangan kan, Takaiters? hehe… Semua lelahmu akan terbayar.

Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, kamu bisa melihat tiga gunung sekaligus. Yakni, gunung merapi, merbabu, dan sumbing. Jika tidak ada kabut, kamu juga bisa melihat candi Borobudur dari puncak suroloyo ini. Asyik, bukan?

Pilihan Editor

2. Menikmati Pantulan Sunset di Kalibiru, Kulon Progo

Foto: tripadvisor.com

Di kawasan gunung menoreh ini, ada sebuah desa sekaligus hutan wisata yang bernana Kalibiru tepatnya di kecamatan Kokap Kulon Progo. Di sini ada sebuah platform kecil yang terbuat dari kayu di atas pohon pinus. Untuk mencapai nya kamu bisa menaiki tangga yang terbuat dari bambu.

Dari atas pohon pinus ini kamu bisa berfoto dengan latar pemandangan yang sangat indah. Bila hari sudah senja, kamu bisa menikmati keindahan pantulan sunset yang terpancar dari waduk sermo yang tampak jelas di depanmu.

3. Sensasi Cave Tubing di Kalisuci

Foto: rental

Cave tubing merupakan kegiatan menyusuri goa menggunakan ban dalam atau body rafting yang melewati sungai di dalam perut bumi. Tempat ini tak kalah seru dengan cava tubing di gunung kidul yang sedang naik daun dan ramai pengunjung.

Disebut kalisuci karena terdapat mata air yang terletak di atas aliran sungai yang sangat jernih, mata air ini akan tetap jernih meski air menjadi keruh karena musim hujan. Untuk menikmati sensasi cava tubing ini kamu di kenai biaya Rp. 75.000.

4. Menikmati Ketenangan Alam Pedesaan di curug Indah Tegalrejo, Gunung Kidul

Foto: piknikkecebadai.blogspot.com

Masyarakat sekitar menyebut curug Tegalrejo dengan curug bayan. Karena curug ini, lebih dekat ke klaten walaupun masih dalam wilayah Jogyakarta. Jarak tempuh Jogja menuju Tegalrejo sekitar satu jam dengan kendaraan motor ataupun mobil.

Curug Tegalrejo masih jarang di kunjungi wisatawan, sehingga suasana pedesaan yang tenang
dan damai berasa kental di sini. Curug ini mempunyai beberapa tingkat yang di naungi oleh pepohonan hijau di kanan dan kirinya.

5. Nikmati Sejuknya Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul

Foto; dakatour.com

Bagi kamu yang ingin merasakan kesejukan di tengah teriknya matahari di Jogja, hutan pinus cocok menjadi tempat pelarian sejenak. Letaknya di daerah perbukitan, Dlingo, Bantul. Selain menawarkan kesejukan, tempat ini juga menyajikan pemandangan yang jarang kamu temui.

Makanya, Guys, tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan atau hunting foto. Setelah puas berfoto, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju kebun buah Magunan yang berlokasi tak jauh dari hutan pinus.

Nah Takaiters, gimana, seru bukan? Kamu bisa menemukan sisi lain dari Jogyakarta. Selain mengunjungi destinasi wisata yang sudah tersohor, ke lima tempat tadi akan menambah keseruan liburanmu bersama orang orang tercinta.