Hallo, Takaiters!

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kota Tegal? Tegal termasuk dalam wilayah propinsi Jawa Tengah dan terletak di dekat pesisir laut utara Jawa. Kota yang memiliki semboyan Laka-Laka ini, selain terkenal dengan bahasa ngapaknya juga terkenal dengan warung makannya, atau biasa di sebut Warteg.

Tegal memiliki berbagai macam kuliner yang menggugah rasa lho, Guys. Inilah 5 macam kuliner kaki lima khas Tegal yang bisa kamu temui hampir di sepanjang jalan.

1. Tahu aci

Foto: saturesep.com

Kuliner jalanan berbahan dasar tahu kuning ini paling gampang ditemui di Tegal. Gorengan tahu yang dipotong melintang membentuk segitiga dan diatasnya diberi adonan tepung kanji atau aci dan potongan daun kucai ini, selalu cocok sebagai teman ngobrol.

Kulit tahu yang kering renyah tetapi isinya tetap kenyal dan lembut, begitu sangat nikmat.  Bagi kamu penyuka sensasi pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit hijau atau saus sambal sebagai pelengkapnya.

2. Nasi Pongset

Foto: Pictame.com

Ponggol setan atau biasa disebut pongset ini gampang sekali ditemui di Tegal. Kuliner jalanan khas Tegal ini semacam nasi rames yang disajikan di atas daun pisang. Disebut setan, karena biasanya para penjaja nasi ponggol memulai dagangannya pada waktu magrib hingga malam hari. Untuk rasa, nasi pongset ini identik dengan sambel goreng tempe yang pedasnya bisa membuat lidah kamu kesetanan.

Pilihan Editor

3. Sate Kambing

Foto: tripadvisor.com

Sate kambing menjadi salah satu makanan terfavorit di Tegal.  Khas kuliner jalanan sate kambing Tegal yaitu dagingnya yang empuk karena menggunakan daging kambing muda atau lebih terkenal dengan istilah balibul, artinya kambing berusia di bawah lima bulan. Bahkan ada yang lebih muda lagi yaitu batibul atau kambing berusia di bawah tiga bulan.

Sate Tegal biasa dihidangkan dengan bumbu sambal kecap manis, cabai rawit, bawang merah dan tomat. Di Tegal sate dijual dengan satuan kodi (per-20 tusuk sate).

4. Sauto atau Soto Tauco Tegal

Foto: infotegal.com

Hampir Setiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner soto. Begitu juga Tegal, tetapi yang istimewa dari kuliner kaki lima khas Tegal ini terletak pada bumbu tauco.  Tauco adalah hasil fermentasi dari biji kedelai yang rasanya asam, asin dengan aroma yang khas.

Isian sautonya ada beberapa macam, ada soto ayam, daging, babat, atau ditambah dengan sayuran seperti tauge dan potongan daun bawang. Satu lagi yang membuatnya menjadi lebih istimewa, yaitu taburan tulang ayam atau usus garing dan kriuk yang bisa kamu tambahkan saat akan disantap. Cara penyajiannya pun cukup unik karena menggunakan mangkuk kecil.

5. Teh Poci

Foto: tea-teh.com

Wasgitel, itulah istilah yang banyak digunakan untuk teh poci khas Tegal. Wasgitel merupakan singkatan dari  wangi, panas, sepet, legi (manis), lan kentel (dan kental). Wanginya beraroma khas bunga melati dan berwarna hitam pekat atau kental. Istimewanya lagi, teh poci khas Tegal diseduh dalam poci atau cangkir dari tanah liat. Penyajiannya menggunakan gula batu, dan terasa nikmat bila diminum  panas-panas.

Nah Taikaters, tertarik untuk mencobanya? Apabila berkunjung ke Tegal, sempatkanlah untuk mencicipi kuliner jalanan di atas. Dijamin kamu akan ketagihan dengan cita rasanya yang nikmat.