Hai, Takaiters!

Ilhan Omar, seorang muslim keturunan Somalia, terpilih menjadi anggota Kongres Amerika dari distrik 60B, Minnesota. Ilhan adalah wanita berhijab pertama yang berhasil masuk dan menjadi anggota Kongres Amerika, loh, Guys. Tak hanya itu, Ilhan juga memiliki kisah hidup dan prestasi yang tidak biasa.

Berikut 5 fakta tentang Ilhan Omar, Cekidot yaaa!

1. Menghabiskan Masa Kecil di Kamp Pengungsian

Hasil gambar untuk fakta Ilhan Omar
Foto: liputan6.com

Ilhan lahir di Somalia, 04 Oktober 1981. Saat terjadi perang saudara di negaranya, Ilhan kecil bersama keluarganya melarikan diri. Mereka tinggal di Kamp Pengungsian. Ilhan menghabiskan 4 tahun masa kecilnya di Kamp Utango, dekat pesisir Kenya Mombasa.
Sebelumnya, Ilhan tinggal di Kamp Dadaab yang luas.

Ilhan bahkan masih ingat, saat ia dan keluarganya meninggalkan rumah, dengan mayat bergelimpangan di pinggir jalan. Di masa kecilnya, Ilhan juga sering loh mengumpulkan air dan kayu bakar untuk keluarganya di Kamp Pengungsian.

2. Tertarik pada Dunia Politik Sejak Remaja

Foto: tcdailyplanet.net

Ilhan mulai tertarik pada dunia politik sejak berusia 14 tahun. Melihat para tetangga berkumpul untuk mengadvokasi tingkat akar rumput membuat Ilhan tertarik pada proses demokrasi.

3. Siswa yang Aktif

Foto: akamaized.net

Sejak menjadi siswa di Edison High School di Minneapolis, setingkat SMP ya, Ilhan telah menjadi aktivis, penggerak, dan pembangun koalisi. Ilhan aktif menjadi pendidik masyarakat di University Of Minnesota dan telah menjadi aktivis progresif di DFL.

Pilihan Editor



4. Seorang Legislator Ulung

Hasil gambar untuk fakta Ilhan Omar
Foto: berbagisemangat.com

Tahun 2016 Ilhan menjadi legislator muslim Somalia-Amerika pertama di Amerika Serikat. Dengan bantuan tim kampanye yang memiliki komitmen tinggi, serta mengangkat isu yang krusial, Ilhan berhasil meningkatkan pemilih sebesar 37%.

5. Muncul di Sampul Majalah Times

Hasil gambar untuk Ilhan Omar
Foto: jta.org

Wajah Ilhan Omar menghiasi sampul majalah Times dengan judul Wanita Yang Mengubah Dunia. Ilhan dianggap sebagai salah seorang wanita yang akan mampu mengubah dunia.

Gimana Takaiters, Keren kan Ilhan Omar? Itulah fakta tentang Ilhan Omar. Seorang anak yang pernah hidup di wilayah konflik, bahkan di Kamp pengungsian, namun berhasil membuktikan diri sebagai pribadi yang layak diperhitungkan.