Di sepanjang tahun 2017 ini, dunia pemberitaan di tanah air hampir selalu dihiasi dengan beragam berita mengenai masalah korupsi dan sentimen agama yang memecah belah masyarakat.

Mirisnya beragam berita tersebut seakan menjadi kegemaran masyarakat luas di Indonesia, padahal sebenarnya banyak lho kisah inspiratif lain, yang lebih tepat untuk dijadikan sebagai bahan koreksi diri terutama untuk menutup akhir tahun ini.  Apakah kalian tahu kisah apa saja itu guys? Nah inilah 5 kisah inspiratif selama 2017 di Indonesia yang penuh makna.


1. Kisah wanita memakai helm di bus

Kisah insipratif yang tak kalah hebat adalah sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita berjaket pink mengenakan helm pink di dalam bus. Foto ini sempat menjadi viral. Dalam foto itu sang wanita tampak cuek dengan nggak mempedulikan orang-orang yang melihatnya dengan tatapan aneh.

Ternyata ada kisah heroik yang bisa dijadikan panutan di balik foto itu. Jadi ceritanya saat itu, wanita yang bernama Mouzza itu ternyata berdiri gara-gara telah memberikan tempat duduknya bagi seorang ibu yang sedang menggendong anaknya. Ia pun kemudian mengunggah beberapa foto dan tulisan dengan maksud agar setiap orang, terutama laki-laki agar lebih peduli kepada anak-anak, orangtua, dan difabel, serta ibu hamil yang berada di dalam transportasi umum.

2. Kisah Sanita yang menentang pernikahan dini

Kisah ini diawali ketika Sanita, seorang gadis yang tinggal di Jawa Tengah yang masih berusia 13 tahun, akan dinikahkan oleh kedua orang tuanya. Alasan kedua orang tuanya adalah untuk meringankan beban ekonomi keluarga. Akan tetapi, tidak seperti gadis desa kebanyakan yang memilih untuk menuruti kemauan orang tua mereka, Sanita menolak pernikahan itu.

Sanita  memilih untuk melanjutkan pendidikannya hingga pendidikan tinggi, hingga satu dekade kemudian, dirinya dikenal sebagai seorang perempuan yang terus menyuarakan dan menentang pernikahan dini. Hebatnya kegigihan Sanita menyuarakan hal itu berhasil menekan pemerintah desanya untuk membuat aturan yang melarang pernikahan dini. Kisahnya ini kemudian sempat dituliskan oleh beberapa media internasional, salah satunya adalah The Huffington Post.

3. Dzoel, fotografer difabel yang handal dan mendunia

Kisah inspiratif yang menampar banyak orang ini sempat menjadi sorotan media internasional Al Jazeera. Saat itu Al Jazeera sempat menceritakan mengenai kisah kehidupan Achmad Zulkarnain alias Dzoel yang dilahirkan kurang beruntung, yaitu tanpa lengan dan kaki.

Meski terlahir dengan kemampuan fisik yang sangat terbatas, namun Dzoel memiliki cita-cita sebagai seorang fotografer. Semua keterbatasan tubuhnya itu tak pernah menghentikan obsesinya untuk menjadi seorang fotografer andal, sehingga dia pun kemudian pada akhirnya  berhasil mewujudkan mimpinya, membangun bisnis fotografi yang berkembang pesat hingga saat ini.

4. Reuni bapak dan anak lewat ojek online

Dewi Salma Zuhara adalah seorang anak yang telah berpisah selama 10 tahun dengan bapak kandungnya sendiri, setelah kedua orang tuanya bercerai. Pertemuan yang mengharukan dengan bapak kandungnya itu kemudian terjadi tanpa disangka-sangka pada saat Salma memesan ojek online.

Tentu saja hal itu menjadi momen yang sangat mengharukan bagi bapak dan anak itu. Saking bahagianya dengan momen langka itu, Salma pun kemudian mengabadikannya di instastory miliknya, “Order Grab, dapetnya papahku sendiri. Aku baru tau ternyata papahku sekarang kerja Grab”.

5. Foto anak memeluk ayahnya yang tua

Pada Oktober 2017 lalu, ada sebuah foto yang mengundang keharuan dan kekaguman para pengguna jejaring sosial Facebook. Foto itu sebenarnya adalah sebuah foto sederhana yang merekam aktivitas penumpang kereta api. Namun meski begitu, foto tersebut sangat menyentuh hati banyak orang.

Foto tersebut menampilkan sebuah aktivitas mengharukan dimana di salah satu kursi penumpang terlihat seorang pria sedang memeluk ‘hangat’ seorang pria lain yang terlihat sudah renta. Kontan saja banyak para pengguna facebook yang sontak terharu saat melihat foto ini, karena memperlihatkan kasih sayang anak pada orangtuanya. Dari unggahan foto ini banyak orang yang tergugah hatinya agar jangan sampai lupa pada jasa orangtua yang telah membesarkan kita.


Nah itulah 5 Kisah Inspiratif Selama 2017 di Indonesia yang Penuh Makna. Semoga cerita di atas dapat memberikan inspiratif bagi kalian ya guys. Yuk ciptakan Indonesia yang lebih baik di 2018!