Hi Takaiters. Sudah punya rencana untuk malam tahun baru-an? Mau kemana dan ngapain di malam tahun baru? Nah buat kamu yang nggak terlalu suka macet-macetan di jalan pada malam tahun baru, artikel ini cocok buat kamu bikin acara seru di rumah, bareng keluarga atau teman-teman kamu Guys.

Kali ini saya akan bawa kamu jalan-jalan ke Kota Tahu nih. Ya, Sumedang. Kota kelahiran penyanyi bernama Rossa ini, menyimpan banyak keunikan lho. Salah satunya, cara mereka menghabiskan malam tahun baru.

Beberapa dari orang Sumedang, memang lebih suka menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga atau teman-temannya, dengan mengadakan acara ngaliwet. Hemmm, penasaran kan Takaiters apa sih keistimewaan ngaliwet di banding konvoi di jalan sambil niup terompet? Yuk kita simak 5 fakta unik dari ngaliwet yang harus kamu tahu.


1. Tradisi kuliner Pasundan

Berbicara tentang kuliner memang tidak akan ada habisnya ya Guys. Karena di setiap kota, bahkan daerah, menyimpan makanan atau hidangan khas di dalamnya. Termasuk di tanah Sunda.

Kota leutik campeurnik. Atau kota kecil yang indah ini, punya cara tersendiri untuk menikmati malam tahun baru-an. Yaitu dengan ngaliwet. Makan bersama di malam hari, dengan lauk pauk tertentu menjadi pendampingnya.

2. Memasak dengan kastrol di atas hawu

Nah, jika yang kamu tahu hanya kompor. Kamu harus tahu tentang hawu. Alat memasak tradisional ini hanya menggunakan batu bata yang ditumpuk untuk menyangga kastrol. Kastrol ini semacam panci, namun bentuknya bulat nyaris seperti bola. Kastrol ini alat yang digunakan untuk memasak nasi liwetnya Guys.

Selain itu, bukan hanya tumpukan batu bata saja, tumpukan kayu bakar pun berperan dalam memasak liwet ini. Jika kamu pernah mengikuti camping pramuka, kamu pasti tahu cara memasak ini Guys.

3. Bumbu sederhana yang melezatkan

Yup. Bumbu yang digunakan sangat sederhana. Hanya garam, penyedap, serai, bawang merah, dan bumbu dapur lainnya untuk dicampur dengan beras yang akan dimasak.

Nah, memasak liwet ini perlu kesabaran yang super Guys. Karena, selain agak lama, memasak di atas hawu tentunya tidak mudah ya. Kamu harus memastikan api tetap menyala selama proses memasak.

4. Dimakan di atas daun pisang

Kamu pernah makan di atas daun pisang? Jika belum, kamu harus coba guys. Sensasinya berbeda ketika kamu makan di atas piring.

Daun pisang utuh yang baru dipetik dari batangnya, dibersihkan dahulu, kemudian letakan nasi liwet dengan cara memanjang di atasnya. Segala macam lauk pauk, dan sambel kamu tabur rata di atasnya. Lebih banyak orang yang makan, lebih seru lho Guys. Kalian akan saling berebut ikan, nasi, dan tertawa bersama. Seru deh.

5. Yuk ngintip

Ini dia, ngaliwet biasanya diakhiri dengan ngintip. Ngintip ini, bukan ngintip arti sebenarnya ya Guys. Hehe. Intip ini adalah kerak nasi yang menempel di bagian dalam kastrol. Ini bagian terlezat di acara ngaliwet lho. Mereka biasanya berebut untuk memakan kerak nasi ini.

Rasanya gimana? Gosong-gosong lezat pokoknya. Hehe. Serius, kamu harus coba! Nah, bagaimana Guys. Ngaliwet bikin kamu ngiler kan? Acara makan bersama ini, selain mempererat silaturahim, juga sangat mengasyikan.


Ternyata, masih banyak cara untuk kamu menikmati malam tahun baru ya, selain macet-macetan di jalan. He he. Tentunya ini hanya untuk kamu yang nggak terlalu suka keluar kota ya. Buat kamu yang sudah punya rencana keluar kota, pastikan kendaraanmu dalam keadaan baik-baik saja. Tetap hati-hati untuk selamat sampai tujuan ya Guys.