Hello, Takaiters!

Keberadaan Taman Air Mancur Sribaduga yang terletak di kawasan Situ Buled dikenal sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara membuat Purwakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi traveler.

Purwakarta merupakan daerah yang mudah dijangkau baik dari Jakarta maupun dari Bandung. Banyaknya mobil travel atau kereta bisa dimanfaatkan sebagai moda transportasi ke sana.

Traveling ke Purwakarta via tol Jakarta-Bandung sepanjang 145 km, sedangkan pintu Exit tol Purwakarta ada di km 76, jadi jalan keluar menuju kota Purwakara terletak di tengah-tengah tol tersebut. Akes yang mudah ini membuat Purwakarta ramai dikunjungi traveler kota Bandung dan Jakarta.

Taman Air Mancur Sribaduga menawarkan fakta unik dan menarik. Ini dia 5 fakta mengenai Taman Air Mancur Sribaduga di Purwakarta.

1. Taman Air Mancur Sribaduga menjadi Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

Foto: youtube.com

Sabtu, 18 Februari 2018, Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat.

Atraksi air mancur di Taman Sribaduga ini dibuka pada hari sabtu malam atau malam minggu. Ada dua gelombang saat traveler bisa menyaksikan pertunjukan air mancur yang terkenal kemegahannya, yaitu pada pukul pukul 19.30 WIB dan pertunjukan kedua pukul 20.30 WIB.

Decak kagum terdengar bergema saat pengunjung menyaksikan pertunjukan air mancur yang eksotis, apalagi saat sinar laser, lampu sorot dan lagu nan indah ikut memeriahkan kecantikan malam di kawasan Situ Buleud, Purwakarta.

Pergantian warna air mancur, nuansa dan bentuk di atas air selama 30 menit membuat pertunjukan air mancur Sribaduga menuai decak kagum para pengunjung. Wow, keren banget, Takaiters!

Taman Sribaduga yang di dalamnya terdapat air mancur yang eksotis ini merupakan air mancur terbesar di Asia Tenggara dan jadi ikon pariwisata Purwakarta yang juga dikenal sebagai kota yang memiliki 1,000 taman.

2. Menghabiskan Biaya Pembangunan hingga 50 M

Foto: post-line.com

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan bahwa anggaran untuk pembangunan  taman air mancur ini sebanyak 50 miliar selama tiga tahun. Tahun pertama Rp 15 miliar, tahun kedua Rp 15 miliar. Sisanya di akhir tahun ketiga.

Ternyata menghabiskan banyak dana juga ya, Takaiters, tapi hasilnya memang amazing. Keren banget air mancurnya.

Pilihan Editor


3. Destinasi Favorit di Purwakarta 

Foto: nasional.tempo.co

Beragam tempat wisata yang ada di Purwakarta, taman air mancur ini menjadi destinasi favorit di Kabupaten Purwakarta. Tiket masuk ke taman ini juga gratis lho, Takaiters.

Hal ini jadi daya tarik wisatawan baik penduduk lokal maupun pendatang untuk melihat keindahan dan kemegahan air mancur Sribaduga.

4. Menggunakan Teknolgi Modern dari Jerman

Foto: waluwalu.com

Taman Air Mancur Sribaduga menggunakan teknologi Jerman dan China. Dalam pembangunan tahap ketiga ini, taman air mancur  Sribaduga dilengkapi dengan 5.000 tempat duduk yang dipersiapkan untuk pengunjung

5. Dilengkapi Fasilitas Pendukung yang Menarik

Foto: merdeka.com

Setiap sabtu malam, taman ini dipenuhi oleh pengunjung. Taman Sri Baduga ini dilengkapi patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung itu dibuat dengan posisi duduk dan kaki bersila bersama bunga lotus besar.

Di sekeliling patung ada dua ribu atraksi air mancur yang dilengkapi irama musik serta ornamen pewayangan, menambah kemegahan dan keindahan air mancur ini.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati sajian sate maranggi yang terkenal dari Purwakarta di depan pintu masuk Taman ini.

Gimana, Takaiters tertarik untuk berkunjung ke Purwakarta dan menjadi saksi keindahan Air Mancur Sribaduga?