Hola, Takaiters!

Pernahkah kamu singgah atau berkunjung ke Tasikmalaya? Apa kuliner favoritmu di sana, guys?

Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Selain terkenal akan kerajinannya, kota ini menyimpan banyak kuliner enak  yang sayang jika kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana, Takaiters.

Apa saja, sih, kuliner Tasikmalaya yang selalu bikin perantau kangen dan merasa tidak afdol kalau tidak mencicipinya? Yuk, kita intip ulasannya,

1. Nasi Tutug Oncom nan sedap

Kuliner Tasikmalaya
Foto: resepmenuharian.com

Makanan paling khas di Tasiklamaya adalah Nasi TO (Tutug Oncom). Nasi TO adalah nasi yang dicampur dengan oncom kering yang sudah dimasak terlebih dahulu dengan bumbu khas Sunda, seperti kencur, bawang putih, dan bumbu lainnya. Nasi TO sangat digemari oleh semua kalangan.

Di samping harganya yang murah meriah, soal rasa, tak ada duanya, guys. Biasanya, nasi TO dimakan dengan sambel goang dan mendoan panas. Ada juga yang menyajikannya dengan ikan peda dan pencok kacang. Wiiih, … raos pisan euy!

Tempat yang paling legendaris sebagai pioneer pembuat nasi TO adalah nasi TO Benhil. Letaknya di sebelah gerbang masuk PGSD UPI Dadaha. Sayangnya, tempatnya sempit dan selalu penuh.

Jika kamu mau tempat yang lebih luas dan duduk lesehan, kamu bisa datang ke TO Mr. Rahmat, jalan BKR. Untuk harga tak perlu risau, guys.  Sangat murah. TO Benhil bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp. 5000,00, sedangkan untuk TO Mr. Rahmat, kamu bisa nikmati dengan harga mulai Rp. 10.000,00 saja.

Pilihan Editor



2. Mie Bakso yang lagi nge-hits

Foto: tribunnews.com

Bicara makanan yang satu ini, menurut saya, Tasikmalaya memiliki segudang jenis bakso. Mulai dari bakso asli khas Tasikmalaya, hingga bakso dari luar kota, nge-hits di sana. Nah, buat kamu yang ingin mencoba bakso khas Tasikmalaya,  kamu bisa mengunjungi Mie Bakso Laksana Jalan Pemuda. Letaknya di belakang kantor DPRD kota Tasikmalaya.

Mie bakso ini sangat nikmat dengan berbagai varian yang tersedia, sehingga dijuluki bakso paling enak di Tasikmalaya. Varian yang disuguhkan antara lain : Mie bakso yamin (manis, asin, manis babat, asin babat dan lain-lain), dan mie bakso kuah (kuah pangsit baso, kuah babat, kuah babat baso dan lain-lain).

3. Karedok yang begitu lezat

Foto: resepnusantara.id

Nah, kalau makanan yang terbuat dari sayuran mentah ini, bisa ditemukan di warung-warung kecil yang menyediakan karedok. Karedok terbuat dari sayuran mentah seperti kubis, timun, taoge, dan kacang panjang, yang kemudian diguyur dengan bumbu kacang tanah lalu ditaburi kerupuk sebagai toping.

Selain sehat, karedok sangat lezat. Biasanya bumbu kacangnya kental karena diberi campuran ubi atau kentang rebus.

4. Bubur Ayam yang memiliki toping yang banyak

Foto: resep-masak.net

Bubur ayam paling legendaris di Tasikmalaya adalah bubur ayam H. Zainal, yang terletak di Jalan Kalektoran. Bubur ayam ini memang sangat enak, gurih, lembut, dan yang pasti topingnya banyak banget.

Perpaduan suwiran ayam, cakwe, telur, ati ampela, kacang dan kerupuk, berpadu dengan rempah-rempah khas dari bubur. Benar-benar nikmat. Kamu bisa menikmati satu porsi bubur ini dengan harga Rp. 15.000,00 hingga Rp. 20.000,00.

5. Serabi dengan toping oncom

Foto: werawefa.blogspot.com

Kue serabi yang menjadi khas Tasikmalaya adalah serabi toping oncom yang dimakan dengan rempeyek. Beberapa tempat di Tasikmalaya menyajikan jajanan ini mulai dari jam lima pagi. Serabi bisa dijadikan sebagai pengganti sarapan pagi kamu, lho. Harganya pun sangat murah, kamu dapat menikmatinya dengan harga mulai dari Rp. 1000,00 saja.

Nah, Takaiters, jika kamu berkunjung ke Tasikmalaya, cobalah kuliner enak di atas. Kuliner ini pasti selalu dikangeni oleh perantau seperti saya.